Comscore Tracker

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!

Mulai dari bibimbap hingga oppa #IDNTimesLife

Gelombang Korea atau Hallyu Wave semakin marak terjadi di Indonesia. Tak hanya digemari dari segi sajian musik ciamik dan tayangan drama menarik, bahasa serta kebudayaan Korea juga diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia, khususnya oleh anak muda.

Tahukah kamu? Beberapa kata dalam bahasa Korea sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia, lho. Tepatnya, tujuh kata di bawah ini terdaftar sebagai entri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Penasaran, kata apa saja? Yuk, simak penjelasannya sampai akhir!

1. Bibimbap

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!ilustrasi bibimbap (pixabay.com/sion maeda)

Menurut KBBI, "bibimbap" merupakan makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang. Pernahkah kamu mencicipinya? 

2. Bulgogi

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!ilustrasi bulgogi (seonkyounglongest.com)

Hidangan satu ini juga tak kalah populer di Indonesia, lho. Pengertian "bulgogi" berdasarkan KBBI adalah makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain, diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

3. Gocujang

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!ilustrasi gocujang (pixabay.com/jinwoo lee)

Selanjutnya ada "gocujang", yaitu pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi, dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea. 

Tteokbokki, penganan kue beras dari Korea yang akhir-akhir ini makin digemari masyarakat Indonesia, juga dimasak menggunakan saus gocujang, lho. Namun kata tersebut belum masuk ke dalam KBBI. 

4. Kimci

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!ilustrasi kimci (freepik.com/jcomp)

Punya rasa yang unik dan khas, "kimci" merupakan makanan khas Korea berupa acara pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), kemudian difermentasikan. Bahan satu ini bisa kamu kreasikan dengan beragam masakan, lho.

5. Manhwa 

https://www.youtube.com/embed/8OHzcTtoLo4

"Manhwa" dalam bahasa Korea bermakna komik. KBBI mengartikan kata ini sebagai komik khas Korea. Salah satu contohnya adalah Omniscient Reader. Manhwa satu ini merupakan hasil adaptasi novel daring berjudul sama yang sangat populer di Korea Selatan.

Baca Juga: 10 Idiom Korea Biar Kamu Makin Jago Bahasa Korea

6. Mokbang  

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!ilustrasi mokbang (instagram.com/ddeonggae)

Menurut KBBI, "mokbang" adalah siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring. Istilah ini juga tak hanya digunakan konten kreator asal negeri Ginseng, tetapi berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. 

7. Oppa

7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!Key SHINee (instagram.com/bumkeyk)

Penggemar musik pop dan drama asal Korea Selatan tentu familier dengan kata yang satu ini. "Oppa" sudah terdaftar sebagai entri baru sejak pemutakhiran KBBI periode April 2021, lho. Adapun pengertian "oppa" menurut KBBI adalah panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama (seperti kakak kandung, teman, atau kekasih).

Saking besarnya pengaruh Korea Selatan di Indonesia, sejumlah kosakatanya sampai masuk ke KBBI. Di antara ketujuh kata dari senarai di atas, kamu paling sering menggunakan kata apa, nih? 

Baca Juga: 10 Kosakata Makanan yang Ternyata Diserap dari Bahasa China

Matthew Suharsono Photo Verified Writer Matthew Suharsono

:))

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya