Comscore Tracker

5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembaca

Yuk, terapkan sekarang juga!

Judul ibarat sebuah penampilan bagi manusia. Jika kalian memiliki penampilan yang bagus, meski belum tentu kepribadiannya sejalan. Orang akan tetap menaruh perhatian pada menariknya sebuah "penampilan".

Sama halnya dengan judul dalam sebuah karya tulis. Untuk itu, bagaimana sih cara membuat orang penasaran dan berminat untuk membaca artikel kalian? Let's get to the list.

1. Ungkapkan jelas isi artikel dalam judul secara jelas

5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembacapixabay.com/Free-Photos

Jangan gunakan kalimat yang mengandung kiasan dan berarti ambigu. Jelaskan dengan tegas apa sih yang jadi bahasan utama kalian. Misalkan saja dari judul artikel ini, 5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembaca.

Dari judul itu terlihat jelas bahwa "membuat judul artikel" akan menjadi topik bahasan utama. Sehingga, pembaca jelas akan maksud artikel kalian. 

2. Gunakan 1-2 "bumbu penyedap" kata dalam judul

5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembacapixabay.com/markusspiske

"Bumbu penyedap" dalam judul adalah kunci keberhasilan apakah judul kalian akan menggugah selera pembaca untuk mau membaca artikel kalian atau tidak. Pembaca akan kurang tertarik dengan judul yang flat. Misalnya "5 cara membuat judul artikel". Ini sangat membosankan.

Dalam judul artikel ini, kita bisa melihat bahwa bumbu kalimat terletak pada "tips jitu" dan juga "mengundang hawa baca". Hal ini dikarenakan pembaca senang dengan kata jitu dan juga kalimat "nyeleneh". Buatlah kalimat bumbu ini maksimal 2 buah dalam 1 judul artikel.

Baca Juga: Awal Menulis, 7 Alasan Ini Sering Jadi Penyebab Artikelmu Direject

3. Pastikan pembaca dapat memastikan apakah jenis artikel kalian

5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembacapixabay.com/StockSnap

Intinya pembaca dan kalian sendiri suka sekali dengan kejelasan dan gak bertele-tele. Jadi, pastikan dari judul pembaca sudah tau jenis artikel apa yang akan mereka baca. Jika berupa opini tuliskan [OPINI] di awal judul. Jika berupa puisi juga tuliskan [PUISI] di awalnya. 

Selain itu jika kalian menulis format listicle, sertakan juga jumlah poin yang akan kalian bahas. Misal, 7 hal penting, 5 kesalahan, dsb. Jadi pembaca sudah deal dan paham duluan sebelum membaca artikel kalian.

4. Judul boleh panjang, namun tidak bagi excerpt-nya

5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembacapixabay.com/kaboompics

Kalian boleh memanfaatkan jumlah maksimal 60 karakter dalam 1 judul artikel. Namun, jangan terapkan juga pada bagian excerpt. Kutipan ini harus menjadi senjata terakhir yang meyakinkan pembaca, namun tuliskan dalam bentuk sesingkat mungkin. 

Dalam kutipan ini kalian boleh mengajak, atau mempertanyakan dari judul yang telah kalian buat. Hindari pula menyalin kata yang sudah tertulis jelas pada judul utama. Karena hal ini adalah pemborosan semata.

5. Hindari kata yang diulang dalam 1 baris judul

5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembacapixabay.com/geralt

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah perhatikan kembali judul yang sudah kalian tulis. Jangan sampai ada kata double yang tertulis dalam 1 garis judul. Biasanya, kata yang sering tertulis double adalah "yang". Contohnya, "5 film 90-an kocak yang bertema keluarga, ada yang masih ingat?". Hati-hati makanya, ya. 

Nah itu dia guys, 5 tips jitu membuat judul yang mengundang hawa baca dari para viewers di luar sana. Semoga berhasil ya!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Untukmu yang Bingung Menentukan Ide Dalam Menulis 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya