Comscore Tracker

5 Referensi Negara dengan Biaya Kuliah yang Terjangkau

Biaya bukan lagi jadi penghalang untuk menuntut ilmu

"Gantungkan cita-cita setinggi langit" menjadi salah satu ungkapan untuk memotivasi agar terus giat mencari ilmu di mana pun wadahnya. Namun, banyak hal kendala yang dijadikan alasan untuk tidak meneruskan dan melemahkan motivasi untuk melanjutkan kuliah, salah satunya adalah biaya.

Memang sudah jadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan kuliah itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan mahal. Terlebih jika ingin berkuliah di kampus favorit. Dilansir melalui moneysmart.id, rata-rata biaya kuliah kampus swasta favorit di Indonesia berbiaya sekitar 30 hingga 150 juta per tahun.

Namun, berikut 5 negara dengan biaya kuliah murah dan terjangkau. Di negara dan kampus apa saja? Berikut ulasannya.

1. Jerman

5 Referensi Negara dengan Biaya Kuliah yang Terjangkauplanforgermany.com

Negara Jerman memang menjadi salah satu negara dengan pendidikan berkualitas dan mendapat pengakuan akademik internasional. Tidak hanya itu, pemerintahan Jerman sendiri memang menyiapkan budget khusus untuk meng-cover pendidikan agar masyarakat Jerman tidak terlalu terbebani dengan biaya.

Tidak hanya masyarakat khusus Jerman saja yang dapat menikmati, warga negara non Jerman pun dapat menikmati pendidikan melalui jalur beasiswa. Alm. Presiden B.J Habibie termasuk yang mengambil kesempatan untuk menempuh pendidikan di Jerman.

Beberapa kampus di Jerman berikut yang memiliki biaya perkuliahan terjangkau dengan perkiraan biaya kuliah rata-rata 8 hingga 15 juta rupiah per tahun:

  • RWTH Aachen University
  • University of Bremen
  • University of Cologne
  • Goethe University Frankfurt

2. Norwegia

5 Referensi Negara dengan Biaya Kuliah yang Terjangkaustudyeu.org

Negara Norwegia juga menjadi salah satu tujuan belajar. Menjadi predikat negara paling bahagia, sistem pendidikan di Norwegia juga meng-cover biaya pendidikan dengan memberi banyak akses untuk memberi kemudahan bagi warga, termasuk siswa difabel lewat kebijakan pemerintahan negara.

Jadi, banyak kesempatan yang dimiliki warga untuk mengembangkan minat. Terlebih untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi pemerintah Norwegia memberikan biaya kuliah gratis. Kecuali biaya students residence permit (izin tinggal siswa) dengan kisaran Rp8,2 juta per tahun, seperti beberapa universitas di Norwegia berikut:

  • Norwegian University of Science and Technology
  • University of Oslo
  • Norwegian University of Life Sciences

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah Ini Sering Dipilih Oleh Perempuan, Kamu Juga?

3. Turki

5 Referensi Negara dengan Biaya Kuliah yang Terjangkaumastersdegree.net

Negara Turki yang dipimpin Presiden Erdogan ini juga menjadi salah satu negara yang memberikan biaya kuliah yang dapat dijangkau. Estimasi biaya pendidikan perguruan tinggi di sana berkisar 4-15 juta rupiah per tahun.

Memiliki biaya perkuliahan terjangkau menjadikan pendidikan di Turki berhasil menggaet partisipasi belajar hingga 98 persen warga negaranya. Beberapa kampus berikut dapat dijadikan pilihan untuk pendidikan perguruan tinggi di Turki:

  • Bosphorus University
  • Bahcesehir University
  • Selcuk University
  • Middle East Technical University

4. Rusia

5 Referensi Negara dengan Biaya Kuliah yang Terjangkauunsplash.com/ Jaunt and Joy

Negara berjuluk 'Negeri Beruang Putih' ini juga menawarkan pendidikan yang terjangkau untuk warganya. Rusia juga menyediakan beasiswa dan pertukaran pelajar bagi warga dunia yang ingin belajar dan mempelajari budaya Rusia.

Besaran biaya kuliah di Rusia yaitu rata-rata 5-17 juta rupiah per tahun, kampus berikut menjadi pilihan untuk besaran biaya kuliah terjangkau di Rusia:

  • Kemerov State University
  • Volgograd State Socio - Pedagogical University
  • Belgorod State University of Art and Culture

5. Spanyol

5 Referensi Negara dengan Biaya Kuliah yang Terjangkauedarabia.com

Negeri matador ini juga menjadi salah satu negeri yang menjadi tujuan pendidikan tidak hanya terkenal dengan wisatanya. Dilansir melalui id.educations.com, negara Spanyol menjadi negara ke-3 tujuan mahasiswa internasional untuk menimba ilmu.

Poin penting pertimbangan seperti iklim negara, silsilah pendidikan dan masakan negeri yang juga terkenal sepak bola itu menjadi salah satu daya tarik. Berkuliah di Spanyol juga menawarkan biaya kuliah yang terjangkau untuk pendidikan tinggi, yaitu berkisar 10-21 juta rupiah per tahun. Besaran biaya kuliah yang terjangkau menjadi pilihan universitas di Spanyol seperti:

  • University of Barcelona
  • Autonomous University of Madrid
  • University of Granada

Nah, itu dia lima rekomendasi negara dengan biaya kuliah murah dan terjangkau. Biaya kuliah yang dipandang mahal kini tidak lagi menjadi penghalang bahkan jika berkeinginan melanjutkan belajar di luar negeri, niat dan usaha menjadi hal terpenting agar tekad menjadi bulat untuk mulai action, bagaimana dengan kamu?

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Dipertimbangkan Ketika Memutuskan Kuliah di Perantauan

J.Sari Photo Community Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You