Comscore Tracker

5 Tips Membuat 'Kata Penyedap' Buat Judul Artikel Biar Antimainstream

Judul yang unik pasti bakal menarik pembaca, deh

Dalam menulis sebuah artikel, judul memiliki peranan penting sekaligus faktor yang menentukan apakah artikel itu akan laku atau tidak di pasaran. Maka dalam pembuatan judul, tidak bisa dilakukan sembarangan.

Kalian butuh bumbu di dalam judul tersebut agar dapat mengulik keinginan orang untuk membaca. Bagaimana cara membuat bumbu tersebut?

1. Pilih 2 buah penyedap judul di awal dan di akhir baris judul

5 Tips Membuat 'Kata Penyedap' Buat Judul Artikel Biar Antimainstreampixabay.com/markusspiske

Karena jumlah kata maksimal dalam 1 baris judul hanya 60 karakter, maka kalian harus pandai dalam mengolah judul yang menarik. Setelah menentukan topik bahasan utama dalam judul, berikanlah bumbu penyedap kata di dalamnya. 

Misalnya kalian menulis tentang k-drama. Topik utamanya "perselingkuhan". Judulnya seperti ini, "Tak Selalu Romantis, 5 KDrama Bertema Perselingkuhan, Bikin Kesel!".

Pemilihan kata "Tak Selalu Romantis" dan "bikin kesel" adalah bumbu penyedap dalan judul tersebut. Jelas kalian merasakan perbedaannya ketika hanya menuliskan judul "5 K-drama Bertema Perselingkuhan". 

2. Pilih kata yang mendukung dan meyakinkan judul inti

5 Tips Membuat 'Kata Penyedap' Buat Judul Artikel Biar Antimainstreampixabay.com/StockSnap

Kata atau kalimat penyedap dalam judul juga jangan sekadar jadi pajagan yang hanya bikin panjang judul kalian, namun harus bisa menjadi kalimat pendukung dan meyakinkan pembaca bahwa artikel kalian memang menarik. 

Meyakinkan pembaca bisa dilakukan dengan menuliskan kalimat ajakan seperti "Pria Wajib Baca", "Sudah Tau Belum?", dsb. Kadang membuat pertanyaan di akhir sebuah judul dapat meningkatkan kekepoan pembaca dan itulah yang kalian harapkan, bukan?

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dihindari Saat Baru Mulai Menulis Artikel 

3. Pemilihan kata atau kalimat tetap harus universal

5 Tips Membuat 'Kata Penyedap' Buat Judul Artikel Biar Antimainstreampixabay.com/geralt

Di dalam membuat sebuah bumbu, terkadang kalian suka kebablasan karena saking kreatifnya meracik judul yang menarik. Namun, jangan lupakan bahwa pembaca kalian tidak hanya dari daerah tertentu, namun seluruh Indonesia.

Jika ingin memasukkan subyek dalam judul, misalnya kalian atau kamu, hindari kata "lo, loe, ente, dsb" yang mana kata itu juga kurang etis bagi pembaca. Niatannya, sih mau terkesan dekat, namun sebaiknya hal ini dihindari, ya. Tetap gunakan bahasa Indonesia yang universal agar semua pembaca jelas dengan judul kalian.

4. Pilih kata penyedap yang kontradiktif

5 Tips Membuat 'Kata Penyedap' Buat Judul Artikel Biar Antimainstreamendeavor.org.br

Kontradiktif disini artinya 2 kalimat penyedap ini harusnya bersifat kontra. Misalnya "5 Hal Konyol yang Harusnya Kamu Syukuri Bila Terjadi". Konyol, tapi kok disyukuri? Nah, ini secara gak langsung akan membuat orang tertarik membaca judul kalian. 

Kalian harus benar-benar jeli mengangkat topik yang kontradiktif agar bisa menarik pembaca, namun juga memberikan pesan moral di dalam kontra tersebut. Gimana, sudah dapat bayangannya?

5. Jangan takut untuk "nyeleneh"

5 Tips Membuat 'Kata Penyedap' Buat Judul Artikel Biar Antimainstreamexcecutivestyle.com.au

Yang terakhir janganlah kalian takut untuk menciptakan judul yang "nyeleneh". Memang tidak semua judul kalian saat publish sesuai dengan judul awal saat kalian submit artikel tersebut. Namun, setidaknya itu bisa menjadi senjata kalian untuk menarik perhatian editor. Jadi, jangan tutupi kreatifitasmu dengan ketakutan, ya!

Nah itu dia guys, 5 tips membuat kalimat atau "kata penyedap" dalam sebuah judul. Selamat mencobanya, ya!

Baca Juga: 5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembaca

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya