Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Tenggang Rasa? Ini Pengertiannya

Di tengah banyak perbedaan, inilah penyelamatnya!

Jika membahas tentang kondisi pada hari-hari ini, banyak sekali bermunculan hal-hal yang sebenarnya dulu tabu dibicarakan. Seperti masalah relationship, perbedaan agama, orientasi seksual, kesetaraan gender, dan sebagainya. Banyak pihak yang merasa hak asasinya semakin diperjuangkan dan bisa di dengar oleh banyak pihak.

Tetapi tak sedikit pula pihak yang merasa kontra akan pembahasan yang sangat sensitif. Semua kembali lagi kepada individu masing-masing. Tetapi, dibalik semua itu ada sikap yang namanya tenggang rasa. Tenggang rasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sikap dapat atau ikut menghargai perasaan orang lain.

Dalam hari-hari ini, tenggang rasa dapat diartikan sebagai sikap saling menghargai perbedaan tanpa menyakiti pihak yang dirasa berbeda. Rasanya ini merupakan bentuk tenggang rasa tertinggi, di balik semua perbedaan yang sebenarnya sudah ada dalam masyarakat. 

Baca Juga: Menag: Penggunaan Pengeras Suara Masjid Harus Ada Tenggang Rasa

Tenggang rasa bukan kewajiban, melainkan pilihan yang akan menghasilkan manfaat 

Apa yang Dimaksud dengan Tenggang Rasa? Ini PengertiannyaIlustrasi hubungan sosial (pixabay.com/Michael4Wien)

Nah, setelah kamu mengerti apa itu tenggang rasa, maka untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, semua terganggu pada dirimu. Sekali pun pelajaran di sekolah mengharuskan kamu untuk bertenggang rasa, tetapi tanpa kemauan dalam diri sendiri untuk mengamalkannya, maka akan sia-sia saja.

Tetapi, jika kamu tidak melakukan tenggang rasa di tengah pergaulan, maka pasti semua hubungan sosial yang dijalani pasti terganggu. Karena perbedaan akan selalu ada dalam setiap aspek kehidupan manusia.

Nah, sebenarnya apa saja bentuk pengamalan dari tenggang rasa yang bisa dicoba dalam kehidupan sehari-hari?

  • Tidak mengucapkan perkataan yang menyinggung komunitas tertentu secara sengaja;
  • Mau secara sadar menolong teman yang terkena musibah;
  • Menunjukkan kesopanan saat menghadapi orangtua atau orang lain yang dianggap terhormat;
  • Menghargai hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari;
  • Dan lain-lain.

Sementara itu dengan mengamalkan tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada manfaat yang dapat kamu rasakan, contohnya:

  • Tercipta kerukunan antar manusia dan hubungan sosial;
  • Mempertebal rasa toleransi dalam perbedaan menjalani hidup;
  • Dapat mencapai cita-cita bersama, karena memiliki satu tujuan tanpa melihat perbedaan.

Jadi, apakah kamu mau menciptakan rasa tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari? Memang tidak mudah, namun seiring berjalannya waktu, kamu akan sadar bahwa memiliki hubungan yang baik akan jauh lebih indah ketimbang mempermasalahkan satu hal saja yang membuat berbeda. 

Baca Juga: Tumbuh di Lingkungan Multi Ras & Agama, Saya Belajar Tenggang Rasa

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya