Comscore Tracker

Mengenal Jenis dan Fungsi Transformator dalam Keseharian

Sudah pernah dengar alat yang satu ini?

Bagi kamu yang baru mendengar kata transformator, mungkin saja berpikir bahwa transformator adalah sosok yang melakukan transformasi. Namun, pengertian secara harfiah transformator adalah sebuah alat yang difungsikan sebagai pengubah arus bolak-balik (AC). Memang dalam kesehariannya, alat ini disebut sebagai trafo.

Lantas bagaimana cara kerja trafo ini? Prinsip kerjanya adalah induksi elektromagnetik atau yang kita ketahui sebagai hukum Faraday. Jadi, di dalam transformator ada kumparan primer yang akan dihubungkan ke sumber. Sedangkan kumparan sekunder akan dihubungkan ke beban. Nah, jumlahnya ini akan disebut ideal jika daya listrik di kumparan primer sama dengan di kumparan sekunder.

Baca Juga: Heboh Trafo PLTG Bekas Asian Games di Palembang Meledak

Jenis, fungsi, serta contoh trafo dalam kehidupan sehari-hari 

Mengenal Jenis dan Fungsi Transformator dalam Keseharianilustrasi tiang listrik (pixabay.com/Ray_Shrewsberry)

Transformator sendiri terdapat beberapa jenis. Dari jenis-jenis inilah yang kemudian akan berbeda secara fungsinya. Adapun jenis trafo yang ada dalam kehidupan sehari-hari:

  • Trafo Step Up, merupakan jenis yang sering digunakan untuk alat elektronik seperti menaikkan tegangan AC;
  • Trafo Step Down, merupakan jenis trafo yang digunakan untuk menurunkan tegangan listrik dari alat elektronik, misalnya saja trafo 1A, 2A, dan seterusnya;
  • Trafo Daya, merupakan jenis trafo yang ada pada stasiun pembangkit listrik atau gardu listrik;
  • Trafo PLN, merupakan jenis trafo yang digunakan oleh perusahaan listrik negara yang memiliki banyak fungsi untuk distribusi listrik masyarakat;
  • Trafo Isolasi, merupakan jenis trafo yang digunakan untuk mengubah tegangan DC menjadi AC, tapi dengan jumlah tegangan yang sama;
  • Dan lain-lain.

Transformator tentu memiliki fungsi yang besar dalam berfungsinya sebuah alat elektronik atau dalam arus listrik sebuah komponen listrik yang besar. Penyebab alat elektronik bisa terbakar diakibatkan karena arus pusar yang masuk serta keluar dari inti besi sehingga trafo kehilangan daya dan memunculkan energi panas. Jadi, sekarang kamu sudah mengetahui jenis dan fungsi trafo, 'kan?

Baca Juga: Banjir Hebat, PLN Terpaksa Padamkan 330 Unit Trafo di Aceh Utara

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya