Comscore Tracker

Kata Kunci: Gagasan dari Penjelas, Ciri, dan Contohnya 

Pernah perhatikan detail dari kata kuncinya?

Menurut Widjono HS, kata kunci memiliki pengertian kata atau frasa atau konsep yang digunakan sebagai kunci untuk menghubungkan ke dalam suatu informasi yang disampaikan. Dalam arti yang sama, kata kunci adalah kata yang digunakan untuk menelaah sesuatu secara lebih detail. 

Kamu tentunya sering menggunakan kata kunci untuk mencari sesuatu hal. Karena hidup di zaman teknologi yang bisa mengakses internet dengan mudah, biasanya kata kunci ini digunakan sebagai bahan pencarian terhadap sesuatu hal. Sehingga dengan memasukkan kata kuncinya, maka dirimu bisa mendapatkan akses informasi yang lebih menyeluruh.

Baca Juga: 12 Kata Bahasa Indonesia yang Sering Salah Penulisan, Apa Saja?

Bagaimana menemukan kata kunci, serta ciri, dan contoh yang bisa dilakukan saat hendak melakukan sesuatu

Kata Kunci: Gagasan dari Penjelas, Ciri, dan Contohnya ilustrasi artikel online (pixabay.com/StockSnap)

Tentunya setelah memahami arti kata kunci itu, maka selanjutnya adalah membahas tentang apa saja yang merujuk kata kunci, seperti ciri-ciri. Berikut adalah ciri-ciri dari kata kunci:

  • Terdiri dari satu atau dua suku kata yang singkat dan jelas, tidak membentuk sebuah kalimat;
  • Mengandung kata yang khas, karena kata kunci harus mudah diingat;
  • Mampu mendekripsikan sebuah kalimat secara menyeluruh;
  • Kata yang lumayan sering diulang dalam sebuah paragraf.

Dalam sebuah kalimat atau paragraf, biasanya mengandung kata kunci. Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana mencari kata kunci dari sebuah kalimat atau paragraf, berikut adalah contohnya:

  • Ibu pergi ke pasar tadi pagi, maka kata kuncinya adalah ibu dan pasar; 
  • Aldiron makan nasi goreng di dapur, maka kata kuncinya adalah Aldiron dan nasi goreng;
  • "Artikel life merupakan artikel yang populer di kanal IDN Times Community. Banyak penulis artikel life yang sudah berhasil diterbitkan artikelnya oleh para editor. Sebagai salah satu kanal yang populer, artikel life juga mampu mengundang banyak pembaca karena banyak millenial yang merasa relate dengan artikel life." Maka, kata kunci dari paragraf tersebut adalah artikel life karena sering disebut dalam penggalan paragraf tersebut.

Walau terkesan sama, kata kunci dan ide pokok dari sebuah paragraf itu berbeda. Kalau kata kunci lebih menekankan kata yang memang menjadi fondasi dalam sebuah kalimat atau paragraf, maka ide pokok merupakan kalimat pemikiran yang bersifat umum dalam sebuah paragraf. Jadi, jangan sampai keliru lagi, ya!

Baca Juga: 6 Kata Bahasa Indonesia yang Alami Penyempitan Makna

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya