Comscore Tracker

Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!

Belajar terus, pantang mundur

Belajar sering kali menjadi beban bagi para pelajar. Mereka malas untuk berlama-lama mengerjakan latihan soal, membaca berbagai referensi, atau mendengarkan guru di sekolah. Padahal, belajar itu punya banyak manfaat. Wawasanmu semakin bertambah, otak terasah, dan terbiasa dengan kompetisi.

Selain banyak manfaatnya, belajar itu juga seru lho! Gak percaya? Ini alasan kenapa belajar itu sebenarnya seru!

1. Belajar itu seperti main game. Ada tantangan, ada level, dan ada pula goals!

Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!pixabay/JEshoot

Ketika main game, kamu bakal berusaha selalu naik level dan mencapai garis finish. Untuk mencapai tujuan tersebut, pastinya banyak rintangan yang harus kamu lalui. Ada proses jatuh bangun.

Belajar pun sama. Kamu belajar untuk mendapatkan tujuan. Misalnya, agar mendapat nilai bagus, untuk masuk rangking 10 besar, atau sebagai kepuasan pribadi. Apa pun itu tujuanmu, ketika kamu mengganggap belajar seperti sebuah game, pasti belajar jadi hal yang seru.  

2. Proses di mana kita tidak mengetahui sesuatu hingga akhirnya berhasil memahaminya, itu nagih banget lho!

Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!pexels/rawpixel

Kamu pernah tidak mengerti soal matematika? Lalu, apakah kamu mempelajarinya dan berhasil memecahkan soal tersebut? Apa yang kamu rasakan? Pasti ada rasa puas dan bangga. Tentunya, kamu juga ingin memecahkan lebih banyak lagi soal yang serupa.

Nah, perasaan-perasaan seperti itu nagih banget dalam proses belajar! Ketika kita tidak mengetahui sesuatu, kita berusaha untuk mencari jawabannya sampai kita mengerti. Malah, kita tertarik mempelajari hal lain agar bisa mendapatkan tantangan yang lebih.

3. Kalau berhasil menguasai pelajaran tertentu, kamu bisa berbagi ilmu yang bermanfaat ke orang banyak

Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!edutopia.org

Ketika berhasil menguasai apa yang dipelajari, kamu bisa membagikan pengetahuanmu ke banyak orang. Ini akan berimbas pada meningkatnya keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi.

Kalau kita berbagi ilmu ke banyak orang, gak hanya membuat orang lain senang belajar saja. Ilmu yang ditularkan tersebut, juga semakin melekat dalam otak kita. Saling untung, kan?

Baca Juga: 5 Idol Kpop Ini Mengajarkan Kita Semangat Belajar Sepanjang Hayat!

4. Dari transfer ilmu ke banyak orang, kamu bisa lebih banyak dapat koneksi dan juga ehm... uang!

Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!pexels/rawpixel

Dengan transfer ilmu ke banyak orang, kamu bisa mendapat koneksi baru dan berdiskusi dengan orang-orang. Semakin banyak koneksi, semakin banyak manfaat yang bisa diambil di kemudian hari.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah apa yang dipelajari jadi uang lho! Misalnya, kamu pintar bahasa Inggris. Maka, kamu bisa menjadi tutor bahasa Inggris. Makin pintar, makin untung juga kan?

5. Ketika mendengar kata belajar, banyak orang hanya berpikir mempelajari hal-hal akademik. Padahal, belajar itu bisa dari segala aspek kok!

Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!pexels/Julian Jagtenberg

Mendengar kata 'belajar', banyak orang akan langsung berpikir hal-hal akademik. Misalnya, ilmu matematika atau sains. Padahal, belajar itu luas banget. Setiap kesempatan dan pengalaman bisa kita jadikan pelajaran. Ambil apa yang baik, buang yang buruk, dan terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Karena itu, belajar juga seru, apalagi pelajaran hidup.

Jadi belajar ternyata seru, kan? Jangan dipikir bebannya, tapi tuailah manfaatnya!

Baca Juga: Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancar

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Just For You