Comscore Tracker

Bikin Stres, ini 5 Kekhawatiran yang Pasti Hinggap Saat Semester Akhir

#EdFunFact: Pejuang semester akhir mana suaranya?

Sebagai seorang mahasiswa yang menginjak semester akhir, tentu banyak sekali pikiran yang kian hinggap setiap saat karena kamu harus mempersiapkan bekal ketika saat lulus nanti. Terlebih, pencarian kerja yang ketat dan kreatifitas yang tinggi harus dipersiapkan sedini mungkin agar nanti ketika kamu terjun dimasyarakat, kamu masih bisa bertahan.

Nah buat kamu yang belum menginjak semester akhir, ada baiknya kamu persiapkan sedini mungkin agar nanti kamu menghadapi semester akhir yang sulit, kamu tak merasa kaget dan khawatir lagi. Berikut 5 hal yang bikin khawatir mahasiswa tingkat akhir, yuk simak saja di bawah ini.

1. Khawatir tak lulus tepat waktu

Bikin Stres, ini 5 Kekhawatiran yang Pasti Hinggap Saat Semester Akhirpexels.com/pixabay.com

Hal utama yang selalu menjadi momok menakutkan bagia para pejuang sarjana adalah ketakutan tak bisa lulus tepat waktu. Entah karena dosen pembimbing yang menghambat atau mata kuliah yang gagal dan harus diperbaiki biasanya merupakan penghambat lulus tepat waktu yang ditakuti oleh sebagian besar mahasiswa.

2. Nyali menciut ketika tahu banyaknya mahasiswa perguruan tinggi lain yang juga lulus

Bikin Stres, ini 5 Kekhawatiran yang Pasti Hinggap Saat Semester Akhirpexels/Tim Gouw

Jangan kira ketika kita lulus semua perjuangan kita telah berakhir, justru disinilah kita kembali berjuang dan beradaptasi terjun ke masyarakat. Tetapi memang perlu diingat, saat kita lulus kuliah terdapat ribuan orang yang lulus pula diperguruan tinggi lainnya sehingga hal seperti ini biasanya membuat stres para mahasiswa tingkat akhir karena harus melawan ribuan bahkan puluh ribuan alumni yang juga sama – sama mencari kerja.

3. Saat orang tua banyak berharap padamu

Bikin Stres, ini 5 Kekhawatiran yang Pasti Hinggap Saat Semester Akhirpexels.com/pixabay.com

Saat menghadapi semester akhir, biasanya para orang tua sering menyisipkan harapan – harapannya padamu untuk segera lulus dan mendapatkan pekerjaan bagus misalnya. Hal – hal seperti ini pasti membuat mahasiswa semester akhir kian khawatir tak bisa membuat orang tuanya bangga.

4. Persaingan yang kian gencar saat nanti lulus dan bersaing di dunia kerja

Bikin Stres, ini 5 Kekhawatiran yang Pasti Hinggap Saat Semester Akhirpexels.com/pixabay.com

Persaingan yang kian ketat dan gencar pun akan membuat para mahasiswa semester akhir galau berat dan banyak pikiran karena dunia kerja memang tak seindah dunia kuliah.

5. Banyak kekhawatiran lainnya termasuk perihal kemungkinan LDR dengan sang pacar

Bikin Stres, ini 5 Kekhawatiran yang Pasti Hinggap Saat Semester Akhirpexels/Vj Pratama

Ketika kamu sudah menjalin hubungan yang lama dengan sang pacar yang satu tempat kuliah denganmu, tentu saat nanti lulus dan bekerja kalian gak akan mendapatkan pekerjaan ditempat yang sama karena minat dan bakat kalian berbeda. Otomatis kesiapan untuk menjalani LDR akan menguras pikiranmu sejak saat kamu menghadapi semester akhir.

Tapi apapun yang terjadi, tetap semangat ya!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya