Comscore Tracker

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!

Ada yang seperti bahasa Italia, lho #LokalIDN

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki banyak pulau. Akibat dari keberagaman pulau-pulau tersebut, muncul bahasa yang berbeda-beda di tiap wilayah. Badan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud kini telah mencatat ada 718 bahasa daerah yang dimiliki Indonesia saat ini.

Salah satu bahasa daerah dengan penutur terbanyak adalah bahasa Makassar, dengan 2 juta penuturnya. Untuk menambah kosakata kamu mengenai bahasa daerah terutama bahasa Mangkasara, yuk belajar kata sifat yang di bawah ini.

1. Cara'de

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!inc.com

Cara'de jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pintar atau cerdas. Kata ini menggambarkan orang yang pandai, baik dalam hal belajar maupun berperilaku. 

2. Ga'ga

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!mic.com

Jika melihat sesuatu yang cantik atau menawan, 'ga'ga' adalah kata yang paling tepat diucapkan. Dalam bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti sebagai sesuatu yang indah.

3. Te'ne

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!nytimes.com

Apa yang kalian rasakan ketika mencicipi kue cokelat atau permen? tentu saja rasanya manis. Orang Makassar menyebut kata manis sebagai 'te'ne'.

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Makassar Mengenai Alam, Sudah Tahu Artinya?

4. Baji

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!blog.lingoda.com

Kata keempat adalah 'baji' yang kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti baik. Contoh penggunaan kata 'baji' yaitu ketika seseorang bertanya mengenai kabar, orang Makassar akan menjawab dengan kata ini.

5. Kodi

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!angelusnews.com

Kata 'kodi' merupakan antonim dari kata sebelumnya 'baji'. Kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang merujuk pada sifat buruk atau jahat. 

6. Larro

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!dailymail.co.uk

Ketika ada sesuatu yang membuatmu merasa jengkel atau emosi, kata ini menggambarkan perasaanmu tersebut. 'Larro' memiliki arti marah dalam bahasa Indonesia.

7. Dinging

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!spectrumlocalnews.com

Suhu yang rendah atau hujan yang turun bisa membuat keadaan sekitar menjadi dingin. Kata dingin sendiri dalam bahasa Makassar disebut dengan 'dinging'. Mudah diingat, bukan? hanya dengan menambahkan huruf g di bagian akhir kata.

8. Kotoro

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!babygaga.com

Orang Makassar ketika melihat sesuatu yang kotor, mereka menyebutnya dengan 'kotoro'. Lagi dan lagi, kalian hanya perlu menambahkan satu huruf di belakangnya.

9. Bella

9 Kata Sifat dalam Bahasa Mangkasara Makassar, Tambah Cara'de!joincake.com

Yang terakhir adalah 'bella'. Kata ini sama dengan kosakata dalam bahasa Italia yang berarti cantik. Tapi dalam bahasa Makassar, kata ini punya makna yang sangat berbeda, yaitu berarti jauh.

Itulah beberapa kata sifat dalam kamus bahasa Mangkasara. Apa kamu pernah mendengar salah satu kata di atas? atau bahkan menuturkannya? Bagi jawabanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!

Maghfirah Nur Padila Photo Verified Writer Maghfirah Nur Padila

2000

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya