Comscore Tracker

5 Hal yang Kudu Diperhatikan Biar Lebih Mantap Pilih Jurusan Kuliah

#EdFunFact: Jangan sampai galau di akhir

Buat kamu yang saat ini akan duduk di bangku kelas 12 SMA pastinya harus milih jurusan saat kuliah nanti. Saat kamu udah memilih, kamu juga perlu memantapkan hati biar nantinya saat masuk dunia perkuliahan kamu gak mikir kalau kamu salah masuk jurusan dan malah pengen pindah jurusan.

Tentu gak mau dong kamu malah buang – buang waktu buat masa depanmu. Di saat yang lain udah mau selese kuliah dan kamu masih pindah sana sini kan gak bagus banget. Selain itu, tentu kocek yang udah dikeluarin orang tua kamu gak sedikit. Kamu gak pengen kan hal itu terjadi, nah oleh karena itu kamu kudu banget nih perhatiin 5 hal dibawah ini biar gak galau – galau lagi.

1. Kenali diri dan bakat

pexels

Dengan mengenali diri, kita bisa tahu apa bakat yang terpendam di diri kita dan hal apa sajakah yang kita sukai. Jangan sampai hanya karena gengsi, kamu milih jurusan yang bukan kamu banget nih karena cuma akan membuat masa depan kamu terancam. Kalau kamu sukanya seni, jangan maksa pengen masuk eksak yang tentu bakal menyulitkan kamu.

2. Rajin-rajin browsing

pexels

Setelah kamu yakin apa passion kamu, tentunya harus rajin – rajin browsing website tentang jurusan yang akan kamu ambil supaya lebih mengenal apa saja mengenai jurusan tersebut.

 

3. Cari tahu kurikulum jurusan kuliah

pexels

Biar kamu makin hafal, kamu pun perlu cari tahu mengenai mata kuliah apa saja yang ada di daftar jurusan yang kamu ambil. Soalnya nih bisa jadi apa yang selama ini kamu pikirin tentang jurusan yang kamu ambil tuh beda dengan realita. Dengan mencari tahu kurikulum jurusan pun kita bisa lebih mengerti apa aja mata kuliah yang bakal dipelajari nantinya.

4. Banyak ngobrol dengan kakak kelas

codepolitan.com

Nah kalau kamu saat ini punya kenalan kakak kelas yang kuliah dijurusan yang kamu minati, jangan sungkan buat bertanya mengenai seputar jurusan yang mau kamu ambil. Cari tahu apa aja yang udah mereka kerjakan saat kuliah dan gimana kesan mereka kuliah dijurusan itu. Semakin banyak kamu tahu, kamu pun bakal makin mantap dengan pilihanmu.

5. Cari restu orang tua

pixabay

Jangan anggap remeh mengenai restu orang tua. Kalau selama ini orang tua kamu kurang setuju dengan jurusan yang akan  kamu ambil, kamu harus meyakinkan mereka supaya tetep dukung kamu. Restu orang tua akan mengantarkan kita kepada kesuksesan dimasa depan. Sharing dengan kedua orang tua akan membuat kamu makin mantap dengan pilihan yang akan kamu jalani.

Line Ads

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You

I Want More !