Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis Artikel

Kamu pasti sering mengalaminya

Writer's block kerap sekali datang ketika kamu sedang menulis novel, cerpen, maupun artikel. Writer's block juga disebut dengan kebuntuan menulis yang di mana, penulis kehilangan ide dan gagasan dalam melanjutkan tulisannya. Awalnya kamu sudah memiliki niat untuk mengirimkan artikel. 

Tetapi karena kelamaan, ide yang ada dalam pikiran tidak dapat kamu tuangkan dan akhirnya artikel kamu tidak dapat dikirim. Ketika sudah terjadi seperti itu pasti kamu tidak semangat lagi menulis.

Jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi berikut ini, 5 cara ampuh yang dapat kamu lakukan dalam mengatasi writer's block ketika sedang menulis artikel. 

1. Tinggalkan tulisan kamu sejenak lalu kamu dapat melakukan aktivitas seperti biasa

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis ArtikelPexels/Andrea Piacquadio

Writer's block terjadi tanpa kamu duga dan mungkin karena otak terlalu lelah untuk berpikir. Penting kamu hindari, untuk tidak melanjutkan tulisan artikel ketika pikiran buntu. Jangan dipaksakan karena tulisan kamu akan jauh lebih buruk. Jadi artikel yang sempat kamu tulis setengah tinggalkan sejenak dan lakukan aktivitas kamu seperti biasanya.

2. Selalu menyediakan catatan kecil untuk mencatat ide-ide terbaru

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis ArtikelUnsplash/Gift Habeshaw

Memang menulis artikel tidak sepanjang menulis novel. Tentu kamu tidak membutuhkan waktu lama dalam menulis artikel. Yang menjadi kendala ketika tidak dapat menemukan ide. Padahal artikel tinggal setengah lagi baru selesai dan ide tiba-tiba hilang begitu saja. 

Jika kamu mengalami masalah yang sama maka, cara ampuh yang dapat kamu lakukan siapkan catatan kecil untuk mencatat ide-ide baru. Mungkin kamu sedang jalan-jalan, atau lagi di kampus dan di sekolah tetap sediakan catatan kecil.

Tujuannya, agar ide-ide liar yang tidak sengaja terlintas dipikirkan bisa langsung kamu tulis. Alhasil, kamu tidak akan lupa untuk kamu menuangkan kembali ide terbaru ke dalam tulisan artikel. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dihindari Saat Baru Mulai Menulis Artikel 

3. Menonton film kesukaan kamu

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis ArtikelPexels/Andrea Piacquadio

Ide buntu saat menulis artikel sangat mudah diatasi asalkan kamu tahu caranya. Dan cara ampuh lainnya yang dapat kamu lakukan adalah menonton film kesukaan. Biasanya dengan menonton film maka, daya imajinatif kita akan otomatis bekerja. Dengan begitu kamu mudah menggali ide setelah nonton film.

4. Olahraga ringan boleh juga untuk kamu lakukan

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis ArtikelPexels/Li Sun

Pikiran kamu sulit untuk menemukan ide baru pasti karena tubuh juga kurang rileks. Jadi setelah buntu menulis artikel kamu bisa melakukan olahraga ringan. Yang justru sangat baik agar tubuh segar kembali dan otak dapat bekerja dengan baik.

Ketika berolahraga usahakan untuk fokus dan jangan pikirkan tentang tulisan kamu. Alhasil, setelah olahraga tubuh dapat kembali beraktivitas untuk menulis. 

5. Membaca artikel yang pernah terbit sebagai referensi

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Ketika Sedang Menulis ArtikelPexels/Andrea Piacquadio

Menyerah bukan menjadi solusi ketika kamu mengalami writer's block. Tetapi boleh kamu membaca artikel yang pernah terbit sebagai referensi. Mana tahu artikel yang kamu baca membantu kamu menemukan ide terbaru. Jadi sekalian kamu dapat belajar dari gaya kepenulisan artikel karya orang lain. 

Nah, itu tadi 5 cara mengatasi writer’s block ketika sedang menulis artikel. Jangan langsung menyerah dalam berkarya karena setiap kesulitan pasti ada solusinya. 

Baca Juga: 5 Alasan Menulis Merupakan Kegiatan Produktif Saat Ada #DiRumahAja

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya