Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah

Bisa bikin kamu susah cari kerja lho!

Saat kita masih sekolah, kita sering membayangkan betapa enaknya jadi anak kuliahan. Bisa memakai baju apa saja, jam kuliah yang tidak terlalu pagi, sampai bisa bolos kapan saja tanpa takut diomeli oleh dosen atau orang tua.

Dalam beberapa hal, jadi mahasiswa memang lebih bebas daripada jadi anak sekolahan. Saking bebasnya sampai banyak mahasiswa yang bersikap seenaknya bahkan tanpa sadar kita melakukan banyak kesalahan yang nantinya justru akan menyulitkan kita saat sudah lulus kuliah dan mencari kerja. Kesalahan apa saja sih?

1. Sering bolos kelas

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliahunsplash.com/NeONBRAND

Benar bahwa dosen tidak akan pernah memarahi kamu karena bolos. Bukan karena dosen tidak peduli, tapi karena mereka menganggap kamu sebagai orang dewasa atau paling tidak tahu apa yang akan terjadi jika terlalu sering bolos. Kamu akan ketinggalan materi kuliah, dan berakhir dengan nilai buruk sehingga harus mengulang mata kuliah.

Selain itu, IPK kamu juga pasti akan jadi lebih kecil dan itu akan sangat berimbas ketika kamu mencari kerja. Pasalnya, beberapa perusahaan biasanya menerapkan standar IPK minimal sebagai salah satu kualifikasi wajib yang harus dipenuhi oleh para pelamar.

2. Hanya jadi mahasiswa "Kupu-Kupu"

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliahunsplash.com/Tim Gouw

Ada beberapa jenis mahasiswa, salah satunya adalah mahasiswa "Kupu-Kupu" alias mahasiswa yang kerjanya hanya kuliah-pulang kuliah-pulang. Tentu masuk kelas dan mengikuti mata kuliah dengan rajin itu penting, tapi selain sibuk kuliah enggak ada salahnya kalau kamu bergabung dengan organisasi mahasiswa dan aktif mengikuti kegiatan kampus lainnya.

Dengan begitu, lingkar pertemanan kamu akan jadi makin luas. Kamu juga bisa belajar tentang team work yang nantinya akan sangat berguna ketika bekerja. 

3. Hanya berteman dengan orang yang itu-itu saja

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliahunsplash.com/Brooke Cagle

Banyak mahasiswa menunggu sampai kerja baru membangun jaringan. Justru mumpung masih kuliah dan bertemu dengan banyak orang, kamu harus memperluas pertemanan dan koneksi yang kamu punya. Bukan hanya berteman dengan sesama mahasiswa, tapi juga asisten dosen, dosen, atau siapa pun.

Berteman dan membangun jaringan mungkin tidak terasa berguna saat kuliah, tapi percaya atau tidak jaringan yang luas akan sangat membantu kamu saat mencari kerja.

Baca Juga: 4 Judul Skripsi Kocak dan Nyeleneh yang Pernah Dibuat Mahasiswa

4. Terlalu malas untuk mencari pengalaman

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliahunsplash.com/Brooke Cagle

Selain IPK, dan organisasi, pengalaman juga jadi salah satu hal yang penting saat mencari pekerjaan. Perusahaan akan sangat tertarik bukan hanya pada mereka yang pintar dan punya segudang bakat, tapi juga pada orang yang punya banyak pengalaman. Seperti yang kita tahu, kuliah memiliki waktu liburan yang sangat panjang.

Nah saat sedang liburan, kamu bisa nih mencari pekerjaan atau mungkin mencoba magang di perusahaan. Mungkin kamu tidak mendapatkan posisi yang bagus, atau bayaran yang besar tapi kamu mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan bisa dibeli oleh uang.

5. Hanya mempelajari apa yang diajarkan oleh dosen

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliahunsplash.com/Priscilla Du Preez

Salah satu kesalahan terbesar mahasiswa adalah terlalu fokus kuliah. Memang kamu harus serius saat kuliah, tapi kamu kan tidak selalu menghabiskan waktu seharian di kampus kan? Di waktu kosong, cobalah untuk belajar banyak hal baru yang tidak ada hubungannya dengan kuliah.

Kamu bisa mencoba apa pun, seperti belajar bahasa asing atau mungkin menekuni hobi baru. Kemungkinan terburuknya, ketika kamu lulus dan kesulitan mendapat kerja yang sesuai dengan jurusan, paling tidak kamu memiliki kemampuan lain yang bisa "dijual" dan menghasilkan.

Itu dia lima kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa. Memang saat kuliah, kamu tidak akan merasakan efeknya namun percayalah kamu akan menyesalinya saat sudah lulus dan harus mencari kerja.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan Mahasiswa Biar Langsung Kerja Setelah Lulus

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You