Comscore Tracker

Begini 5 Trik Jitu Berhemat Biaya Hidup Saat Kuliah di Inggris

#Eduniverse Siapa nih yang mau kuliah di Inggris?

Melanjutkan kuliah ke luar negeri saat ini banyak banget peminatnya. Selain berangkat kuliah dengan modal sendiri, saat ini banyak juga universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing.

Selama ini Amerika Serikat, Perancis, dan Australia menjadi tujuan favorit para calon mahasiswa, namun saat ini Inggris mulai menjadi salah satu negara tujuan kuliah yang dilirik oleh calon mahasiswa asal Indonesia.

Banyak juga lho seleb muda Indonesia yang memilih kuliah di Inggris, beberapa diantaranya nih ada Gita Gutawa, Isyana Sarasvati, Maudy Ayunda, Valerie Thomas, Kimberly Ryder dan El Rumi.

Biaya kuliah di Inggris memang mahal. Tapi bukan berarti gak bisa disiasati lho. Inilah tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaranmu selama kuliah di negara Harry Potter ini.

1. Mencari beasiswa di universitas tujuan

Begini 5 Trik Jitu Berhemat Biaya Hidup Saat Kuliah di Inggrispixabay.com

Saat ini banyak sekali universitas di Inggris yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing. Kamu harus mulai mencari banyak informasi mengenai beasiswa yang ditawarkan.

Cobalah cari melalui Kedutaan Besar Inggris, atau melalui website resmi universitas yang bersangkutan. Kuliah di Inggris menggunakan beasiswa, sangat membantu kamu menghemat 50 persen uang yang harus kamu keluarkan, dibandingkan jika kamu berangkat kuliah dengan biaya sendiri.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam mencari beasiswa ini adalah, apakah beasiswa yang disediakan ini adalah Full Scholarship atau hanya sebagian saja. Full Scholarship atau beasiswa penuh, berarti pemberi beasiswa akan menanggung biaya kuliah, biaya asrama / tempat tinggal, tiket pesawat pp, dan kamu akan mendapatkan uang saku bulanan.

Sedangkan beasiswa sebagian, berarti pemberi beasiswa biasanya hanya akan menanggung biaya kuliah dan biaya asrama / tempat tinggal saja. Sedangkan uang saku dan tiket pesawat harus kamu tanggung sendiri.

2. Jangan malas mencari informasi di internet

Begini 5 Trik Jitu Berhemat Biaya Hidup Saat Kuliah di Inggrispixabay.com

Hal penting berikutnya adalah, lakukan survey sebanyak-banyaknya di internet sebelum kamu memutuskan ingin kuliah di universitas apa. Dengan internet sangat mudah bagi calon mahasiswa untuk membandingkan biaya kuliah dan pendidikan antar kampus di tiap kota.

Contohnya: Jika ingin kuliah keuangan, London Business School adalah yang terbaik, tapi biaya kuliahnya mencapai 30.000 poundsterling. Di pinggiran kota ada Lancester University, dengan kualitas yang tidak kalah dengan LBS namun biaya kuliahnya hanya 8.000 poundsterling.

3. Carilah tempat tinggal yang tidak jauh dari kampus

Begini 5 Trik Jitu Berhemat Biaya Hidup Saat Kuliah di Inggrispixabay.com

Tinggal di tempat yang tidak jauh dari kampus, atau di asrama didalam lingkungan kampus, bisa menghemat budget transportasimu hingga 30 persen. Di samping menghemat budget, kamu jadi bisa lebih akrab dengan kehidupan sehari-hari kampus atau berinteraksi dengan banyak mahasiswa dari negara-negara lain yang juga tinggal di lingkungan yang sama.

Menarik banget kan mengenal aneka kebudayaan dari berbagai negara di dunia?

4. Belajar masak makananmu sendiri

Begini 5 Trik Jitu Berhemat Biaya Hidup Saat Kuliah di Inggrispixabay.com

Ini nih hal yang juga penting kamu lakukan sebagai mahasiswa asing di negeri orang. Karena masak sendiri jauh lebih murah daripada beli makanan diluar. Contohnya, di Inggris, dengan uang 5 poundsterling kamu bisa dapat burger dan cola di restoran fastfood. Dan itu cuma untuk 1x makan.

Tapi jika kamu masak sendiri, 5 poundsterling itu bisa dapet beras, ayam, dan sayuran, dan itu bisa untuk 3x makan (pagi, siang, dan malam). Jadi penting banget nih kamu belajar masak sebelum memutuskan berangkat kuliah ke luar negeri. Gak usah ribet bikin masakan yang susah-susah.

Belajar masak makanan yang gampang-gampang aja, udah cukup kok.

5. Jangan malu naik public transport

Begini 5 Trik Jitu Berhemat Biaya Hidup Saat Kuliah di Inggrisen.wikipedia.org

Nah, kalau di Indonesia kamu termasuk orang yang ogah-ogahan dan malas naik kendaraan umum, hal ini gak bisa kamu terapkan di Inggris. Sebagai mahasiswa di negeri orang dengan budget yang tentunya terbatas, kamu gak mungkin kan pergi kemana-mana naik taksi?

Di Inggris jika kamu ingin berpergian, kamu bisa menggunakan Public Transportation. Untuk menghemat biaya, jika ingin menggunakan kereta kamu bisa menggunakan Young Person Railcard. Dengan kartu ini kamu bisa dapat potongan harga 1/3 dari harga normal (kira-kira 30-35 persen). Kartu ini bisa dibeli seharga 30 poundsterling dan hanya berlaku untuk kamu yang berusia antara 16 tahun - 25 tahun.

Jika ingin naik bus, kamu bisa menggunakan Coach Card yang dikeluarkan oleh National Express. Dengan kartu ini kamu bisa dapet potongan harga 1/3 dari harga normal (kira-kira 30-35 persen), kartu ini bisa dibeli seharga 10 poundsterling.

Gak susah-susah banget ya ternyata, cuma dengan tekun mempraktikkan 5 hal di atas kamu udah bisa menghemat biaya kuliahmu dan menikmati masa-masa menjadi mahasiswa di negaranya Ratu Elizabeth ini. 

Asyik kan?

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya