Comscore Tracker

5 Strategi untuk Meningkatkan Study Skill-mu, Biar Gak Malas Lagi!

Jangan lupa belajar ya..

Terkadang belajar tidak semudah kelihatannya, apalagi saat memasuki awal semester atau moment setelah liburan yang panjang. Perlu pembiasaan yang cukup keras agar tubuh terbiasa kembali melakukan aktivitas ini.

Dilansir dari educationworld.com, Eileen Tracy pakar Study Skill dari Oxford mengungkapkan lima strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan study skill yang kamu punya dengan cara berikut ini

1. Time Management

5 Strategi untuk Meningkatkan Study Skill-mu, Biar Gak Malas Lagi!Unsplash.com/Sean Kong

Menyadari kalau tidak semua orang dapat mengatur jamnya dengan baik ketika di sekolah dan selepasnya, Tracy menyarankan untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat jadwal yang terstruktur selama satu hari yang dimulai ketika sedang berada dalam sekolah dan ketika selepas keluar dari sekolah. Termasuk kegiatan yang dilakukan dengan keluarga semua harus terstruktur agar kegiatan belajar tidak terabaikan.

2. Essay Planning

5 Strategi untuk Meningkatkan Study Skill-mu, Biar Gak Malas Lagi!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Essay planning dibutukan untuk semakin memperjelas apa yang hendak kamu lakukan. Semakin banyak Essay Planning yang dapat kamu tulis menunjukkan semakin banyak pula target-target yang harus kamu capai. Bagus nih, gak buang waktu jadinya!

Baca Juga: 7 Karakter Orang Saat Sedang Belajar Sesuatu, Kamu yang Mana?

3. Memory Tricks

5 Strategi untuk Meningkatkan Study Skill-mu, Biar Gak Malas Lagi!Unsplash.com/ Mimi Thian

Bukan merupakan hal yang baru memang, dengan memanfaatkan kemapuan otak kananmu. Memory trick ini dilakukan dengan memanfaatkan sisi kreatif sewaktu kamu sedang belajar agar lebih mudah dalam mengingat dan menyimpannya dalam otak kamu.

4. Mindmapping

5 Strategi untuk Meningkatkan Study Skill-mu, Biar Gak Malas Lagi!Unsplash.com/ rawpixel

Ini merupakan hal yang cocok banget buat kamu yang lebih mudah belajar melalui visualisasi. Dengan menambah ‘keindahan’ dan pola-pola tertentu yang memudahkan dalam kegiatan belajar, kegiatanmu pasti akan lebih efektif.

5. Note Taking

5 Strategi untuk Meningkatkan Study Skill-mu, Biar Gak Malas Lagi!Unsplash.com/Becca Tapert

Tracy mengungkapkan bahwa ketika membuat catatan, sebenarnya siswa tidak perlu menulis semua hal yang dibicarakan oleh guru. Mereka cukup memperhatikan dan menulis apa yang penting bagi mereka sendiri. Tracy memberikan penekanan untuk menuliskan hal yang penting saja.

Dari lima strategi itu, apa udah kau praktekin guys? Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: Simpel Banget, 7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Sugar Photo Verified Writer Sugar

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You