Comscore Tracker

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Para Pelajar Selama Pembelajaran Daring

Seenggaknya kita gak hidup di zaman tradisional kan?

Di masa pandemi sekarang ini, seakan hampir semua aktivitas dilakukan secara virtual. Termasuk juga dalam hal kegiatan belajar mengajar. Kamu yang menjadi siswa, siswi, mahasiswa, mahasiswi, guru, dosen, dan sebagainya pasti juga merasakan bagaimana efek pandemi ini.

Generasi millennials dan juga Gen Z beruntung banget karena di masa ini perkembangan teknologi digital semakin canggih. Harusnya kita yang hidup di generasi ini lebih bisa menemukan passion yang kita punya dan mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Berbicara soal perkembangan, di dunia pendidikan muncul berbagai perkembangan juga termasuk proses kegiatan belajar mengajar. Ya, tentunya kegiatan ini pun punya beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung kelancaran aktivitas. Menurutmu apa saja? Check this out, yuk!

1. Virtual meeting

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Para Pelajar Selama Pembelajaran DaringPexels.com/Julia M Cameron

Bagaimanapun juga, face-to-face itu penting banget untu6 diperhatikan selama pembelajaran. Tapi, karena ada pandemi yang membuat kita gak bisa banyak beraktivitas di luar rumah, jadinya proses kegiatan belajar mengajar lebih terhambat.

Nasib baik di zaman kita ini masih bisa pakai virtual meeting untuk menggantikan kegiatan tatap muka yang selazimnya dilakukan saat masa pembelajaran. Walaupun demikian, 'rasa' yang didapatkan dari pertemuan secara virtual dengan pertemuan secara langsung pun menjadi berbeda, ya.

2. Platform untuk mengumpulkan tugas

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Para Pelajar Selama Pembelajaran DaringPexels.com/Torsten Dettlaff

Namanya juga pembelajaran daring, pasti butuh sama yang namanya platform digital. Gak cuma sebagai media untuk saling berkirim pesan, aplikasi komunikasi seperti e-mail atau platform chatting seperti WhatsApp sekalipun berguna banget untuk mengumpulkan tugas-tugas dari guru atau dosen.

Dua hal yang penting banget dimiliki dalam hal ini adalah alamat e-mail dan juga nomor telepon. Alamat e-mail dan nomor telepon berguna sebagai alamat tujuan pengiriman hasil tugas atau sebagai alat komunikasi antara siswa dan gurunya, atau bagi sesama misalnya teman sebaya.

Baca Juga: Belajar Online, Terjepit Antara Pilih Beli Makan atau Akses Internet?

3. E-book sebagai media pembelajaran

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Para Pelajar Selama Pembelajaran DaringPexels.com/Lisa Fotios

E-book menjadi pendukung penting dalam kegiatan pembelajaran secara daring. Sebelum pandemi, millennials dan Gen Z lebih sering pergi ke perpustakaan untuk mencari sumber wawasan yang dibutuhkan. Namun, sekarang aktivitas mencari media pembelajaran dilakukan secara digital.

Tersedia banyak platform digital yang menyajikan berbagai macam judul buku untuk dibaca secara digital melalui gadget. Mulai dari yang gratis seperti yang tersedia di aplikasi iPusnas hingga berbayar seperti yang tersedia di Google Play Book.

4. Situasi dan kondisi yang nyaman

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Para Pelajar Selama Pembelajaran DaringPexels.com/Vlada Karpovich

Meskipun generasi kita saat ini hidup di masa dengan teknologi digital yang semakin canggih, kenyamanan situasi dan kondisi tetap perlu diperhatikan. Mulai dari di mana tempat yang nyaman untuk melakukan kegiatan belajar, situasi yang cocok dengan gaya belajar, sampai posisi seperti apa yang membuatmu gak tertekan.

Misalnya, kamu mungkin akan merasa lebih nyaman di tempat yang gak terlalu ramai, situasi yang cukup tenang, dengan posisi selonjoran santai di lantai. Atau mungkin kamu lebih menyukai suasana ramai dengan alunan suara musik yang menemani saat kegiatan belajar.

5. Jaringan internet yang gak mengganggu

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Para Pelajar Selama Pembelajaran DaringPexels.com/bongkarn thanyakij

Berbagai aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara daring, membuat kita harus memperhatikan betul tentang jaringan internet yang kita pakai. Ada banyak penyedia jaringan internet yang bisa kita temukan di zaman modern serba digital sekarang ini.

Kamu dapat menggunakan Wi-Fi dengan memanggil jasa pemasangan Wi-Fi di rumah atau membeli paket data pada pilihan dari berbagai provider yang tersedia di Indonesia yang kamu gunakan. Tapi, ingat ya, kemudahan dalam mendapatkan internet di zaman sekarang ini alangkah baiknya jika hanya kamu gunakan untuk hal-hal yang positif.

Gimana nih, guys, kamu setuju gak kalau lima hal di atas merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan selama kegiatan pembelajaran secara daring saat ini? Menurut kamu, dari lima hal tersebut, poin mana nih yang benar-benar harus diperhatikan selama kegiatan belajar mengajar secara daring dilakukan?

Baca Juga: 6 Hal Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Selama Kuliah Online, Kamu Juga?

Indy Mabarroh Photo Verified Writer Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya