Comscore Tracker

5 Alasan Orangtua Tak Harus Mengiyakan Anak yang Minta Pindah Sekolah 

Menjadi orangtua tegas juga perlu..

Sekolah menjadi hal penting bagi anak untuk menimba ilmu. Selain itu, sekolah juga membantu psikologi anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Semua orangtua tentu menginginkan sekolah yang terbaik untuk anaknya. Akan tetapi, terkadang anak sesuka hatinya ingin pindah sekolah.

Keinginan anak ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Mungkin hanya sekadar mengikuti temannya atau belum terbiasa di lingkungan yang baru. Keadaan ini akan lebih baik jika orangtua mendukung anak untuk tetap dan tinggal di sekolah barunya.

Berikut beberapa alasan yang akan membantu orangtua mendidik anaknya dengan tidak mengiyakan anak untuk pindah sekolah.

1. Membiarkan anak menyelesaikan masalahnya

5 Alasan Orangtua Tak Harus Mengiyakan Anak yang Minta Pindah Sekolah pexels.com/Lukas

Sebagian besar anak yang ingin pindah sekolah adalah anak yang sedang mengalami masalah. Entah Ia bermasalah dengan temannya atau tidak suka dengan lingkungan sekolahnya. Sebagai orangtua, jangan menjadikan hal ini alasan pasti anak dapat pindah sekolah. Akan lebih baik, untuk membiarkan anak dan memberikan waktu serta penguatan agar masalah itu bisa Ia selesaikan dengan baik.

2. Mendidik anak menghargai setiap keputusan

5 Alasan Orangtua Tak Harus Mengiyakan Anak yang Minta Pindah Sekolah pexels.com/Guduru Ajay Bhargav

Sebelum mendaftar sekolah, orangtua pasti akan memberikan pilihan kepada anak untuk memilih sekolah yang Ia inginkan. Pilihan anak dan pertimbangan orangtua yang menjadi dasar memilih sekolah idaman. Keputusan tersebut harus dihargai dan ditepati. Agar anak tidak semena-mena untuk menarik keputusannya kembali.

Baca Juga: Kenali Sekolah Berstatus "Ramah Anak" dengan 5 Prinsip Ini!

3. Tidak selalu memberikan kemewahan kepada anak

5 Alasan Orangtua Tak Harus Mengiyakan Anak yang Minta Pindah Sekolah pexels.com/Emma Bauso

Selalu mengiyakan setiap permintaan anak-anak bisa menjurus ke arah keistimewaan bagi mereka. Anak bisa menjadi mudah bergantung dan akan mengancam jika keinginannya tidak dipenuhi. Hal buruknya adalah anak akan berani melawan orangtua. Sedari kecil ajarkan anak untuk hidup sederhana dan mandiri karena harta tidak pernah tahu kapan akan habisnya.

4. Memberikan pelajaran berpikir sebelum bertindak

5 Alasan Orangtua Tak Harus Mengiyakan Anak yang Minta Pindah Sekolah pexels.com/pixabay

Sebelum melakukan hal atau kegiatan, tentu harus berpikir dan menimbang baik dan buruknya terlebih dahulu. Hal tersebut yang akan orangtua ajarkan secara tidak langsung ketika tidak mengiyakan anak yang ingin pindah sekolah. Bukan berarti tidak sayang dengan anak, justru Anda harus sesekali bersikap tegas agar anak menjadi mandiri dan tidak bergantung.

5. Mendidik untuk bertanggung jawab

5 Alasan Orangtua Tak Harus Mengiyakan Anak yang Minta Pindah Sekolah pexels.com/Pragyan Bezbaruah

Bertanggung jawab merupakan sikap yang harus diajarkan kepada anak sejak kecil. Dengan mengajarkan sikap bertanggung jawab, anak tidak akan mudah menyerah dann selalu berusaha menemukan solusi dari setiap masalah. Orangtua dapat membantu mengajak anak untuk menyelesaikan studinya di sekolah.

Itulah lima alasan mengapa orangtua tidak harus selalu mengiyakan keinginan anak untuk pindah sekolah. Selain itu, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit apabila sering pindah sekolah.

Baca Juga: Orangtua Harus Tahu, Ini 5 Perbuatan yang Bisa Melukai Perasaan Anak

CumiBakar Photo Community Writer CumiBakar

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You