Comscore Tracker

5 Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Orangtua Bangga!

Bangun study habit, nilai bagus sendirinya akan mengikuti

Saat baru lulus sekolah kamu pasti semangat sekali untuk menginjakkan kaki di bangku kuliah. Bertemu dengan orang-orang baru, mempelajari hal baru, tak lagi harus memakai seragam, dan berbagai hal cool lain yang sudah kamu bayangkan akan dilalui selama kuliah.

Sayangnya, tugas yang seperti gak ada habisnya dan bikin stres kerap membuat semangat yang tadinya menggebu-gebu jadi hilang. Kamu jadi melupakan tanggung jawab sebagai mahasiswa sehingga sering malas-malasan.

Gak mau, kan, orangtua sudah berkorban untuk memasukkanmu ke pendidikan tinggi demi melihat anaknya punya masa depan sukses jadi sia-sia? Maka dari itu, yuk coba praktikan lima langkah di bawah ini agar kamu bisa jadi mahasiswa yang bertanggung jawab.

1. Pahami kalau pendidikan tinggi itu sebuah nikmat yang patut disyukuri

5 Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Orangtua Bangga!ilustrasi mahasiswi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak semua orang, lho, bisa beruntung mengenyam perkuliahan. Kamu termasuk segelintir orang terpilih yang dapat kesempatan besar itu. Makanya, nikmat ini semestinya disyukuri.

Dalam perjalanannya bila terasa lelah, maka anggap hal itu sebagai sebuah proses yang mesti dilewati. Jika kesadaran ini sudah ditanamkan, kamu gak lagi melihat tugas menumpuk sebagai hukuman, melainkan jalan untuk menempamu jadi pribadi yang sukses di masa depan.

2. Bangun kebiasaan belajar

5 Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Orangtua Bangga!ilustrasi sedang belajar (pexels.com/Julia M Cameron)

Hal yang sudah jadi kebiasaan maka akan lebih mudah dilakukan, karena gak butuh banyak energi untuk memulainya. Untuk itu, cobalah bangun kebiasaan baik selama perkuliahan.

Misalnya, selalu datang tepat waktu. Gak pernah absen menghadiri perkuliahan jika memang gak ada alasan mendesak. Selalu mengerjakan tugas tanpa menunda-nunda. Kalau habits ini sudah terbentuk, maka nilai bagus akan sendirinya mengikuti.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadan untuk Mahasiswa

3. Jadilah pribadi yang mandiri

5 Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Orangtua Bangga!ilustrasi membereskan tempat tidur (pexels.com/cottonbro)

Menjadi mahasiswa bertanggung jawab gak hanya persoalan mendapat nilai bagus aja, lho. Tapi juga mengenai pelajaran hidup yang dapat kamu ambil selama menjadi mahasiswa. Salah satunya kemandirian.

Bila kamu sedang ngekos, maka cobalah bersihkan kamarmu sendiri. Jangan sampai karena hidup terpisah dari orangtua jadi bisa seenaknya aja. Begitu pun ketika kamu masih seatap dengan orangtua, tetap bantu tugas rumah seperti menyapu lantai atau mengepel. Mereka akan senang, lho.

4. Pilih lingkaran pertemanan dengan bijaksana

5 Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Orangtua Bangga!ilustrasi belajar bareng (pexels.com/Keira Burton)

Saat kuliah bisa jadi kamu akan bertemu dengan teman dekat dulu dan tetap mempertahankan lingkaran pertemanan dengannya atau bisa pula berisi dengan orang-orang baru. Dengan siapa pun kamu bergaul, sebaiknya pilih lingkaran pertemananmu dengan bijaksana, ya.

Sudah bukan rahasia lagi pergaulan itu berpengaruh besar terhadap kehidupan. Hindarilah teman yang malah mendorongmu jadi mahasiswa yang malas-malasan dan rangkul mereka yang dapat membuatmu tetap semangat untuk kuliah.

5. Selalu jujur pada orangtua

5 Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bertanggung Jawab, Orangtua Bangga!ilustrasi orangtua melihat anak sarjana (pexels.com/Feedyourvision)

Kalau kebetulan nilai semester ini sedang jeblok, jujur saja pada orangtua. Sambil dicari penyebabnya. Mungkin kamu terlalu lelah, sehingga butuh istirahat yang cukup atau setelah menjalani semester ini kamu sadar kalau ini bukan bidangmu.

Apa pun masalahnya, ungkapkan ke orangtua kondisi sebenarnya. Cobalah cari penyelesaian terbaik karena berbohong hanya akan menimbulkan masalah baru, lho.

Bila poin-poin tadi sudah kamu terapkan, berapa pun nilai yang kamu dapat pasti akan membuat orangtuamu bangga. Mereka akan melihat perkembanganmu menjadi pribadi yang lebih dewasa. Sebab kuliah bukan semata-mata tentang nilai. Tapi, jalan untuk belajar mengenai kehidupan. Setuju?

Baca Juga: Mahasiswa, Miliki 5 Sikap Ini agar Dirimu Lebih Berkembang

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya