Comscore Tracker

5 Bukti Kalau Kuliah di UNNES, Kamu Bisa Punya Banyak Tabungan!

Mana suara mahasiswa dan alumni Unnes, setuju gak?

Dulu sebelum masuk ke dunia kampus, banyak orang bilang “Kamu jangan kuliahlah. Kuliah tempat orang kaya, mendingan kerja. Kalau kerja kan dapat uang, kalau kuliah malah keluar uang,”. Sempat takut kuliah. Takut tak bisa lulus karena kebutuhan kuliah benar-benar menjerat leher (Katanya). Tapi buktinya?

Penulis lulus kuliah dalam keadaan berat badan naik, dan punya tabungan. Tidak separah yang orang bilang. Ada beberapa tips yang bikin kamu mantap kuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Karena kampus ini benar-benar punya sisi humanis yang besar sekali.

Beasiswa Terbuka Lebar, Asalkan Mau Berusaha, dan Mau Mengurus

5 Bukti Kalau Kuliah di UNNES, Kamu Bisa Punya Banyak Tabungan!http://indo.amuslima.com/wp-content/uploads/2016/01/images-30-750x450-750x422.jpg

Kamu yang punya prestasi di bidang tertentu, dijamin diprioritaskan masuk ke UNNES. Kalau mengajukan beasiswa juga diutamakan. Ada beasiswa gratis dari pemerintah sampai lulus S1 dan tambahan uang saku perbulan. Namanya Bidikmisi.

UNNES ini merupakan kampus yang sangat menyayangi mahasiswa Bidikmisi. Asalkan Anda mau dan tidak malu. Mengingat banyak orang tidak mau terima beasiswa karena takut dikatakan tidak mampu.

Kalau tidak punya prestasi? Masih bisa diterima di UNNES dengan mencoba peruntungan ujian tertulis. Bisa dapat beasiswa? Bisa, kalau benar-benar butuh, mau aktif organisasi, dan berusaha. Soalnya banyak anak Bidikmisi yang dicabut beasiswanya karena tidak mematuhi peraturan, dan kalian yang membutuhkan bisa menjadi penggantinya.

Di luar Bidikmisi, tersebar info beasiswa lainnya yang bisa kalian dapatkan di semester 2, 3, 4, dan seterusnya.

Harga Makanan Masih Murah

5 Bukti Kalau Kuliah di UNNES, Kamu Bisa Punya Banyak Tabungan!https://s10.postimg.org/owqbge3dl/3._harga_warteg.jpg

Harga makanan di sekitar kampus UNNES memang dikenal lebih murah dibanding tempat lain. Soalnya memang kawasan mahasiswa, dan kebetulan UNNES tempatnya bukan di jantung kota, alias di perbatasan kota dan desa. Jadi harga makan masih murah.

Harga Sewa Kos Lebih Miring, Bisa Berdua Bareng Sahabat

5 Bukti Kalau Kuliah di UNNES, Kamu Bisa Punya Banyak Tabungan!http://www.infokostan.com/wp-content/uploads/2017/01/kost-putri-di-semarang.jpg

Di UNNES ini, hampir sebagian kos satu kamar memang dihuni untuk dua orang. Jadi harganya terbilang lebih murah. Kalau mau bayar lebih dan mau satu kamar sendiri juga bisa. Semua bergantung selera dan fasilitas kos.

Banyak juga kos yang disediakan oleh ormas-ormas yang harganya jauh lebih murah juga. Syaratnya Anda juga harus gabung ke ormasnya. Tinggal di gedung kegiatan mahasiswa yang ada di kampus bagi para aktivis juga bisa, gratis dan murah.

Transportasi Mudah dan Murah

5 Bukti Kalau Kuliah di UNNES, Kamu Bisa Punya Banyak Tabungan!http://3.bp.blogspot.com/-IaMCzF1sZqg/VnILumFFysI/AAAAAAAAD_k/qJ_FCYUMvrg/s1600/transpin.jpg

UNNES ini letaknya di Gunung ya sobat. Gunungpati nama daerahnya. Jadi memang tidak lewat jalan raya yang besar. Lebih lewat ke jalan perkampungan. Jadi kalau mau laju pakai sepeda motor enak, tidak macet seperti di kota besar.

Bayar transportasi juga murah. Soalnya ada angkutan khsusus ke arah UNNES yang tentunya mengutamakan mahasiswa.

Berkesempatan Besar Jadi Wiraswasta

5 Bukti Kalau Kuliah di UNNES, Kamu Bisa Punya Banyak Tabungan!https://img.okezone.com/content/2015/12/15/65/1267594/belum-banyak-mahasiswa-jadi-pengusaha-OMJbjSwLZ3.jpg

Di UNNES ini sudah banyak sekali pendanaan tentang wirausaha. Baik dari kampus maupun akses pendanaan dari lembaga, pemerintah, dan lainnya. Banyak mahasiswa UNNES yang telah sukses jadi wiraswasta sembari kuliah.

Bahkan jualan di dalam kampus saja sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi uang. Setidaknya kuliah sudah tidak minta dana ke orangtua. Banyak sekali teman-teman yang bisa diajak survive bareng kalau di UNNES.

Lisa Photo Verified Writer Lisa

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya