Comscore Tracker

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Korea

Biar lebih ekspresif!

Saat seseorang memberikan berita yang tidak kita sangka sebelumnya, maka terkejut akan menjadi respon pertama yang akan muncul. Entah terkejut karena merasa berita tersebut terlalu baik hingga membuat kita senang, atau justru sebaliknya.

Sama seperti kita, orang Korea juga begitu. Saking ekspresifnya, mereka bahkan memiliki beberapa kosakata yang biasanya diucapkan ketika sedang terkejut. Kosakata apa aja sih?

1. 헐 dibaca 'Heol' 

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreatwitter.com/4DTaeChu

Dimulai dari 헐 atau yang dibaca 'heol' merupakan salah satu bahasa gaul anak-anak muda di Korea. Kata 'heol' sendiri sebenarnya tidak memiliki arti khusus, dan digunakan hanya sebagai ungkapan saat kita merasa terkejut atas sebuah kejadian.

2. 대박 dibaca 'Daebak' 

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreatwitter.com/mystarmyangel

Kalau kamu fans KDrama, kamu pasti sudah sering mendengar kosakata satu ini. Kata 'daebak' sendiri memiliki arti hebat. Sama seperti 'heol', orang juga menggunakan 'daebak' saat terkejut.

Bedanya, kata ini digunakan untuk kabar yang luar biasa baik sehingga sulit untuk dipercaya. Selain itu, tidak jarang orang Korea menggunakan 'daebak' untuk menyindir seseorang.

3. 진자 dibaca 'Jinjja' atau 정말 dibaca 'Jeongmal'

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreakoreaboo.com

Meski katanya berbeda, baik 'jinjja' atau 'jeongmal' memiliki arti yang sama yaitu 'benar kah?'. Sesuai dengan artinya, dua kata ini digunakan untuk menanyakan kebenaran berita yang disampaikan, dan biasanya diikuti dengan ekspresi wajah terkejut.

4. 우와 dibaca 'U-wa' 

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreakoreaboo.com

Bisa dibilang, 'u-wa' ini memiliki arti yang sama seperti kata 'wow' dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Bukan cuma artinya saja yang sama, kata ini juga digunakan untuk menunjukkan rasa terkejut. Fungsi lainnya, kata ini juga digunakan untuk mengekspresikan rasa kagum pada sesuatu atau seseorang.

Baca Juga: Unik, 5 Kata Bahasa Jawa Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Belanda

5. 에이 dibaca 'Ei' 

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreakoreaboo.com

Meski singkat, kata 에이 atau yang dibaca 'ei' ini sebenarnya memiliki arti yang sama seperti saat kami bilang, 'Are you kidding me?' dalam bahasa Inggris. Sesuai dengan artinya, kalimat ini digunakan saat kamu tidak memercayai sebuah berita dan menganggapnya sebagai bualan saja.

6. 뭐 dibaca 'Mwo' atau 뭐라고 dibaca 'Mworago' 

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreadramabeans.com

Sebenarnya, kata 'mwo' sendiri dalam bahasa Korea memiliki arti 'apa'. Selain digunakan untuk menjawab sapaan seseorang, kata ini juga digunakan oleh orang Korea saat terkejut. Sebagai tambahan, kata 'mwo' juga biasanya diikuti dengan kata 'mworago' yang berarti 'apa katamu?'.

7. 네 dibaca 'Ne' 

7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Koreacouch-kimchi.com

Dalam bahasa Korea, 'ne' berarti 'iya'. Tapi fungsinya bisa berubah tergantung dengan situasi yang terjadi. Situasi pertama, kata ini digunakan untuk menjawab atau membenarkan sebuah pertanyaan.

Yang kedua, kata 'ne' juga digunakan saat kita menanyakan kebenaran tentang sebuah berita. Dan karena digunakan untuk bertanya, kata 'ne' akan diikuti dengan sebuah tanda tanya dan intonasi suara yang tinggi.

Orang Korea sangat ekspresif dalam menunjukkan emosi yang dia rasakan. Makanya, gak heran mereka memiliki banyak kosakata yang digunakan saat terkejut.

Baca Juga: 5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya