Comscore Tracker

5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa Baru

Biar gak nyesal nantinya

Mencari tempat kos merupakan hal yang biasa dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya, terutama yang memiliki rumah jauh dari kampus. Bagi mahasiswa baru yang pertama kali menginjakkan kaki di perguruan tinggi, tentunya urusan mencari kos bukanlah hal yang mudah.

Nah, bagi kamu mahasiswa baru yang ingin mencari kos, ada baiknya kamu membaca 5 tips mencari kos idaman di bawah ini. Yuk, baca artikel  selengkapnya berikut ini.

1. Prioritaskan tempat kos yang berdekatan dengan kampus tempatmu kuliah, terutama jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi

5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa BaruPexels.com/Stanley Morales

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi tentunya jarak kos ke kampus yang lumayan jauh tentulah bukanlah masalah. Akan tetapi jika kamu ingin berjalan kaki, sebaiknya cari tempat kos yang berdekatan dengan kampus tempatmu menimba ilmu.

Meski relatif mahal, kos yang berdekatan dengan kampus juga memiliki kelebihan yakni kamu tidak perlu terburu-buru setiap pagi untuk mempersiapkan diri ke kampus akibat terlambat bangun.

Selain itu, dijamin tempat kosmu ramai oleh teman-temanmu yang menumpang istirahat ketika pulang kuliah atau pun hanya sekadar singgah untuk bertamu.

2. Perhatikan fasilitas kos yang sesuai dengan kebutuhanmu

5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa BaruPexels.com/Pixabay

Utamakan kos yang memiliki fasilitas yang terbilang standar untuk mahasiswa seperti kipas angin/AC, dapur umum, meja belajar lengkap dengan kursi, lemari pakaian, dan urusan MCK yang bagus termasuk tempat menjemur pakaian.

Namun jika kamu lebih suka makan di warteg atau sejenisnya dan menggunakan jasa laundry pakaian, maka kos dengan fasilitas hanya berupa kamar mandi serta perlengkapan penunjang belajar, dapat kamu jadikan sebagai pilihan utamamu.

Baca Juga: 10 DIY Wall Sticker untuk Kamar Kos, Modal Selotip Saja

3. Tentukan apakah kamu ingin ngekos bulanan atau tahunan

5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa BaruPexels.com/Rawpixel

Jika kamu hanya ingin sekadar mencoba bagaimana rasanya hidup mandiri, maka kos bulanan dapat menjadi pilihanmu. Sama halnya jika kamu mendapat kiriman uang setiap bulan yang pas-pasan, maka kos yang mewajibkan penghuninya membayar per bulan dapat kamu pertimbangkan.  

Namun, jika kamu menemukan tempat kos yang menurutmu nyaman dan tidak ingin pindah dalam jangka waktu yang relatif lama serta didukung bujet yang cukup, maka kos tahunan dapat kamu prioritaskan.

4. Tak hanya menyenangkan, ngekos bersama teman juga dapat meringankan biaya sewa kos

5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa BaruPixabay.com/Free Photos

Jika kamu ingin mendapatkan tempat kos dengan pembayaran yang lebih murah lagi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyewa tempat bersama temanmu. Dijamin kamu tidak akan kesepian dan duka serta suka akan dijalani bersama-sama.

Tentunya, jika kamu ingin ngekos bersama temanmu, perhatikan juga fasilitas kos yang tersedia dan luas tempat kos agar suasana tetap kondusif dan nyaman tanpa harus merasa sesak.

5. Sesuaikan peraturan kosmu dengan aktivitasmu di luar rumah

5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa BaruUnsplash.com/Antenna

Jika kamu adalah mahasiswa yang kerjanya cuma kuliah dan pulang, maka kos yang memiliki peraturan ketat soal jam malam tentu bukan masalah yang berarti bagimu apalagi jika pemilik kos suka mengontrol setiap aktivitas anak kosnya.

Lain halnya jika kamu memiliki aktivitas selain akademik seperti organisasi, komunitas atau les di bidang tertentu, maka sebaiknya pilih kos yang fleksibel soal jam pulang malam.

Nah, bagi kamu mahasiswa baru yang ingin merasakan hidup mandiri dengan ngekos, 5 tips di atas wajib kamu lakuin, yah biar gak nyesal nantinya.

Baca Juga: 7 Sifat Baik yang Tanpa Sadar Kamu Pelajari Saat Jadi Anak Kos

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya