Comscore Tracker

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? 

Ikan lagi di laut, lada garam sudah dalam sengkalan  

Kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau biasa kita kenali dengan istilah "laut". Kosakata ini tak hanya identik dengan air asin, tetapi juga warnanya yang dominan kebiru-biruan karena terkena pantulan cahaya dari cakrawala. 

Kamus Besar Bahasa Indonesia bukan hanya menjadi rumah bagi pengertian lema "laut", melainkan juga wadah untuk beberapa peribahasa yang menggunakan kata tersebut. Daripada penasaran, yuk, simak 11 peribahasa dengan kata "laut" di bawah ini!

1. Orang yang suka memuji diri sendiri diibaratkan melalu peribahasa sindiran "air laut asin sendiri"  

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi memuji diri sendiri (pixabay.com/Robin Higgins)

2. "Dalam laut boleh diajuk, dalam hati siapa tahu" artinya 'apa yang tersembunyi di dalam hati seseorang tidak dapat kita ketahui'   

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi ingin menyatakan perasaan (pixabay.com/aliceabc0)

3. "Diam di laut masin tidak, diam di bandar tak meniru" mempunyai makna 'tidak mengikuti adat kebiasaan yang baik'   

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi maling (pixabay.com/TheDigitalWay)

4. "Garam di laut, asam di gunung bertemu dalam belanga juga" memiliki arti 'laki-laki dan perempuan kalau jodoh bertemu juga akhirnya'  

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi mempelai (pixabay.com/StockSnap)

5. "Ikan lagi di laut, lada garam sudah dalam sengkalan" bermakna 'bersiap-siap mengecap hasil pekerjaan yang belum pasti berhasil'

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi bekerja (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Baca Juga: 11 Peribahasa dengan Kata Hidup, Tahu Arti Hidup Dua Muara?

6. Peribahasa "laut budi tepian akal" merupakan pengibaratan untuk seseorang yang banyak ilmu dan bijaksana

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi membaca buku (pixabay.com/Sabrina Eickhoff)

7. Pengandaian "laut ditembak, darat kena" diartikan secara tersirat menjadi 'lain yang diperoleh dari yang diharapkan'  

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi merasa kecewa (pixabay.com/Myriams-Fotos)

8. "Laut ditimba akan kering" mempunyai arti 'betapa pun banyaknya harta, jika selalu dibelanjakan, akhirnya akan habis juga'  

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi kehabisan uang (pixabay.com/Andrew Khoroshavin)

9. "Menambak gunung, menggarami air laut" bermakna 'memberi bantuan kepada orang yang sama sekali tidak perlu dibantu'  

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi hendak memberi bantuan (pixabay.com/Vicki Nunn)

10. "Sekepal menjadi gunung, setitik menjadi laut" memiliki arti 'dari sedikit menjadi banyak; perkara yang kecil dibesar-besarkan'

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi merasa marah (pixabay.com/Robin Higgins)

11. Peribahasa "tak ada laut yang tak berombak" mempunyai makna 'setiap pekerjaan selalu ada risiko dan kesukarannya'   

11 Peribahasa dengan Kata 'Laut', Tahu Arti Laut Ditimba Akan Kering? ilustrasi pemadam kebakaran (pixabay.com/Daniel Zuflucht)

Kendati sama-sama menggunakan kata "laut", 11 peribahasa di atas membagikan pesan tersirat yang berbeda-beda. Akhir kata, jangan lupa sebarkan artikel ini ke teman-temanmu, ya!

Baca Juga: 10 Peribahasa dengan Kata "Jatuh", Tahu Arti Bagai Garam Jatuh ke Air?

Matthew Suharsono Photo Verified Writer Matthew Suharsono

We're lost in the rain, so let's run away

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya