Comscore Tracker

Menjelang Ujian, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan

Jangan lupa, yang terpenting adalah belajar dan berdoa

Menjelang bulan Desember, biasanya identik dengan masa-masa ujian akhir. Tidak hanya tingkat SD hingga SMA, tetapi juga universitas. Berbagai cara dilakukan para murid maupun mahasiswa mulai dari mengikuti les privat, meminjam catatan teman, hingga belajar satu hari sebelum ujian alias sistem kebut semalam.

Namun, sebenarnya ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan menjelang ujian lho. Tidak repot dan rumit, serta hasilnya dijamin maksimal. Mau tahu? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Atur jadwal belajarmu dengan baik

Menjelang Ujian, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Burst

Jauh sebelum ujian, ada baiknya kamu mengatur jadwal belajarmu. Misalnya, satu jam pagi hari sebelum beraktivitas. Lalu, dua jam di malam hari sebelum tidur. Lakukanlah hal ini setiap harinya.

Tidak perlu terlalu forsir, susunlah jadwal belajar yang fleksibel supaya kamu tidak tertekan dan merasa stres. Menjelang ujian bukan berarti kamu harus belajar 24/7 ya. Kamu bisa sejenak istirahat dan refreshing, kok.

2. Kurangi melakukan hal-hal yang tidak penting

Menjelang Ujian, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/mentatdgt

Ada banyak hal di sekitar yang bisa mengalihkan perhatianmu pada belajar. Sebut saja gadget, jalan-jalan, atau bahkan bermalas-malasan.

Nah, menjelang ujian sebaiknya kurangi melakukan hal-hal yang tidak penting. Daripada waktumu terbuang sia-sia, lebih baik kamu menggunakannya dengan belajar atau istirahat sejenak.

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitif

3. Membaca kembali semua catatan dan tulislah rangkuman yang mencakup semua materi

Menjelang Ujian, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Giftpundits

Salah satu cara belajar yang paling umum dilakukan adalah membaca catatan pelajaran. Catatan itu sangat penting dan bila ditulis lengkap akan sangat berguna bagimu.

Setelah membaca semua catatan, kamu bisa mencicil belajar dengan menulis rangkuman dari seluruh materi di catatan. Tak perlu bertele-tele, cukup tulis inti dan poin-poin penting saja, ya. Rangkuman ini kelak akan berguna dan bisa kamu bawa ke mana-mana.

4. Belajar bersama teman-teman dalam sebuah kelompok

Menjelang Ujian, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Pedro Sandrini

Selain belajar sendiri, kamu juga bisa belajar bersama dengan teman-temanmu dalam kelompok. Selain lebih menyenangkan, kalian juga bisa saling berbagi materi atau catatan untuk saling melengkapi. Bisa saja temanmu memiliki materi yang terlewatkan olehmu.

Dalam kelompok belajar, kalian bisa melakukan tanya jawab untuk semakin mengasah pengetahuan.

5. Tambah referensimu dengan membaca dari banyak sumber baik itu buku, jurnal, atau web

Menjelang Ujian, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Pixabay

Sebagai tambahan, kamu bisa membaca materi-materi terkait di buku-buku lain, jurnal, atau bahkan web. Hal ini patut kamu lakukan agar pemahaman terhadap materi jauh lebih dalam dan luas.

Kamu tak hanya memiliki pedoman dari catatanmu tapi bisa dari berbagai sumber lainnya. Pastikan sumbernya kredibel agar kamu tidak terkena masalah di kemudian hari.

Untuk mempersiapkan diri menjelang ujian ternyata mudah saja ya. Lakukan 5 hal di atas bisa menjadi langkah baik bagi dirimu dalam menghadapi ujian. Jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Kuasa, niscaya kamu pasti bisa.

Semangat!

Baca Juga: Catat, 5 Keuntungan Ini Bakal Kamu Dapat Jika Sering Belajar Kelompok

Imanuella Gerlani Photo Community Writer Imanuella Gerlani

God with us.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You