Comscore Tracker

5 Channel YouTube untuk Belajar Pronunciation Bahasa Inggris 

Let’s learn English pronunciation through YouTube! 

Belajar bahasa Inggris gak melulu soal grammar. Masih ada hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan untuk dipelajari, salah satunya pronunciation atau dalam bahasa Indonesianya disebut pelafalan. Pelafalan yang baik dan benar akan membuat lawan bicara kita mengerti apa yang kita bicarakan.

Nah, di YouTube ada banyak sekali channel yang bisa dijadikan tempat belajar pronunciation, diantaranya sebagai berikut:

1. Pronunciation with Emma 

https://www.youtube.com/embed/nI9BL4AB5Y0

Pemilik channel ini adalah seorang perempuan bernama Emma Walker. Dia berasal dari Inggris dan telah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun.

Di channel ini kamu akan menemukan pembahasan terkait pronunciation bahasa Inggris yang sangat bervariasi. Jika kamu masih pemula, Emma sudah menyiapkan video pembahasan dari yang paling dasar sekali, seperti cara mengucapkan alfabet, huruf vokal, huruf konsonan, diftong, dan sebagainya. Channel ini siap mendampingimu belajar dari level bawah. Aksen yang digunakan di sini adalah aksen British.

2. English School Online 

https://www.youtube.com/embed/G4dDQyk0cnk

Channel yang kedua adalah English School Online. Di sini kamu akan belajar bersama Michael Roberts dengan aksen Britishnya. Sehingga, untuk kamu yang mau atau sedang mendalami aksen British, channel ini sangat cocok untukmu.

Video pembahasan yang ada di sini juga sangat lengkap dan beragam. Contohnya adalah kamu akan menemukan pembahasan bagaimana cara mengucapkan kata-kata seperti here, hour, either dalam aksen British yang jelas dan benar.

Baca Juga: 10 Podcast Ini Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

3. ETJ English 

https://www.youtube.com/embed/kE-XfveWDXU

Selanjutnya ada channel bernama ETJ English yang memiliki lebih dari 700 ribu subscribers. Pemilik channel ini adalah Elliott Giles, seseorang yang ahli di bidang pronunciation sehingga kamu tidak perlu ragu untuk belajar bersamanya.

Elliott menyampaikan materi dengan sangat jelas, sehingga tak heran nantinya kamu akan nyaman sama channel yang satu ini. Di sini juga kamu akan menemukan tips dan motivasi dari Elliott untuk terus semangat belajar bahasa Inggris. Sama seperti dua channel sebelumnya, channel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendalami British accent.

4. Tarle Speech & Language Services – English Pronunciation 

https://www.youtube.com/embed/1YqbPtOxGjo

Di channel ini kamu akan belajar pronunciation dengan aksen Amerika yang dipandu oleh perempuan bernama Jennifer Tarle. Channel ini akan sangat membantumu untuk pede ngomong cas cis cus pakai bahasa Inggris. Di channel ini, Jennifer sudah menyusun playlist yang akan memudahkan kamu belajar.

Misalnya, jika kamu ingin belajar bagaimana melafalkan kata yang berkaitan dengan Natal, kamu bisa menuju playlist yang bersangkutan dan kamu akan menemukan banyak video tentang bagaimana melafalkan kata-kata yang berkaitan dengan Natal. Mudah bukan?

5. Clear English Corner with Keenyn Rhodes 

https://www.youtube.com/embed/fs5LSLs3tdw

Channel yang terakhir adalah channel milik Keenyn Rhodes, seorang perempuan yang ahli di bidang pronunciation. Dipandu oleh orang yang ahli di bidangnya, sayang banget lho kalau kamu melewatkan channel yang satu ini. Dia akan memberimu tips-tips menarik agar bisa lancar dan jelas melafalkan kata menggunakan aksen Amerika. Materi yang disampaikan olehnya juga jelas dan tidak terburu-buru sehingga akan membuatmu betah belajar di channel ini.

Nah, itu tadi channel YouTube yang bisa kamu andalkan untuk mempelajari pronunciation bahasa Inggris. Tunggu apalagi, segera jemput buku serta alat tulismu dan mulailah belajar. Semangat!

Baca Juga: 7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya