Comscore Tracker

Di Mana atau Dimana: Bagaimana Penulisan yang Tepat?

Jangan keliru lagi, lho

Selama ini mana variasi yang kamu gunakan: di mana atau dimana? Biarpun perbedaan kedua kata tersebut hanya perihal dipisah atau dirangkai, tentu kita sebagai pengguna setia bahasa Indonesia harus mengetahui penulisan yang tepat sehingga tak lagi menjadi salah kaprah di masyarakat. 

Walau tampak sepele, sebagian orang masih banyak yang tak tahu atau bahkan tak peduli akan perbedaan di mana dan dimana. Lalu, bagaimana penulisan yang tepat sesuai EBI? Mari simak pembahasannya. 

 

Baca Juga: Penulisan Gelar Doktor yang Benar, Jangan Sampai Keliru!

Cara penulisan yang tepat

Di Mana atau Dimana: Bagaimana Penulisan yang Tepat?ilustrasi menulis (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Untuk mengetahui perbedaan di mana serta dimana, pertama-tama kita harus fokus pada unsur "di" dan "di-". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "di" termasuk golongan partikel dengan definisi 'kata depan untuk menandai tempat'. Masih berdasarkan sumber yang sama, "di-" ialah prefiks pembentuk verba yang merujuk kepada arti 'dikenai suatu tindakan'. 

Dengan demikian, "di" sebagai kata depan atau preposisi harus ditulis secara terpisah dengan kata yang mengikutinya. Di sisi lain, "di-" sebagai awalan atau prefiks harus ditulis secara serangkai dengan kata yang mengikutinya. 

Lanjut pada unsur "mana". Kata ini, berdasarkan KBBI, tergolong sebagai pronomina dengan beberapa definisi. "Mana" bisa dimaknai sebagai 'kata tanya untuk menanyakan tempat (di belakang di, dari, ke)' ataupun 'kata ganti untuk menyatakan tempat yang tidak tentu'. 

Mari kita korelasikan dua pembahasan di atas. Kata "di" digunakan untuk 'menandai tempat', sedangkan "mana" dapat dipakai untuk 'menanyakan tempat' ataupun 'menyatakan tempat'. Dapat disimpulkan,  penulisan yang tepat adalah di mana. 

Apabila kamu masih merasa bingung, tenang dahulu. Untuk menguji apakah "di" atau "di-" yang digunakan pada suatu kata, coba ganti unsur tersebut dengan "ke" atau "me-". 

  • di mana --> ke mana (benar) 
  • dimana --> memana (salah)

Kata "ke mana" tentu sudah familier di telinga. Berbeda dengan "memana". Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, mana penulisan yang tepat? Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman biar sama-sama paham, ya!

 

Baca Juga: Dimana atau Di Mana? Berikut Penulisan yang Tepat

Matthew Suharsono Photo Verified Writer Matthew Suharsono

We're lost in the rain, so let's run away

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya