Comscore Tracker

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media Online

Ayo, kamu pasti bisa!

Suka menulis dan ingin karya tulis kamu lebih bermanfaat dan bisa dibaca lebih banyak orang? Bisa banget, dong. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan tulisan kamu ke media online.

Media online kini menjadi salah satu platform menulis ideal untuk orang-orang yang hobi menulis, khususnya kaum millennial. Selain karena lebih mudah dan lebih cepat diakses, sudah banyak media online yang menghargai setiap artikelmu yang berhasil diterbitkan di lamannya dengan sejumlah poin atau honorarium. Asyik banget, kan?

Nah, biar artikel yang kamu kirim tersebut bisa segera di-approve dan diterbitkan, ada 8 tipsnya, nih. Apa saja? Langsung saja simak, yuk!

1. Pilih media online yang genre-nya sesuai passion menulis kamu

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Dengan banyaknya pilihan media online yang menerima kontributor untuk lamannya, kamu harus pandai-pandai memilih media yang sesuai dengan genre tulisan kamu. Maksudnya begini. Kalau kamu suka menjelajah Indonesia dan gemar menuangkan cerita tentang keunikan yang kamu temui selama perjalanan kamu, berarti kamu harus mencari media online yang menerima artikel bertema traveling atau wisata.

Kamu gak perlu terlalu memaksa menulis artikel yang gak sejalan dengan passion menulis kamu meski media online yang kamu temukan menawarkan honorarium yang menggiurkan.

Namun, ke depannya, gak ada salahnya juga bila kamu sesekali ingin menulis sesuatu yang berbeda dari jenis tulisan yang selama ini kamu sering tulis.

2. Saat kamu sudah punya topik menulis, search dulu topik tersebut di media online tempat kamu mau menulis

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Saat kamu sudah punya ide menulis, kamu harus cek dulu nih, apakah topik tulisan itu sudah penah diulas di media online incaran kamu atau belum. Hal ini penting untuk menghindari tertolaknya artikel kamu karena topik tulisan kamu sudah keduluan ditulis oleh penulis lain. Dengan begitu, kamu bisa segera mencari alternatif tema tulisan yang lain agar peluang artikelmu diterbitkan bisa makin besar.

Baca Juga: Selain Dapat Duit, ini 5 Alasan Logis Menulis di IDN Times Community

3. Jika ternyata topik pilihan kamu sudah pernah diterbitkan di media tersebut, lakukan tips ini

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Seandainya topik tulisan yang kamu temukan ternyata sudah pernah diulas di media online incaran kamu, jangan patah semangat dulu. Kamu bisa simpan ide menulis tersebut untuk dikirim ke media online lain yang menerima tema tulisan sesuai topik yang kamu temukan tadi.

Tapi, kamu tetap bisa lho mengirim topik tulisan tersebut ke media incaran kamu. Tipsnya, perhatikan tanggal terbit artikel yang pernah mengulas topik serupa. Jika artikel itu ternyata sudah cukup lama diterbitkan, artinya kamu berkesempatan menulis kembali topik tersebut. Tulislah dengan sudut pandang berbeda agar tulisan kamu lebih menarik dan fresh.

4. Mulailah menulis dan hindari plagiarisme, ya!

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Mendapat inspirasi menulis dari tulisan orang lain, sah-sah saja. Namun, bukan berarti kamu bisa bebas menjiplak karya mereka. Tindakan plagiarisme alias penjiplakan yang melanggar hak cipta termasuk tindakan melanggar hukum, lho.

Apabila tidak ingin disebut plagiat, kamu harus menulis dengan bahasamu sendiri. Kamu harus berani bersusah payah merangkai sendiri kalimat per kalimat di tulisan kamu agar artikel kamu benar-benar orisinal hasil dari kerja keras kamu.

Namun, kalau memang kamu tetap ingin mengutip tulisan orang lain untuk mendukung artikel kamu, jangan lupa sertakan sumber dari mana kutipan itu berasal, ya! Dengan begitu, kamu akan terhindar dari tindakan plagiarisme sekaligus bisa menghargai karya tulis orang lain.

5. Tulis sesuai ketentuan, format, dan gaya bahasa media online tersebut

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Nah, ini dia bagian yang krusial. Saat menulis artikel, kamu gak bisa sembarangan menuangkan ide. Kamu harus paham dulu ketentuan, format, dan gaya bahasa yang sudah ditentukan oleh media online incaran kamu.

Misalnya saja menulis di IDN Times. Karena format tulisan yang terbit di IDN Times adalah berbentuk list article atau listicle, maka jangan sekali-kali mengirim artikel dengan format lain. Artikel kamu pasti bakal langsung ditolak.

Perhatikan juga gaya bahasa yang dipakai. Apakah media tersebut menggunakan gaya bahasa yang formal, semi formal, atau bahasa gaul. Pokoknya, kamu harus benar-benar menyesuaikan artikel yang kamu tulis dengan format yang sudah ditentukan media.

6. Lengkapi dengan foto yang mendukung isi tulisan

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Melampirkan foto juga salah satu poin yang dinilai seorang editor sebuah media online. Kamu harus menyertakan foto yang bisa mendukung penuh tulisan kamu dengan kualitas foto yang baik.

Jika foto yang kamu lampirkan bukan berasal dari dokumentasi pribadi, jangan lupa sertakan sumber foto tersebut. Hindari mengambil foto dari media online nasional lain. Untuk menemukan foto dari situs gambar free, kamu bisa temukan di Pexels, Pixabay, atau Unsplash.

7. Baca ulang tulisan sebelum dikirim ke editor

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Bruce Mars

Agar tulisan kamu terhindar dari banyaknya typo, kamu wajib banget membaca ulang artikelmu dari awal sampai akhir. Membaca ulang juga penting supaya kamu bisa mengoreksi kata atau kalimat yang sekiranya kurang enak dibaca.

Kalau memungkinkan, kamu bisa meminta orang lain untuk membaca dan menilai artikel kamu juga. Dengan begitu, kamu bisa mendapat feedback untuk peningkatan kualitas tulisan kamu.

8. Menulis setiap hari

8 Tips Ampuh Agar Artikel Kamu Cepat Terbit di Media OnlinePexels.com/Stokpic

Jangan bosan untuk rutin menulis setiap hari. Tantanglah dirimu untuk rutin menulis dan mengirimkan minimal satu artikel setiap hari. Selain memperbesar banyaknya artikelmu yang bisa diterbitkan, menulis setiap hari juga melatih kerja otakmu untuk lebih cepat menuangkan ide dalam rangkaian kata dan kalimat. Kamu bakal makin mahir menulis artikel, deh.

Lakukan terus kedelapan tips di atas supaya artikelmu lekas lolos terbit. Selanjutnya, tunggulah notifikasi "approved" atau "published" dari media online incaran kamu. Ada yang mau menambahkan tips lain? Share di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Saat Menulis di Media Daring

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya