Comscore Tracker

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktik

Yuk, pelajari!

Apakah kamu tertarik dengan budaya Jepang? Tentunya, kamu perlu mempelajari bahasa-bahasa dasar Jepang seperti ucapan salam dan perpisahan.

Kalau kamu tertarik mempelajarinya, gak perlu bingung. Berikut kami rangkum ucapan salam dan perpisahan yang umum digunakan masyarakat Jepang.

1. Ohayō [おはよう]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikpexels/Satoshi

Ohayō [おはよう] adalah kalimat salam dalam bahasa Jepang yang bermakna 'selamat pagi'. Salam ini biasa diucapkan seseorang yang akrab atau sederajat.

Selain itu, ada juga ohayō gozaimasu [おはよう ございます]. Sama-sama bermakna 'selamat pagi', kalimat ini adalah bahasa formal dari ohayō.

2. Konnichiwa [こんにちは]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikunsplash/Priscilla du Lupez

Konnichiwa [こんにちは] adalah merupakan selamat siang atau sore dalam bahasa Jepang. Selain itu, salam ini juga sering diucapkan sebagai "hai" atau "halo" saat bertemu sapa.

3. Konbanwa [こんばんは]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikunsplash/Lan Pham

Selanjutnya adalah konbanwa [こんばんは]. Salam ini diucapkan ketika hari sudah gelap sehingga bermakna 'selamat malam' dalam bahasa Indonesia.

4. Oyasumi nasai [お休みなさい]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikpexels/Ketut Subiyanto

Serupa dengan konbanwa [こんばんは], oyasumi nasai [お休みなさい] juga merupakan ucapan salam di malam hari. Meskipun begitu, ucapan ini lebih ditujukan kepada seseorang yang akan tidur atau lebih tepatnya ucapan 'selamat tidur.'

5. Sayōnara [さようなら]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikpexels/Satoshi

Sayōnara [さようなら] adalah salam yang cukup familiar di Indonesia. Salam ini bermakna 'selamat tinggal'. Namun, salam ini diucapkan apabila seseorang benar-benar akan berpisah dan tidak akan bertemu untuk waktu yang lama.

Baca Juga: 12 Kata Bahasa Korea Ini Mirip dengan Bahasa Indonesia. Awas Tertukar!

6. Mata aimashō [また会いましょう]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikunsplash/bantersnaps

Sama-sama diucapkan ketika berpisah, mata aimashō [また会いましょう] lebih bermakna 'sampai berjumpa lagi' dalam bahasa Jepang. Kita juga bisa mengucapkan mata ashita [また あした] untuk kalimat 'sampai jumpa besok!'.

Bedanya dengan mata aimashō adalah mata ashita mengandung arti jika akan ada pertemuan lagi di esok hari. Sementara mata aimashō digunakan jika kita belum tahu kapan akan bertemu lagi.

7. Ittekimasu [いってきます]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikpexels/Son Bom

Selanjutnya, ittekimasu [いってきます] dipakai ketika seseorang akan pergi atau keluar dari rumah. Dalam bahasa Indonesia, ucapan ini bermakna 'saya pergi' kepada seseorang yang sederajat atau akrab.

Ittekimasu bisa digunakan jika kamu akan pergi dan akan kembali lagi. Misalnya, pergi ke sekolah, pergi bekerja, atau aktivitas lainnya di luar rumah yang nantinya akan kembali lagi.

Untuk bentuk formal dari ittekimasu, ada ittemairimasu [行ってまいります]. Salam perpisahan ini biasa diucapkan pada seseorang yang lebih tua atau lebih terhormat.

8. Itterashai [いってらっしゃい]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikunsplash/Joey Huang

Ketika seseorang mengucapkan ittekimasu [いってきます] atau ittemairimasu [行ってまいります], maka orang yang tinggal akan membalasnya dengan itterashai [いってらっしゃい].

Dalam bahasa Indonesia, salam ini serupa dengan 'pergilah dan cepat kembali!' Dalam konteks perpisahan, itterashai juga bermakna 'hati-hati.

9. Ki wo tsukete [気を付けて]

Ungkapan Salam & Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Bisa Langsung Praktikunsplash/Dovile

Terakhir, ki wo tsukete [気を付けて] adalah ucapan perpisahan yang bermakna "jaga dirimu baik-baik". Namun, selain untuk ucapan perpisahan, kata ini juga bisa menjadi pengingat agar seseorang berhati-hati.

Ya, ki wo tsukete juga berarti 'hati-hati'. Misalnya, ketika kamu melihat seseorang sedang mengiris bawang dengan pisau. Supaya tangannya tidak terkena pisau, kamu mengingatkannya dengan kata ki wo tsukete.

Itu tadi 9 ungkapan salam dan perpisahan dalam Bahasa Jepang. Yuk, pelajari biar bisa lebih gaul!

Baca Juga: 12 Kosakata Korea yang Sering Muncul dalam Drakor beserta Artinya

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya