Comscore Tracker

Jadi Hobi Mayoritas, Ngerti Gak Arti Menyanyi Sebenarnya?

Suara kamu oke, nyanyinya pasti bagus dong?

Hayo, siapa di antara kamu yang memiliki hobi bernyanyi dan paling suka menggunakan aplikasi karaoke online atau pergi ke tempat karaoke? Menyanyi bisa dikatakan sebagai hobi mayoritas orang. Walau tidak semua percaya diri sama suara yang dimiliki, namun asal bisa mengeluarkan suara, sudah bisa menyenangkan hati.

Sebenarnya apa sih menyanyi itu? Menyanyi adalah sebuah kegiatan mengeluarkan suara dengan teknik pernapasan sehingga mampu mengeluarkan berbagai suara vokal. Nah, menyanyi ini ternyata juga bisa menjadi sarana mengungkapkan ekspresi dari sebuah emosi tertentu, lho. Pantas saja banyak orang yang hobi menyanyi, ya. 

Baca Juga: 12 Film Hollywood Bertema Musikal, Bikin Pengin Menyanyi!

Tidak cuma sekadar bersuara, menyanyi yang benar memerhatikan teknik juga, lho

Jadi Hobi Mayoritas, Ngerti Gak Arti Menyanyi Sebenarnya?ilustrasi menyanyi (pixabay.com/quimuns)

Penyanyi merupakan sebuah profesi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tidak ada seseorang yang tidak bisa bernyanyi, hanya saja teknik dan penyampaian setiap orang berbeda-beda. Tetapi, ada beberapa teknik yang pastinya harus dikuasai ketika hendak bernyanyi secara profesional, yaitu:

  • Teknik artikulasi, dimana kamu harus memperhatikan setiap pengucapan lirik dengan benar. Karena kadang ada lagu dengan tempo yang cepat, sehingga kejelasan artikulasi berguna untuk menyampaikan lagu ke pendengar;
  • Teknik intonasi, dimana kamu harus berlatih menentukan tinggi atau rendahnya suatu nada dalam sebuah lagu. Biasanya pada bagian reff, nada akan semakin naik, dan ini perlu latihan untuk beralih dari nada rendah ke tinggi;
  • Teknik resonansi, dimana teknik ini mengharuskan kamu untuk seolah mengembalikan bunyi dan menimbulkan efek gema. Teknik ini lumayan sulit dan harus membutuhkan jam terbang tinggi;
  • Teknik pernapasan, dimana teknik ini sangat berpengaruh terhadap kekuatan kamu dalam mempertahankan nada alias tidak fals. Selain itu, teknik ini juga akan membantu kamu untuk teknik miking;
  • Teknik penampilan, dimana kamu harus memperhatikan sikap saat bernyanyi di panggung. Sikap tubuh yang benar juga akan memperlancar pernapasan dan juga membuatmu dapat dihargai hadirin.

Jadi, untuk bernyanyi dengan kaidah memerlukan pengertian teknik di atas. Tak apa jika kamu sekadar ingin bernyanyi. Karena sejatinya semua dapat dipelajari dan jam terbang akan membantu dalam mempelajari teknik yang ada. 

Baca Juga: 10 Potret Ikke Nurjanah Nyanyi di Panggung Hajatan Sederhana

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya