Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa Depanmu

Jangan langsung ngeluh dulu ya, guys!

Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari sekolah. Jadi, tugas yang diberikan di kampus akan lebih banyak dibandingkan ketika di sekolah.

Tugas kuliah yang semakin banyak dan susah terkadang bikin kita cepat mengeluh, kan? Sikap seperti itu justru bikin kita jadi malas dan setengah hati mengerjakannya. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat di balik banyaknya tugas kuliah, lho. Gak percaya? Ini buktinya.

1. Kamu jadi terbiasa mengatur waktu dengan baik

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa DepanmuPexels/Negative Space

Sadar atau gak, setiap kali kamu mengerjakan tugas-tugas dari dosen yang berbeda, sebenarnya kamu juga sedang belajar mengatur waktu, lho. Kamu jadi bisa menentukan skala prioritas untuk masing-masing tugas kuliah berdasarkan tenggat waktu supaya gak keteteran.

Selain itu, menyesuaikan waktu antara mengerjakan tugas dari dosen, berbagai kegiatan organisasi, sampai kehidupan pribadimu dengan keluarga maupun teman juga bisa jadi kesempatanmu dalam memanfaatkan waktu dengan baik. Semua itu tentunya akan bermanfaat untukmu bahkan sampai lulus kelak.

2. Wawasanmu jadi bertambah

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa DepanmuUnsplash/Becca Tapert

Tugas kuliah yang lebih banyak dan susah terkadang mengharuskanmu untuk mencari jawaban dari berbagai sumber, kan? Salah satunya mungkin perpustakaan.

Menggali informasi dari berbagai referensi akan membuat wawasanmu semakin bertambah. Bahkan gak cuma sebatas materi kuliah saja, kamu juga punya kesempatan untuk mendapat wawasan baru dari berbagai bidang, termasuk passion, hobby, dan karier impianmu.

Baca Juga: 8 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan saat Kuliah di Luar Negeri

3. Kamu terlatih untuk bekerja keras

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa DepanmuPexels/Christina Morillo

Tugas kuliah seperti gak ada habisnya, ya? Selalu datang silih berganti. Tapi, hal itulah yang bisa bikin jiwa kerja kerasmu terlatih.

Hal ini akan sangat bermanfaat untukmu dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja kelak, yang tentunya jauh lebih profesional dibandingkan ketika kuliah.

4. Membuatmu terbiasa berpikir kritis

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa DepanmuPexels/Startup Stock Photos

Salah satu tujuan dosen memberikan tugas ke mahasiswa adalah untuk membiasakan mahasiswa berpikir kritis. Tugas-tugas yang diberikan juga gak jarang berupa studi kasus yang berkaitan dengan lingkungan sekitarmu.

Rajin mengerjakannya akan membuatmu semakin terlatih dalam menelaah setiap masalah lengkap dengan pencarian solusinya.

5. Menyibukkanmu dengan hal-hal yang positif

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa DepanmuPexels/Burst

Ternyata, di balik tugas kuliah yang banyak itu tersimpan juga manfaat lain yang sangat berguna bagi masa depanmu, lho.

Dengan mengerjakan tugas, kamu tentu akan menghabiskan waktumu dengan belajar. Waktu luang yang kamu isi dengan banyak belajar dan mengerjakan tugas tentu bisa membantumu terhindar dari melakukan hal-hal yang negatif dan terlarang. Jadi, jangan anggap remeh tugas kuliah ya, guys!

6. Belajar menjalin interaksi dan kerja sama dengan orang lain

6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa DepanmuUnsplash/Priscilla Du Preez

Tugas yang diberikan dosen gak selamanya jadi tugas individu, kan? Terkadang ada juga tugas kelompok yang harus didiskusikan, dikerjakan, dan dipresentasikan bersama-sama.

Kegiatan seperti itu bisa jadi kesempatanmu untuk belajar membangun interaksi dan kerja sama dengan orang lain. Hal ini akan kamu gunakan ketika kamu di dunia kerja kelak, yang tentunya gak bisa terlepas dari komunikasi dan kerja sama tim yang baik.

Nah, itulah 6 manfaat di balik banyaknya tugas yang kamu dapatkan di bangku kuliah. Bukan cuma berguna untuk mengejar nilai semata, tugas yang diberikan itu akan bermanfaat untuk pengembangan diri maupun masa depanmu kelak. Semangat belajar dan meraih masa depan!

Baca Juga: Tugas Kuliah Numpuk? Nih Tipsnya Biar Kamu Gak Merasa Tertekan

Martaria Yohana Photo Community Writer Martaria Yohana

a journey of a thousand miles begins with a single step :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You