Comscore Tracker

Gak Suka Teori, 5 Tips buat Kamu yang Punya Gaya Belajar Kinestetik

Kamu termasuk?

Gaya belajar adalah cara kita menyukai, menikmati, dan merasa lebih efektif menerima materi saat proses belajar berlangsung. Umumnya ada tiga gaya belajar yang dimiliki setiap orang, yaitu visual, auditori dan kinestetik.

Pembelajar visual adalah mereka yang bisa menangkap materi lebih cepat lewat apa yang mereka lihat, sedangkan auditori lebih mudah menangkap pelajaran melalui indera pendengarnya, yang terakhir kinestetik yaitu mereka yang bisa cepat memahami pelajaran lewat gerakan atau simulasi yang nyata seperti praktik. Dengan mengetahui cara belajar yang tepat kamu akan lebih mudah untuk berprestasi.

Nah, kali ini kita akan dibahas bagaimana tips belajar bagi kamu pemilik gaya belajar kinestetik. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan dan dihindari? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Jangan memaksakan diri untuk melahap abis semua teori dalam sebuah catatan

Gak Suka Teori, 5 Tips buat Kamu yang Punya Gaya Belajar Kinestetikunsplash.com/@all_who_wander

Sesuatu yang tidak cocok dengan diri kalian tidak sepatutnya harus dipaksakan, oleh sebab itu kalian gak perlu memaksakan diri melahap abis semua teori. Karena pada dasarnya tipe pembelajar kinestetik itu lebih menyukai praktik ketimbang materi.

Jika memang dibutuhkan pemahaman tingkat tinggi dari sebuah materi, kamu bisa menghafalnya dengan cara kalian, bukan dengan catatan yang bikin kamu bosan.

2. Rajin melakukan pratik atau eksperimen dari materi yang kamu terima

Gak Suka Teori, 5 Tips buat Kamu yang Punya Gaya Belajar Kinestetikunsplash.com/@sickhews

Nah ini adalah bagian kesukaan kalian, betul gak? Pelajar yang memiliki gaya kinestetik cenderung aktif dan suka mengamati langsung dari apa yang mereka lihat. Kalau kamu menerima materi maka buatlah simulasi sederhana atau praktik agar informasi yang muncul nanti bisa lebih mudah untuk diingat.

Selain itu kamu termasuk orang yang gak mudah menyerah, sehingga semakin sulit tingkat praktik yang kamu kerjakan maka semakin besar juga keinginanmu untuk mengetahui apa isi di dalamnya. Jadi kamu bisa menciptakan proses belajar yang efektif sekaligus menyenangkan guys!

3. Manfaatkan gestur tubuh atau gerakan sederhana saat mengolah informasi

Gak Suka Teori, 5 Tips buat Kamu yang Punya Gaya Belajar Kinestetikunsplash.com/@musicfox

Selain praktik atau simulasi sederhana, kamu juga bisa memanfaatkan gerakan tubuh untuk membantu proses belajar. Misalnya dengan menghafal sesuatu yang dikaitkan pada bagian tubuh kalian membuat singkatan berdasarkan benda yang ada di sekelilingmu.

Karena kamu gak bisa menghafal dengan tenang, maka jangan malu atau takut untuk menghafal sambil berjalan atau menjetikkan jari.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Cerdas dan Hemat Waktu untuk Hasil Optimal

4. Kunjungi tempat edukasi untuk membantu proses belajar

Gak Suka Teori, 5 Tips buat Kamu yang Punya Gaya Belajar Kinestetikunsplash.com/@mparzuchowski

Tips ini pas banget buat materi sejarah yang sepertinya mustahil buat kita praktikkan ulang ya guys. Solusi dari belajar materi sejarah yang sering membosankan ini adalah dengan mengunjungi tempat edukasi yang berhubungan dengan pelajaran. Misalnya museum yang banyak tersebar di penjuru Nusantara. 

5. Ajak teman untuk belajar bersama agar lebih cepat menangkap materi

Gak Suka Teori, 5 Tips buat Kamu yang Punya Gaya Belajar Kinestetikunsplash.com/@mimithian

Para pemilik gaya belajar kinestetik ini sulit untuk belajar sendirian. Mereka butuh banyak interaksi yang ada dalam kegiatan belajar kelompok. Sesi tanya jawab dan simulasi maju satu persatu bersama teman sangat efektif dalam membantu proses belajar kalian. Karena dengan bantuan teman serta keramaian kamu lebih semangat untuk menaklukan pelajaran. 

Bagi kamu yang memiliki tipe belajar yang gak menyukai teori dan aktif banget bergerak di kelas, tips belajar di atas pasti membantu banget deh buat proses belajar kalian. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Apa Kamu Termasuk Orang Visual, Auditori atau Kinestetik?

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 15:15:05

Progress: 767.738 dari 813.350 TPS (94.39208%)

Just For You