Comscore Tracker

Selama #DiRumahAja, Upgrade Bahasa Inggris-mu dengan 5 Aktivitas Ini

Keep going, guys!

Work from home, karantina, lockdown, social distancing, atau apa pun istilahnya yang saat ini terpaksa bikin kamu di rumah aja karena wabah COVID-19, jangan lantas bikin semangat belajar kamu kendor, ya. Justru karena lagi di rumah begini, kamu bisa lebih fokus melakukan sesuatu yang selama ini mungkin sering terdistraksi.

Buat yang lagi fokus meningkatkan skill bahasa Inggris, sudah coba lakukan beberapa aktivitas berikut belum, nih? Kalau belum, yuk coba dipraktikkan. Kamu bisa dapat pengalaman baru dari hal-hal ini, lho.

1. Ikutan online English challenge

Selama #DiRumahAja, Upgrade Bahasa Inggris-mu dengan 5 Aktivitas IniPexels/Andrea Piacquadio

Di era serba online saat ini, semua orang punya kesempatan berinteraksi dengan siapa pun tanpa batas. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berkenalan dengan sesama English learners dari berbagai belahan dunia.

Salah satu caranya, yaitu dengan ikutan online English challenge. Kamu bisa menjumpai challenge ini lewat platform Instagram atau Facebook. Biasanya challenge diadakan oleh para native speaker yang telah lama berkecimpung dalam online English coaching.

Metoda challenge-nya sendiri beragam banget. Ada yang diadakan selama lima hari, satu minggu, bahkan satu bulan penuh. Ada yang berbayar, tapi gak jarang juga yang diadakan secara gratis. Dari sini, kamu bisa berjumpa dan berkenalan dengan para challengers dari banyak negara. Seru, kan?

2. Video call dengan sesama English learners

Selama #DiRumahAja, Upgrade Bahasa Inggris-mu dengan 5 Aktivitas IniDok. Pribadi/Intan Deviana

Nah, setelah online English challenge tersebut selesai, jangan sia-siakan kesempatan untuk keep in touch dengan para challengers yang lain. Kamu bisa proaktif untuk berkomunikasi lewat pesan teks, voice messages, kemudian beranikan diri mengajak video call dengan mereka.

Karena sama-sama English learners, biasanya mereka gak akan keberatan jika kamu mengajaknya untuk mengobrol lewat video call. Mereka justru bakal senang karena mendapat teman baru dan partner untuk sama-sama practicing English. Yang penting, tetap jaga sopan santun selama komunikasi berlangsung.

Baca Juga: 10 Kalimat Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menyambut Tamu

3. Latih pronunciation dengan shadowing technique

Selama #DiRumahAja, Upgrade Bahasa Inggris-mu dengan 5 Aktivitas IniPexels/Andrea Piacquadio

Lain halnya kalau kamu sedang fokus untuk memperbaiki pronunciation-mu. Salah satu cara terbaik melatih pronunciation biar lebih terdengar seperti native speaker adalah dengan teknik shadowing atau imitating.

Caranya? Kamu tinggal memilih rekaman video seorang native speaker berbicara, bisa di channel YouTube, cuplikan film atau TV show, atau lewat podcast. Dengarkan native speaker tersebut berbicara, lalu kamu tinggal bicara mengikuti bagaimana mereka mengucapkannya.

4. Menerjemahkan blog pribadi kamu ke dalam Bahasa Inggris

Selama #DiRumahAja, Upgrade Bahasa Inggris-mu dengan 5 Aktivitas IniPexels/Andrea Piacquadio

Sebaliknya, kalau kamu berencana melatih writing skill dan kebetulan punya blog pribadi yang isinya masih dalam Bahasa Indonesia, kenapa gak coba untuk menerjemahkannya satu per satu ke dalam Bahasa Inggris?

Kamu bisa memilih tulisan mana dulu yang sekiranya menarik untuk kamu tulis lagi dalam Bahasa Inggris. Dari aktivitas ini, kemungkinan besar kamu bakal menjumpai banyak vocabulary yang belum kamu ketahui sebelumnya.

5. Bikin review dari setiap film yang kamu tonton

Selama #DiRumahAja, Upgrade Bahasa Inggris-mu dengan 5 Aktivitas IniPexels/Tirachard Kumtanom

Hayo, ngaku! Nonton film pasti jadi aktivitas yang paling sering kamu lakukan selama di rumah aja, kan? Biar kegiatan nonton film tersebut bisa lebih bermanfaat, terutama dalam proses kamu belajar Bahasa Inggris, coba deh usai nonton film, kamu bikin ulasan sedikit tentang film tersebut.

Kamu bisa bercerita ke diri sendiri tentang pengalaman kamu menonton film itu, gimana alur ceritanya, gimana tokoh-tokohnya saat membawakan karakter di film, dan tentang hal lain. Kamu bisa bikin dalam bentuk tulisan atau bahkan video.

Setelahnya, kamu bisa simpan untuk diri kamu sendiri. Kamu pun bisa membaginya di akun media sosial kamu jika dirasa perlu.

Jadi, kamu gak perlu merasa kebosanan meskipun beberapa hari harus stay at home akibat wabah COVID-19. Banyak banget hal positif yang masih bisa kamu lakukan dari rumah asal kamu tahu caranya. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga: 8 Gombalan Romantis dalam Bahasa Inggris, Cocok buat Kamu yang Bucin!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya