Comscore Tracker

Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!

Gak kalah keren dari perpustakaan di luar negeri

Apa yang ada di fikiranmu ketika masuk ke perpustakaan? Sebuah ruangan yang sesak dengan barisan rak buku, atau sebuah ruangan yang memiliki suasana super tenang. 

Selama ini perpustakaan memang selalu identik dengan rak buku tua, dan suasananya yang sepi. Sayangnya enggak semua orang suka berkunjung ke perpustakaan. Selain karena minat baca yang rendah, suasana perpustakaan yang sepi juga dianggap membosankan. 

Tapi beda cerita kalau kamu berkunjung ke beberapa perpustakaan yang ada di Indonesia. Beda dengan perpustakaan biasa, perpustakaan ini memiliki desain yang super unik dengan interior yang bikin nyaman buat belajar dan baca buku! Penasaran?

1. Microlibrary Bandung

Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!instagram.com/shauarchitects

Bagi kamu yang berkunjung ke Bandung atau tinggal di kota Kembang, kamu wajib mampir ke Microlibrary yang ada di Cicendo. Tidak seperti perpustakaan lain, Microlibrary Bandung merupakan perpustakaan pertama di kota Bandung yang mengusung konsep ramah lingkungan.

Dibangun atas kerjasama dari Pemerintah Kota Bandung dan beberapa pihak lainnya, pembangunan perpustakaan ini melibatkan 2000 ember bekas es krim yang kemudian diubah menjadi dinding lantai dua perpustakaan.

Selain mengurangi penggunaan sampah, ember bekas es krim ini juga membuat dinding lantai dua berongga sehingga sirkulasi udara di ruang perpustakaan jadi lebih lancar, dan suhu di ruangan jadi lebih sejuk tanpa menggunakan AC.

Terakhir jika kamu perhatikan dari luar, ember-ember ternyata disusun menjadi pola dalam binary kode dan membentuk tulisan "Buku Adalah Jendela Dunia". Keren banget ya?

Alamat: Jl. Bima No. 103, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172

2. Perpustakaan Univ Malahayati Lampung

Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!malahayati.ac.id

Umumnya perpustakaan kampus atau sekolah terkesan kaku dan membosankan. Belum lagi buku-buku yang hampir semua isinya tentang pelajaran membuat mahasiswa malas dekat-dekat. Tapi suasana yang berbeda justru akan kamu temukan saat mengunjungi perpustakaan Univ Malahayati yang ada di Kota Lampung.

Selain deretan rak buku, kamu justru akan menemukan sebuah sungai buatan yang lengkap dengan ikan mas, pohon-pohon rindang buatan, rumah tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia plus beberapa komputer untuk mengakses perpustakaan digital.

Dengan suasana seperti ini, kamu enggak akan lagi merasa sedang berada di perpustakaan melainkan di sebuah taman. Selain ruang buku, perpustakaan ini juga dilengkapi ruang baca.

Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 32.000 koleksi buku yang ada di perpustakaan ini. Kamu yang tinggal di sekitar kota Lampung, perpustakaan ini juga terbuka untuk umum. Dibuka sejak pagi, perpustakaan ini tutup pukul 10 malam. 

Alamat: Jl. Pramuka No. 27, Kemiling Permai, Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung 35152

Baca Juga: Mirip Hogwarts, 7 Perpustakaan Kece Ini Surganya Para Kutu Buku

3. Taman Baca Amin Malang

Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!medium.com

Daerah Kota Batu, Malang selalu jadi tempat favorit para turis untuk liburan. Tapi tahukah kamu selain aneka tempat wisata, di daerah Kota Batu juga terdapat sebuah perpustakaan unik bernama Taman Bacaan Amin.

Berada di dekat pintu gerbang wahana Jatim Park I, Taman Bacaan Amin terbuat dari 7 kontainer dengan ukuran berbeda. Asyiknya selain desain yang unik, koleksi buku di taman bacaan ini juga cukup lengkap mulai dari buku pelajaran, novel, majalah, dan buku-buku lainnya. Selain deretan buku, wifi gratis, mendekati ujian nasional pihak perpustakaan menyediakan guru yang akan mengajari mata pelajaran yang sulit seperti matematika.

Di hari jumat dan minggu dari pukul 11.00-14.00 WIB, kamu juga bisa menikmati fasilitas poli gigi. Yang keren, untuk menikmati semua fasilitas ini kamu enggak perlu membayar sepeser pun alias gratis. For your information, Taman Bacaan Amin buka dari pukul 15.00 - 21.00 WIB. 

Alamat: Jl. Sultan Agung No. 99, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

4. Kereta Pustaka Indonesia

Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!wikiwand.com

Apa yang ada di pikiran kamu ketika melihat kereta? Sesak dan penuh oleh orang? Sebagai salah satu alat transportasi favorit, enggak heran kalau kereta akan selalu jadi incaran banyak orang. Tapi tidak semua kereta penuh dengan penumpang, sebuah kereta gerbong barang B 80101 penuh dengan buku.

Yup, bukan cuma pemerintah yang peduli dengan minat baca orang Indonesia yang rendah tapi juga PT. Kereta Api Indonesia atau PT. KAI. Hal itu dibuktikan dengan modifikasi gerbong barang B 80101 menjadi Kereta Pustaka Indonesia pada tahun 2011.

Layaknya perpustakaan, kamu akan menemukan deretan koleksi buku ditambah dengan buku-buku sejarah tentang perkeretaapian Indonesia. Uniknya meski fungsinya berubah, Kereta Pustaka Indonesia ini tidak menetap di satu tempat alias berpindah-pindah.

5. Nanny's Pavilion

Berdesain Unik, 5 Perpustakaan Ini Nyaman Buat Belajar!xplora.id

Beda dengan perpustakaan lainnya, Nanny's Pavilion aslinya adalah sebuah restoran yang mengusung konsep perpustakaan. Selain bisa memesan makanan dan minuman, di Nanny's Pavillion kamu juga bisa membaca koleksi buku keren yang ada di restoran ini. Desain dari restoran ini pun dibuat senyaman mungkin bukan hanya untuk menikmati aneka menu makanan tapi juga untuk membaca buku.

Alamat: Pacific Place 4th Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kebayoran Baru.

Sekarang semakin banyak lho tempat membaca buku yang nyaman dan bikin betah. Jadi, gak ada alasan lagi malas baca buku deh. Yuk, kita harus makin rajin membaca!

Baca Juga: 8 Fasilitas Perpustakaan Umum Kota Surabaya yang Bikin Betah

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You