5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMK

Dengan mental yang sudah terlatih pastinya

Banyak mereka yang bingung ketika lulus SMK, jika kamu salah satunya, mungkin artikel ini pas untuk buka pikiran kamu.

Mungkin aja kamu salah jurusan sejak awal? Atau mungkin jurusannya kamu suka tapi sejatinya bukan yang menjadi passion kamu? Santai, bukan kamu aja yang seperti itu. Menurut saya, pendidikan di SMK bukanlah hanya sekedar jurusan. Pendidikan di SMK lebih dari itu. Kedisiplinan, kepemimpinan, keberanian, tanggung jawab dan solidaritas merupakan hal yang diutamakannya. Selain itu, keagamaan dan tingkah laku pun jadi sorotan.

Tenang, kamu punya modal kok sebagai lulusan SMK untuk menghadapi bukan dunia sekolah, 5 hal ini bisa kamu lakukan.

1. Langsung bekerja full-time di perusahaan maupun instansi

5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMKpexels.com/@rawpixel

Tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan kerja kepada siswa/siswi lulusan SMK. Pertanyaannya, apa yang mereka cari dari siswa SMK? Ternyata, menurut riset, semangat anak menggebu-gebu setelah mereka lulus, anak akan berusaha mengejar mimpi-mimpi mereka, tidak ada lagi tugas yang melelahkan dari guru, sebaliknya merekalah yang ingin dibayar jika selesai mengerjakan tugas. Itulah yang dicari oleh perusahaan.

Biasanya SMK bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkait jurusan yang ada di sekolah itu. Kamu bisa mencoba untuk mencari lowongan kerja di sekolahmu. Bertanyalah kepada guru yang bersangkutan dan ajak temanmu supaya kamu gak sendirian.

2. Jangan terlalu mengejar mimpi, jadilah apa adanya.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMKpexels.com/@yury-kim-181374

Mimpi membuat seseorang berangan-angan. Tidak semua orang Allah izinkan mimpinya menjadi kenyataan. Terkadang kamu harus menunda mimpi kamu karena alasan finansial yang kamu butuhkan. Cukup menjadi diri kamu yang apa adanya, syukuri, jalani, nanti juga rezeki datang sendiri.

Bintang-bintang mungkin akan menangkapmu saat kamu jatuh, tapi tidak semua bintang disana cocok dengan hatimu saat mimpimu tidak tercapai.

3. Mengembangkan basic skills yang sudah dikuasai

5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMKpexels.com/@rawpixel

Apa itu pemrograman? pemasaran? casting? arsitektur? Coba buka lagi pelajaran kelas 10 dahulu, ingat-ingat lagi dan perdalam gerbang ilmu yang sudah dibuka oleh guru. Lanjutkan jika kamu melihat celah keyakinan diri dalam basic di kompetensimu saat SMK, tetapi jika kamu tidak menyukainya, kamu bisa skip poin ini dan lanjut ke poin selanjutnya.

Baca Juga: 6 Kanal Edukasi YouTube Indonesia Ini Bisa Bikin Kamu Tambah Wawasan

4. Berani bekerja dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kamu, ilmu gak berat dibawa kok

5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMKpexels.com/@fancycrave

Mental anak SMK sudah terlatih, gak apa-apa kalo kamu kerja tapi gak sesuai dengan jurusan kamu. Jangan jadi orang yang gengsian, kalo itu adalah yang kamu suka atau kamu butuhkan, maka lakukanlah. Jangan mengambil komentar orang, tapi ambil gaji mereka dengan kemudahanmu dalam menerima pekerjaan.

5. Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, jangan mau kalah sama anak SMA

5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMKpexels.com/@pixabay

Kamu bisa bersaing dalam bidang akademik, memang butuh waktu untuk mengejar materi, tapi jika kamu benar-benar yakin, itu akan menghancurkan dinding penghalang anak SMK untuk masuk ke jenjang perkuliahan. Soal seleksi ujian masuk ke perguruan tinggi memang menggunakan soal standar SMA, tapi santai, sudah banyak buku yang berisi ringkasan materi dan soal-soal seputar seleksi ujian masuk perguruan tinggi yang bisa dimengerti oleh anak lulusan SMK.

Jadi, lulusan SMK itu relasinya banyak, tips ini gak akan berguna kalo kamu diem aja. Semua juga butuh effort butuh usaha. Kan ada rumusnya, 

s (waktu) = W (usaha) / F (gaya)

Keterangan : Waktu yang terbuang tergantung usaha meraih materi dibagi banyaknya gaya hidup yang dikeluarkan.

So, untuk memaksimalkan penggunaan waktu hidupmu, banyakin usaha, kurangin gaya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Pasti Pernah Kamu Lakukan Saat Jadi Murid di Sekolah

M Adlha Raya Agung Photo Community Writer M Adlha Raya Agung

Become hard humble

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You