Comscore Tracker

Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!

Biar UTBK semakin lancar

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 12 April mendatang. UTBK ini merupakan salah satu jalur untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diikuti oleh lebih dari tujuh ratus siswa se-Indonesia. Dengan nilai hasil UTBK, kamu dapat mendaftar di jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Hayo siapa di sini yang udah daftar UTBK SBMPTN? Buat kamu yang mau UTBK pasti mau banget kan dapetin hasil yang maksimal? Buat dapetin hasil yang baik, persiapannya juga harus matang dong, yuk simak hal-hal yang wajib banget kamu persiapkan di bawah ini.

1. Kuasai materi ujian yang kamu ambil

Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!Unsplash/Alexis Brown

Tahun ini ada 3 kelompok ujian yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Peserta dengan kelompok ujian saintek menitikberatkan pada pelajaran fisika, biologi, dan kimia. Sedangkan untuk kelompok ujian soshum yaitu ekonomi, geografi, dan sosiologi. Dan yang terakhir, untuk kelompok ujian campuran adalah kombinasi dari keduanya.

Kamu dapat melatih kemampuan belajarmu dengan memahami materi-materi yang berhubungan dengan kelompok ujian yang kamu pilih. Kamu juga bisa mematangkannya dengan mengikuti try out UTBK di sosial media instagram maupun aplikasi bimbel lainnya.

2. Jaga kesehatan tubuh

Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!unsplash.com/anniespratt

Di masa pandemi COVID-19 ini tentu sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan. Dan perlu diingat buat kamu para peserta UTBK 2021, jika terbukti terkonfirmasi COVID-19 maka kamu tidak bisa mengikuti UTBK. Hal tersebut sudah menjadi peraturan dari LTMPT dan tidak bisa diganggu gugat.

Sayang banget kan kalo udah persiapan matang tapi malah gagal ikut UTBK karena COVID-19? Yuk mulai sekarang jaga kesehatan tubuh kamu dengan istirahat cukup, makan bergizi seimbang, serta tetap mematuhi protokol kesehatan ya. Usahakan jangan banyak keluar rumah jika tidak terlalu penting.

Baca Juga: Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar Lolos

3. Perbanyak berdoa

Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!unsplash.com/olivia_snow

Sebuah usaha tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan doa. Apapun keyakinanmu, jangan pernah meragukan kuasa Tuhan ya, karena apa yang terjadi padamu itu adalah campur tangan dari Tuhanmu.

Mari dekatkan diri dengan Tuhan agar impian dan kerja kerasmu bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Survei tempat UTBK yang kamu pilih

Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!instagram.com/univ_indonesia

Sebelum hari H kamu ujian, pastikan dulu kamu benar-benar memahami dengan baik tempat ujianmu. Jangan sampai datang terlambat, itu akan membuat pengawas melarangmu masuk ruang ujian. Kamu harus hadir 1 jam sebelum ujian mulai!

Kamu juga harus memerhatikan prosedur pelaksanaan ujian di tempatmu ujian nanti, seperti wajib atau tidaknya membawa hasil swab COVID-19.

5. Berpikir positif

Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!unsplash.com/kyledevaras

Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Kalau kamu berpikir negatif maka yang terjadi juga akan negatif. Begitu pun sebaliknya, jika kamu berpikir positif maka yang terjadi juga akan positif. Berprasangka baik pada diri sendiri itu perlu, optimis itu kunci sebuah kesuksesan. Yakinlah bahwa kamu bisa!

Tips dalam mempersiapkan UTBK agar berjalan lancar bisa kamu terapkan, ya. Semoga dapat membantu. Jangan lupa dilakukan, ya. Semangat!

Baca Juga: Pendaftaran Peserta UTBK-SBMPTN Dibuka Mulai Hari Ini

uma_ nihhh Photo Verified Writer uma_ nihhh

suka sama banyak hal, tapi ga suka kamu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya