Comscore Tracker

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!

Tambah kosakata daerahmu, yuk #LokalIDN

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Salah satu budaya melimpah yang dimiliki Indonesia adalah bahasa. Ada beragam bahasa daerah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu dari ratusan bahasa daerah yang dapat ditemukan adalah bahasa Bugis. Bahasa tersebut berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, dengan jumlah penutur yang lumayan banyak.

Tertarik mempelajari bahasa Bugis? Yuk, pelajari kosakata nama-nama bagian tumbuhan di bawah ini.

1. Lice

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!gympielandcare.org.au

Ketika ingin menanam tanaman, hal yang paling pertama kita butuhkan adalah biji atau bibit. Biji merupakan alat utama bagi tumbuhan untuk berkembang biak. Orang Bugis menyebut biji dengan 'Lice'.

2. Ure'

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!redcedarinc.com

Yang kedua adalah akar. Akar merupakan bagian paling penting yang menghubungkan tanaman dengan tanah agar tanamam tersebut tumbuh. Dalam bahasa Bugis, akar disebut sebagai ure', dengan penekanan bagian akhirnya.

3. Takke iccu

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!wikipedia.org

Takke icu jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti ranting. Ranting sendiri merupakan bagian cabang dari pohon yang bentuknya kecil-kecil.

Baca Juga: 10 Kosakata Nama-nama Aktivitas dalam Bahasa Bugis, Wajib Tahu!

4. Raun

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!kaggle.com

Bagian tumbuhan yang satu ini adalah daun. Daun merupakan organ tanaman yang memiliki fungsi sangat penting, yaitu penangkap energi dari matahari untuk melakukan fotosintesis. Dalam kamus orang Bugis, daun disebut dengan kata 'raun'. Hanya beda satu huruf, ya.

5. Bunga

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!snowcreekinc.com

Yaps! Bunga dalam bahasa Bugis memiliki kata yang sama. Sehingga tidak ada perubahan sama sekali. Bagian tumbuhan yang satu ini biasanya paling disukai, karena bentuk dan warnanya yang indah.

6. Bua

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!theenglishgarden.co.uk

Mungkin kata yang satu ini paling mudah untuk diingat. Bua sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti buah. Gampang banget, kan! hanya dengan menghilangkan huruf h di bagian akhir kata.

7. Tanet-taneng

7 Kosakata Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Bugis, Gampang Kok!sciencenewsforstudents.org

Dan yang terakhir adalah pohon. Pohon merupakan tanaman yang memiliki bagian lengkap seperti akar, daun, dan ranting. Orang Bugis menyebut pohon dengan kata 'tanet-taneng'.

Ternyata beberapa kata dalam bahasa Bugis ada kemiripan dengan bahasa Indonesia, nih. Bagaimana, cukup mudah untuk dipelajari, bukan? Sesekali tuturkan kata-kata di atas, ya.

Baca Juga: 9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!

Maghfirah Nur Padila Photo Verified Writer Maghfirah Nur Padila

2000

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya