Comscore Tracker

Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! 

#IDNTimesLife jangan lagi belajar karena disuruh

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia. Program ini menggantikan sistem pendidikan konvesional untuk menciptakan suasana baru dalam belajar dengan bahagia bagi guru maupun siswa.

Tak hanya untuk pendidikan formal, sesungguhnya kita pun wajib memiliki mindset Merdeka Belajar lho! Dalam Paragon Innovation Summit, di sesi "Innovation and Collaboration in Learning to Accelerate Transformation", Sabtu (27/3/2021), tiga narasumber hebat dari bidang pendidikan berbagi pandangannya tentang merdeka belajar.

1. Tahu tujuanmu belajar dan memiliki komitmen

Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! dok. Paragon

Selama 12 tahun bersekolah, apakah kamu tahu tujuanmu dalam belajar? Apakah hanya sebatas untuk lulus atau mungkin hanya agar mendapat pekerjaan yang layak? 

Menurut Najelaa Shihab, Founder "Semua Murid Semua Guru", tujuan belajar sangat penting untuk mewujudkan merdeka belajar. Ketika seseorang memiliki tujuan yang jelas, maka ia pun lebih mampu berkomitmen untuk belajar.

"Komitmen itu penting untuk mencapai tujuan. Tapi, ternyata langka lho orang-orang yang tahu tujuan mereka belajar. Kalau kita tanya, orang-orang suka bilang mereka belajar karena disuruh guru. Itu tujuan yang kurang solid," terangnya.

2. Mandiri

Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! dok. Paragon

Mandiri di sini tak hanya berarti seseorang mampu mencari ilmu pengetahuan sendiri. Menurut Najelaa, kita harus mampu untuk bertindak dengan tepat saat menghadapi masalah.

"Mandiri berarti kalau bertemu masalah itu gak menyalahkan orang lain atau nunggu orang lain untuk menyelesaikan masalahnya," lanjut kakak Najwa Shihab ini.

3. Refleksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kita

Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! dok. Paragon

Najelaa juga menambahkan refleksi sebagai poin penting merdeka belajar. Refleksi di sini artinya kita harus menyadari diri kita secara mendalam. Tujuannya supaya kita mampu mengatur strategi terbaik untuk mencapai tujuan.

"Refleksi berarti tahu keunikan kita apa, kelebihan dan kekurangan kita apa. Lalu memikirkan strategi untuk lebih baik setiap hari," ungkapnya.

Baca Juga: Paragon Innovation Summit 2.0: Ajang Pertemuan Inovator Indonesia 

4. Beradaptasi dengan perubahan

Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! dok. Paragon

Turut hadir dalam acara, Raline Shah menambahkan bahwa kemampuan beradaptasi terhadap perubahan juga diperlukan untuk mewujudkan merdeka belajar. Kemampuan adaptasi inilah yang akan membuat kita selalu betahan.

"Saya mengutip dari Darwin bahwa yang bertahan bukan yang paling kuat dan paling pintar, tapi yang paling adaptif. Bagaimana cara adaptif, ya harus selalu belajar, mencari tahu," papar pemain film 5cm ini.

5. Aktif berkolaborasi

Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! dok. Paragon

Terakhir, Presiden Direktur Binar Academy sekaligus mantan Vice President of Product GOJEK, menekankan pentingnya kolaborasi dalam merdeka belajar. Hal ini terutama dibutuhkan dalam membawa perubahan.

"Menurutku, ini bukan lagi zamannya kompetisi, tapi kolaborasi. Saya percaya setiap orang punya value masing-masing dan kalau kita gabungkan akan menjadi sesuatu yang lebih baik," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Lowongan Kerja Terkini di Bidang Marketing, Ada Shopee dan Paragon!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya