Comscore Tracker

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujian

Nomor berapa nih tipemu?

Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, pasti pernah merasakan ulangan atau ujian. Entah ujian harian, ujian pertengahan semester atau ujian kenaikan kelas. Bagi orang yang sering belajar dan mengulang-ulang pelajaran, sudah bisa dipastikan tidak akan mengalami kesulitan berarti saat menjawab soal-soal ujian. Namun, bagi orang malas yang sering meremehkan pelajaran, ujian adalah sebuah mimpi buruk yang sangat menakutkan.

Saat ujian, pasti ada saja segelintir orang yang terdesak meminta bantuan menjawab soal-soal kepada orang-orang yang mereka anggap lebih pintar. Namun, tidak semua orang pintar mau dengan ikhlas memberikan jawaban ujian kepada setiap orang. Berikut ini merupakan tipe-tipe murid pintar yang kerap kamu mintai contekan saat ujian:

1. Tiyal (Tipe Royal).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttps://poetsandquants.com

Tipe ini adalah tipe murid yang paling disukai di dalam kelas. Ia akan dengan senang hati memberikan contekan kepada teman-temannya yang meminta jawaban soal-soal ujian. Tipe murid idaman bagi teman-teman satu kelasnya ini biasanya memiliki rasa kesetiakawanan yang tinggi, meski hal tersebut tidak baik karena mengajarkan murid-murid yang lain mendapatkan sesuatu bukan karena hasil usahanya sendiri.

2. Titre (Tipe Matre).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttp://www.kiplinger.com

Jangan harap mendapatkan contekan gratis dari tipe murid seperti ini. Meski bersedia memberikan jawaban soal-soal yang diujikan, tipe murid ini biasanya akan meminta balasan dengan memberikan syarat-syarat tertentu. Seperti ingin ditraktir ketika istirahat, ingin dibelikan pulsa dan kuota data atau ingin diantarkan ke suatu tempat yang jauh.

3. Tipeba (Tipe Pelit Banget).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttps://www.timeshighereducation.com

Tipe murid ini sangat kikir memberikan contekan kepada teman-temannya yang malas. Biasanya, ia akan berpura-pura 'tuli' saat ada murid lain yang mencolek-colek punggungnya dan berbisik pelan menanyakan jawaban ujian. Bukannya memberikan jawaban, tipe murid seperti ini akan langsung bergerak maju ke meja guru dan memberikan kertas ujian secepatnya.

4. Tipubo (Tipe Pura-pura Bodoh).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttp://thefederalistpapers.org

Tipe murid ini pintar sekali bermain peran. Sebenarnya ia sangat pintar dan bisa dengan mudah mengerjakan soal ujian tanpa hambatan. Namun, ketika ada beberapa orang temannya yang menanyakan jawaban, dengan memasang tampang lugu, biasanya dengan entengnya ia akan menjawab dengan lugas, “Susah ya ujiannya. Aku juga belum nih, pusing banget!”.

5. Tikut (Tipe Penakut).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttps://www.oneworldeducation.org

Biasanya, tipe murid ini akan memberikan contekan kepada teman-teman sekelasnya dengan sangat terpaksa karena mendapat ancaman. Entah itu berupa ancaman keburukan seperti menggemboskan sepedanya, atau ancaman ringan dan remeh akan membuka rahasia aneh yang tidak ingin diketahui orang banyak. Seperti takut kecoa, memakai celana dalam polkadot atau mengungkapkan kebiasaan buruk masih ngompol saat tidur di malam hari.

6. Tipor (Tipe Pelapor).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttps://phys.org

Tipe murid penjilat dan cari muka ini adalah tipe yang sangat tidak disukai oleh murid-murid di kelas. Setiap ada murid yang meminta jawaban kepadanya, ia tidak segan-segan akan mengacungkan tangannya dan langsung memberikan laporan kepada guru kelas atau dosen bahwa murid tersebut sudah mencontek dan mengganggu konsentrasinya mengisi soal ujian.

7. Tisobi (Tipe Sok Bijak).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttp://motivatorindonesia.net/

Jangan meminta jawaban ujian kepada tipe murid seperti ini jika tidak ingin diceramahi petuah-petuah ala motivator-motivator ternama di televisi. Meski mengandung kebenaran, namun kata-kata sok bijak yang keluar dari mulut tipe murid seperti ini biasanya akan terdengar membosankan karena klise dan basi.

8. Tibak (Tipe Penjebak).

8 Tipe Murid Pintar yang Sering Diminta Contekan Saat Ujianhttps://www.psychologies.co.uk

Nah, ini adalah tipe murid paling berbahaya di kelas. Berada satu tingkat di atas “Tipe Pura-pura Bodoh”, tipe ini akan memberikan jebakan-jebakan pernyataan yang menjatuhkan. Saat ada salah satu murid mencoba meminta jawaban, tipe ini biasanya akan berbalik meminta jawaban. Atau, tipe murid ini akan memberikan contekan jawaban yang salah kepada temannya dan sesegera mungkin akan memperbaiki kesalahan tersebut beberapa menit sebelum waktu ujian habis.

Tak ada hasil tanpa usaha. Ujian yang dikerjakan atas usaha sendiri meskipun hasilnya tidak terlalu besar jauh lebih baik daripada mendapatkan nilai memuaskan namun merupakan hasil mencontek. Yuk, belajar, biar di masa depan jadi orang benar!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You