Comscore Tracker

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Baru

Jangan sampai asal pilih ya!

Kos merupakan tempat singgah sementara yang dihuni oleh individu atau sekelompok orang dengan cara dibayar per tahun atau per bulan, si penyewa diberikan hak penuh untuk memegang kunci serta menempati salah satu ruangan tersebut.

Nah, kos sendiri akan sangat diperlukan bagi mereka yang bekerja atau menuntut ilmu jauh dari rumah. Sebab dengan adanya kos, mereka tidak perlu pulang pergi lintas daerah setiap hari.

Bagi kamu yang sedang mencari tempat kos dan ini merupakan pengalaman awal dalam memulai perjalanan hidup seorang diri, ada enam tips mendapatkan hunian yang nyaman dan sesuai kriteria, di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Survey langsung ke tempat

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Barupexels.com/Pixabay

Untuk memastikan bahwa tempat tersebut sesuai dengan keinginan kita, maka peluang paling besar untuk membuat keputusan dan menimbang-nimbang dilakukan saat mengunjungi langsung tempat tersebut.

Sebaiknya hindari melakukan dealing selagi kamu belum melihat langsung tempat yang ditinggali, hal ini bisa menghindarkan kamu dari ekspektasi yang ketinggian, kekecewaan, hingga mungkin risiko yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Mengunjungi langsung tidak selalu berarti kamu akan mengambil tempat itu, jadi santai saja ketika kamu hendak melakukan survey. Selagi belum memenuhi keinginan, kamu masih memiliki kesempatan untuk mencari tempat lain.

2. Tanyakan kondisi tempat pada orang sekitar

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Barupexels.com/Skitterphoto

Jika kamu sudah cukup mantap dalam menentukan tempat dan seisinya, jangan dulu tutup telinga dan mengabaikan sidanya. Ada baiknya, kamu juga memasukan keharusan untuk menanyakan kondisi sekitar tersebut pada penghuni lain.

Paling tidak, dengan ini kamu akan mendapat gambaran bagaimana suasana lingkungan tersebut. Mungkin saja ada penghuni yang kurang kooperatif, tetangga yang mengganggu, suara bising, terlalu sepi dan lain sebagainya.

Dengan modal gambaran tersebut, kamu sudah bisa menentukan apakah kamu memiliki kenyamanan atau tidak dalam menjalani hari dan aktivitas di tempat tersebut. Sebab tidak semua orang dapat menoleransi sebuah kondisi yang jauh dari kebiasannya sehari-hari.

Baca Juga: 10 Chat dengan Ibu Kos Ini Endingnya Ngeselin, Bikin Geregetan

3. Cari review di internet

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Barupexels.com/Caio

Selain bertanya langsung kepada penghuni kos lain di lokasi, mencari review di internet ternyata cukup banyak membantu dalam menemukan informasi yang hilang. Aktivitas ini dilakukan untuk bisa menemukan kredibilitas tempat, suasana, hingga kesan orang-orang yang pernah tinggal di sana seperti apa.

Semakin bagus review yang diberikan, kemungkinan tempat itu adalah hunian yang baik akan semakin besar. Selain itu, kamu juga jadi memiliki bayangan untuk menambah daftar alasan memilih sebuah tempat hunian.

Sebab, acapkali kita tidak menemukan informasi saat melakukan survey langsung dan malah menemukannya di internet. Besar kecilnya pengaruh informasi tersebut dapat disesuaikan dengan kapasitas kebutuhanmu akan mempertimbangkan tempat itu.

4. Perhitungkan lokasi

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Barupexels.com/Burst

Memperhitungkan lokasi akan sangat bermanfaat apabila kamu merasa bahwa lokasi menentukan banyak kemudahan dan mempengaruhi dalam produktivitas sehari-hari. 

Lokasi yang sulit dijangkau oleh maps, keberadaan warung atau tempat makan yang jarang, hingga akses ke jalan raya yang jauh bisa menjadi masalah bagi beberapa orang. Oleh sebab itu, lokasi perlu dipertimbangkan sebagai salah satu keunggulan dalam memilih sebuah tempat kos.

Apalagi jika kamu memiliki budget khusus untuk bepergian seperti kuliah dan bekerja, semakin dekat dengan tujuan, maka kamu dapat menghemat biaya perjalanan cukup banyak.

5. Tentukan fasilitas sesuai kebutuhan

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Barupexels.com/Mary Whitney

Sebelum mencari tempat kos, ada baiknya tentukan kriteria tempat yang ingin kamu huni seperti apa. Dimulai dari fasilitas yang diinginkan dan budget yang tersedia. Menentukan ini diawal sangat diperlukan karena jelas kita tahu bahwa tidak semua orang suka berbagi dapur dan kamar mandi yang sama.

Maka dari itu, perlunya mendaftarkan segala fasilitas bisa mempersempit pilihan supaya kamu tidak bingung dengan beragam tempat kos yang ditawarkan. Selain itu, mempersiapkan ini diawal bisa mengantisipasi apabila ternyata kamu tidak mendapat tempat yang sesuai keinginan.

Mematok beragam fasilitas pun harus diiringi dengan modal yang sesuai, jangan sampai kamu ingin berbagai fasilitas yang bagus namun mematok harga di bawah rata-rata. Kemungkinan kamu untuk mendapat tempat yang dimaksud akan semakin lama dan terulur.

6. Pastikan tempat berada di lingkungan aman

6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Barupexels.com/Scott Webb

Selain lokasi dan suasana tempat kos yang perlu diperhatikan, kamu perlu memastikan bahwa bangunan tersebut berdiri di lingkungan yang aman dan terjamin.

Walaupun kita tidak pernah memprediksi akan suatu kejahatan dan sebagainya di masa depan. Namun dengan mengantisipasi dari awal, setidaknya kamu sudah mempersiapkan segala yang terbaik bagi diri sendiri.

Paling tidak, pastikan bahwa tempat berada di lingkungan ramai penduduk, adanya kamera pengawas di beberapa titik atau terdapat penjaga yang senantiasa hadir dan mudah dihubungi jika diperlukan.

Itu dia keenam tips untuk mendapatkan tempat kos yang nyaman dan sesuai kriteria. Apabila memungkinkan, carilah tempat bersama orang yang telah berpengalaman akan suatu kawasan tertentu, sehingga kamu bisa mendapatkan tempat yang sesuai dengan budget yang memuaskan.

Baca Juga: Catat! 10 Tips Ini Sangat Berguna bagi Anak Kos, Maba Wajib Tahu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya