Comscore Tracker

5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja Modern

Karena kamu lebih dari robot…

Pasti kamu udah nggak asing dengan istilah “revolusi industri” kan? Istilah ini pernah digunakan saat tenaga manusia mulai digantikan dengan mesin secara masif. Nah sekarang, istilah ini mulai gaung lagi dari awal tahun 2019 ini, salah satu penyebabnya adalah karena mulai berkembangnya teknologi yang mendorong setiap industri mulai menggunakan artificial intelligence atau AI.

Tenang, kamu nggak perlu minder dan takut kala dengan kepintaran buatan, karena faktanya, AI hadir untuk membantu manusia bukan malah menjadi saingan. Tapi, bukan berarti kamu diam begitu saja lho, kamu harus tetap mengembangkan diri dengan memiliki beberapa kemampuan di bawah ini. Simak ulasannya yuk!

1. Memiliki jiwa leadership yang tinggi

5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja ModernShutterstock/Chaay_Tee

Banyak orang berpikir bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin yang baik untuk sebuah tim. Padahal apa yang dilakukannya selama ini adalah menjadi bos. Masih belum tahu perbedaan bos dan pemimpin? Salah satu contoh paling terasa adalah pemimpin akan selalu bisa mengembangkan potensi orang-orang yang bekerja bersama dia, sementara bos cenderung hanya memanfaatkan anak-buahnya. Nah, kamu tipe bos atau pemimpin nih, guys?

2. Mampu beradaptasi

5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja ModernShutterstock/Jirapong Manustrong

Di era revolusi industri 4.0 perubahan yang terjadi karena adanya inovasi baru akan sangat sering terjadi. Contoh paling mudah dapat kamu temukan bagaimana inovasi smartphone yang ditemukan 6 bulan lalu akan berbeda dengan teknologi smartphone yang terbaru hari ini. Karena begitu cepatnya perubahan terjadi, maka dibutuhkan kemampuan beradaptasi yang tinggi baik itu pada lingkungan baru maupun pada teknologi terbaru. Siap menghadapinya?

3. Inisiatif tinggi

5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja ModernShutterstock/Imagebysutipond

Zaman sekarang sudah bukan saatnya “menunggu bola” untuk melakukan sesuatu. Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk memulai sesuatu yang baru dan melakukan sesuatu yang mungkin belum pernah dilakukan orang lainnya. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh artificial intelligence. Kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan mulai melakukan sesuatu yang baik tanpa dorongan dari siapapun. Pertanyaannya, seberapa beranikah kamu?

4. Punya kepekaan yang tinggi akan kondisi sosial dan budaya

5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja ModernShutterstock/Atstock Production

Manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya nggak bisa hidup sendirian dan akan selalu membutuhkan bantuan dari orang-orang sekitarnya. Maka dari itu, kita sebenarnya membutuhkan skill berupa kepekaan sosial dan budaya. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana kita bisa memahami nilai-nilai yang ada di masyarakat bahkan menghargai perbedaan budaya dari orang-orang yang ada di sekitar kita.

Dengan kepekaan sosial dan budaya kita bisa menjadi orang yang lebih bijak dan nggak egois loh dalam menyikapi perbedaan. Orang-orang dengan tipe seperti ini biasanya akan selalu menjadi referensi yang dipercaya oleh orang-orang di lingkungan sekitarnya, setuju nggak?

5. Punya rasa penasaran yang tinggi

5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja ModernShutterstock/Fizkes

Eits, penasaran yang ini bukan hanya sekedar kepo yah. Faktanya, banyak loh perusahaan-perusahaan besar yang selalu mencari orang-orang dengan tingkat penasaran yang tinggi untuk bergabung dengan mereka. Alasannya sederhana, orang yang memiliki rasa penasaran yang tinggi biasanya tidak akan berhenti di satu titik saja dan selalu bersedia untuk belajar lebih. Kalau kamu udah punya bakat buat kepoin orang, coba deh manfaatkan bakat yang kamu miliki ini ke hal yang lebih positif.

Ini baru lima dari banyak kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh para milenial untuk menghadapi revolusi industri di dunia modern. Tetapi selain dari lima hal tadi, milenial tetap membutuhkan kegigihan loh untuk bisa bertahan di era seperti ini. Karena faktanya, akan banyak pekerjaan konvensional yang akan menghilang di era ini, misalnya seperti pekerjaan-pekerjaan yang mengandalkan literasi.

Melihat perlunya banyak persiapan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 ini, Djarum Foundation pun akhirnya turun tangan untuk membantu milenial menyiapkan diri. Lewat program Djarum Beasiswa Plus, milenial didorong untuk memiliki karakterleadership, adaptability, social and cultural awareness, persistence, initiative, dan curiosity untuk para penerima beasiswa. Untuk kamu yang ingin tahu seperti apa programnya, langsung klik di sini ya!

Nah, itu tadi lima kemampuan yang akan bikin kamu semakin percaya diri untuk menghadapi dunia kerja yang semakin maju. Yuk buktikan kalau kamu generasi yang membanggakan!

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Just For You