Comscore Tracker

Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyik

Cara belajar kekinian

Pada masa sekarang, kemampuan berbahasa Inggris adalah hal yang sangat penting untuk dikuasai. Bahasa ini telah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti dalam bidang sains, bisnis, jurnalistik, dan sebagainya. Ini berarti hampir setiap pekerjaan mewajibkan pelamar untuk menguasai bahasa Inggris. Akan tetapi, mempelajari bahasa Inggris bukanlah perkara mudah mengingat bahasa ini adalah sebagai bahasa asing di Indonesia. Biaya yang dikeluarkan untuk menjalani les privat juga adalah salah satu hambatan dalam mempelajari bahasa Inggris secara profesional.

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang makin canggih, mempelajari bahasa Inggris pada masa ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan internet. Selain lebih mudah dan murah, cara belajar menggunakan internet dinilai cukup efektif dan menyenangkan.

Nah, apa saja cara mempelajari bahasa Inggris yang menyenangkan dan efektif dalam mengembangkan kemampuan berbahasamu? Berikut adalah lima tips belajar bahasa Inggris dengan cara yang asyik. Check it out!

1. Mendengarkan siniar dengan topik yang kamu sukai

Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyikilustrasi acara di siniar (unsplash.com/Austin Distel)

Bagi kamu penggemar siniar yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan lancar, tips ini merupakan cara yang cocok untukmu. Bagaimana siniar berbahasa Inggris mampu mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu? Berdasarkan studi yang diterbitkan English Language Teaching pada 2013, siniar merupakan salah satu media teknologi yang mampu membantu seseorang mengembangkan kemampuan berbahasa, terutama kemampuan berbicara dan mendengarkan.

Selain itu, siniar juga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa yang lainnya. Misalnya, pronunciation (pengucapan), vocabulary (kosakata), dan grammar (tata bahasa).

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari siniar yang sering membahas tentang topik yang kamu sukai. Misalnya, topik percintaan. Topik seperti ini cukup populer dibahas di berbagai siniar.

Setelah mendapatkan topik yang kamu sukai, tahap selanjutnya adalah mendengarkan salah satu siniar tersebut dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Jika merasa sudah siap lepas dari subtitle, maka kamu bisa mulai mendengarkan tanpa subtitle dan menyalin setiap ucapan yang ada dalam acara tersebut semampumu.

2. Menonton kanal YouTube berbahasa Inggris

Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyikilustrasi video YouTube (unsplash.com/NordWood Themes)

Sama seperti tips belajar dengan mendengarkan siniar, menonton kanal YouTube favoritmu juga efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Terlebih jika kanal tersebut membahas mengenai topik traveling yang menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata penontonnya. Belajarmu serasa sambil liburan, deh!

Selain kanal yang membahas topik traveling, ada juga kanal khusus yang membahas materi pelajaran. Salah satunya membahas grammar.

Langkah yang harus kamu tempuh untuk belajar melalui kanal YouTube sama seperti belajar melalui siniar. Poin tambahan dari belajar melalui kanal YouTube ini adalah kamu bisa sekalian mempelajari slang words, idiom, maupun kebudayaan di luar negeri yang jarang sekali bisa kamu dapatkan ketika belajar di sekolah.

Baca Juga: 5 Cara Belajar Bahasa Asing Berbekal Nonton Film, Makin Native!

3. Mendengarkan lagu barat favoritmu

Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyikilustrasi mendengarkan musik (unsplash.com/bruce mars)

Cara ini adalah cara yang paling digemari dalam belajar bahasa Inggris, terlebih di kalangan anak muda yang selalu up to date dalam mencari lagu terbaru. Belajar bahasa Inggris melalui lagu adalah solusi bagi kamu yang mudah bosan dalam mempelajari bahasa Inggris.

Menurut sebuah penelitian berjudul Learning English through Song, lagu memiliki nada yang indah, menyentuh perasaan, dan liriknya mudah diingat. Lagu adalah salah satu media yang efektif untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Cara ini akan membantu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrismu, terutama kemampuan mendengarkan dan menambah kosakata yang jarang kamu dengar sebelumnya.

4. Mencari teman dari berbagai belahan dunia

Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyikilustrasi berteman (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Jika kamu adalah tipe orang yang easy-going dan fleksibel dalam berinteraksi dengan orang lain, maka cara ini adalah cara yang cocok untukmu. Kamu bisa mencari teman dari berbagai media sosial maupun dari aplikasi khusus untuk mencari teman dari berbagai negara.

Zaman sekarang dunia sudah terbuka seluas-luasnya. Tidak perlu bingung ke mana harus mencari native speaker untuk dijadikan seorang teman. Yang kamu butuhkan sekarang hanyalah keberanian dan niat yang kokoh untuk belajar bersama mereka.

Setelah mendapatkan teman, kamu bisa mulai berkomunikasi sebisamu. Entah itu berkenalan ataupun menceritakan hal-hal yang menurutmu menarik. Nah, ini bagian serunya! Keuntungan menggunakan cara ini, bagi kamu yang masih melajang, adalah kamu bisa sambil mencari gebetan dari negeri seberang. Siapa tahu jodoh!

5. Mempelajari bahasa Inggris melalui aplikasi khusus

Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyikilustrasi aplikasi (unsplash.com/Szabo Viktor)

Nah, yang terakhir adalah cara belajar bahasa Inggris yang paling disarankan, karena kamu akan mendapatkan pelatihan dari orang-orang yang memang bergelut di bidangnya. Sekarang ini banyak sekali aplikasi belajar bahasa Inggris yang setara dengan les bahasa Inggris pada umumnya. Cukup bermodalkan kuota internet, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan para tutor dalam aplikasi tersebut.

Intinya, segala sesuatu harus diawali dengan niat yang kuat. Jika niat belajarnya setengah-setengah, maka tujuan yang kamu idamkan akan makin lama tercapai, meskipun sudah les privat di tempat yang paling bagus sekalipun. Maka dari itu, jagalah semangat belajarmu!

Baca Juga: 5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!

Aulia Tasya Azkia Photo Writer Aulia Tasya Azkia

An astrophile, space lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya