Comscore Tracker

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di Pesantren

Dijamin anti bosan, deh!

Pondok pesantren dikenal sebagai sekolah agama yang mewajibkan santrinya tinggal di asrama. Pesantren memiliki banyak aturan dan para santri juga tidak diizinkan pulang kecuali saat liburan. Sekilas memang terdengar membosankan, tapi ini bertujuan agar para santri menjadi lebih disiplin dan fokus belajar.

Meski awalnya membosankan, tapi para santri akan terbiasa karena memiliki banyak teman dan juga jadwal belajar yang padat. Menariknya lagi, selama di pesantren tidak hanya belajar agama saja, lho.

Walaupun sebatas di dalam lingkungan asrama dan sekolah, pesantren memiliki banyak kegiatan positif yang bikin kamu gak bosan dan jenuh. Yuk, simak!

1. Ada muhadhoroh, belajar ceramah dengan banyak bahasa

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di Pesantrenilustrasi pidato (pexels.com/Borta)

Muhadhoroh adalah salah satu acara yang paling melekat dengan kegiatan pesantren. Di acara ini, para santri akan mendapatkan giliran membaca pidato dalam berbagai bahasa. Ada Inggris, Arab, Indonesia atau bahasa yang lain sesuai ketentuan pesantren.

Biasanya, santri akan diberikan waktu beberapa minggu untuk mempersiapkan materi. Pidato yang dibawakan pun harus berkaitan dengan agama. Gak perlu takut, karena akan ada kakak kelas atau guru yang akan membimbingmu kok. Dari penyusunan materi hingga berlatih pun kamu akan mendapat masukan agar dapat maksimal saat tampil.

Meskipun kegiatan internal, acara pidato ini biasanya dikemas seperti acara sungguhan. Ada moderator, komentator, dan juga hiburan yang bikin kamu gak akan ngantuk.

2. Berbagai macam lomba saat hari besar juga ada, kok!

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di PesantrenMerayakan hari besar dengan kegiatan positif [Pexels.com/Thirdman]

Meskipun sekolah berbasis Islam, beberapa pesantren juga merayakan hari besar nasional, kok. Sebut saja Hari Kemerdekaan Indonesia, Hari Guru, dan masih banyak lainnya. Lomba yang diselenggarakan pun berbeda di setiap pesantren. Hal ini tergantung pada kreativitas panitia dan santri.

Kegiatan lomba ini akan mengisi waktu liburmu dengan memperluas kenalan. Selama kegiatan kamu jadi bisa berkenalan dengan teman yang berbeda kelas dan melatih kekompakkan dengan teman. Wah dijamin seru, deh.

3. Idul Adha gak pulang? Kamu tetap bisa seru-seruan di pesantren, lho!

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di Pesantrenilustrasi lebaran di pesantren (pexels.com/Chattrapal)

Dalam kalender pesantren, biasanya pada Hari Raya Idul Adha para santri tidak diizinkan pulang. Para santri pun tetap melakukan rutinitas dan ibadah di dalam lingkungan pesantren. Pastinya dikemas dengan asyik dan gak melanggar syariat. Misal mengadakan malam takbiran bersama, sholat Ied dengan warga sekitar, hingga mengadakan lomba masak olahan qurban.

Awalnya, mungkin kamu akan merasa sedih karena harus berjauhan dengan keluarga. Tapi, tenang saja, karena di pesantren ada banyak teman dan para guru yang akan mendampingimu mengisi kegiatan di hari Idul Adha. Perlahan homesick kamu akan terobati, kok.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Pesantren di Sumatra Utara yang Bisa Jadi Pilihan 

4. Kegiatan olahraga yang beragam

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di Pesantrenilustrasi orang berolahraga (pexels.com/Cottonbro)

Untuk waktu olahraga, tergantung kebijakan di setiap pesantren. Namun seringnya dilakukan setiap Minggu pagi di lapangan pesantren. Ada senam, badminton, voli, basket, memanah dan lain-lain.

Kadang beberapa pihak pesantren juga mengizinkan santri untuk jalan sehat keluar pesantren kok. Jadi, kamu gak akan suntuk di kamar terus. Meski hanya di dalam lingkungan pesantren, hidup sehat dan bugar itu tetap nomor satu, ya.

5. Kerja bakti menjadi rutinitas setiap minggu

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di Pesantrenilustrasi kerja bakti di pesantren (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Meskipun jadwal yang padat. Para Santri tetap diminta untuk kerja bakti setiap minggunya. Ada yang membersihkan kamar, lapangan, aula, dan masjid. Karena dilakukan bersama, kerja bakti gak kerasa capek deh.

Kadang kamu juga akan dibuat kelompok kecil untuk membersihkan lingkungan yang cukup luas. Seperti lapangan, aula atau masjid. Nah, di momen inilah kamu akan bertemu dengan banyak santri dari beragam kelas. Kamu jadi bisa punya kenalan baru, lho.

6. Di pesantren kamu juga akan belajar bahasa asing, lho!

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di Pesantrenilustrasi belajar bersama teman (pexels.com/Monstera)

Bahasa wajib yang dipelajari di pesantren adalah Arab dan Inggris. Kamu akan mempelajari bahasa ini secara rutin. Dari mulai kosa kata hingga percakapan.

Awalnya, kamu akan diajarkan perlahan-lahan dari menghafal kosakata. Jika sudah terbiasa, kamu akan belajar bagaimana menyusun kalimat seperi tenses dan nahwu-sharaf. Setiap hari, kamu juga akan belajar berkomunikasi dengan bahasa asing secara bertahap. Jadi, gak ada alasan gabut deh!

7. Ekskul yang beragam

Gak Cuma Belajar Agama, Ini 7 Kegiatan Seru yang Ada di PesantrenBelajar di Pesantren [Pexels.com/Rodnae Production]

Nah, ini mungkin yang kadang bikin ragu, kegiatan di luar kelas yang terbatas. Gak perlu khawatir, ekskul di pesantren banyak pilihannya, kok. Dari mulai seni, olahraga hingga hafalan Qur'an.

Bahkan gak jarang tiap pesantren menggelar lomba tahunan dan jadi ajang silaturahmi antar pesantren, lho. Selain mengasah bakat, kamu juga bisa punya kenalan baru, nih. Kegiatan belajar dan berinteraksi sosial pun menjadi seimbang.

Jadi, meskipun di pesantren, kamu gak perlu khawatir cita-citamu gak akan tercapai, ya. Karena sebenarnya di pesantren bukan hanya belajar agama saja, kok. Tapi juga basic life dan kekeluargaan.

Baca Juga: 8 Seleb Ini Pilihkan Pondok Pesantren Bagi Anaknya

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya