Comscore Tracker

5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujian

Terutama buat kamu yang lagi di semester akhir!

Masih suka bingung dengan pelajaran yang kamu pelajari di sekolah? Padahal kamu cukup pintar dan bisa menjawab soal-soal ujian tetapi tidak mampu untuk menjelaskan kepada orang lain?

Kamu senang dan memiliki minat serta motivasi belajar yang tinggi tetapi sayangnya mungkin kamu tidak memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan sendiri sehingga hal itu membuat kamu gagal dalam belajar.

Selain ketidakpercayaan diri, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin membuat kamu selalu gagal dalam belajar. Coba dicek yuk guys!

1. Pembelajaran pasif

5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujianopendiscoveryspace.eu

Pembelajaran pasif adalah dimana saat kamu hanya mempelajari materi pelajaran dari guru atau instrukturmu saja. Kamu tidak melakukan evaluasi mandiri untuk mengetahui apakah kamu paham dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru atau instrukturmu.

Pelajaran bukan hanya terfokus hanya pada bagaimana guru mengajar tetapi juga bagaimana siswa bisa belajar. Karena proses belajar yang sebenarnya terjadi di alam pikiran masing-masing, sehingga kamu dan gurumu bisa terhubung alias nyambung. Yang penting adalah bukan apa yang diajarkan tapi apa yang kamu pelajari.

Kemungkinan terjadinya pembelajaran yang benar bisa lebih tinggi ketika kamu memiliki pilihan tentang apa yang dipelajari dan proses mempelajarinya dimana kamu harus bertanggung jawab atas proses belajarmu sendiri. 

2. Kebiasaan belajar yang mengandalkan orang lain

5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujiansacramento4kids.com

Contohnya ketika kamu menemukan pertanyaan sulit yang jawabannya tidak bisa kamu temukan baik pada buku teks ataupun catatan sekolahmu dan enggan untuk mencari sumber lain. Apalagi jika cara belajar yang dilakukan hanya mengandalkan hafalan atau yang disebut dengan high order thinking skills.

High order thinking skills inilah yang akan tersisa pada otakmu jauh setelah kamu lulus sekolah dan melupakan semua pelajaran sebelumnya.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Perlu Coba Layanan Rumah Belajar, Resmi dan Gratis!

3. Punya motivasi yang rendah

5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujianstylecaster.com

Mungkin kamu pernah mengalami dimana kamu merasa sudah berusaha maksimal tetapi nilai kamu selalu jelek, yang membuat kamu jadi semakin malas dan tidak percaya diri untuk belajar. Jangan biarkan hal ini terjadi ya guys. Cobalah untuk tidak menyerah karena mungkin memang ada yang salah dengan cara belajarmu.

4. Tidak diajarkan cara belajar yang efektif

5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujianpixabay.com/id/users/Pexels

Dengan belajar selama 15 sampai dengan 45 menit setiap minggunya untuk mengajarkan bagaimana cara belajar yang efektif ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar seseorang di kelas sebesar 10-20%.

Ibaratnya seperti mundur satu langkah untuk bisa mengambil tiga langkah. Misalnya jika kamu punya 4 jam untuk belajar ekonomi dan 4 jam itu langsung dipakai untuk belajar materi, kamu mungkin hanya akan mendapatkan nilai 70. Tetapi jika kamu menggunakan waktu belajar selama 45 menit secara efektif , meskipun kamu hanya belajar materi hanya 3 jam lebih nilai kamu bisa lebih besar dari 70.

Sederhananya, seperti kamu memotong sesuatu dengan pisau yang tajam akan lebih mudah dibandingkan dengan pisau yang tumpul. Jadi kamu harus mempertajam pemahaman kamu terhadap materi pelajaran terlebih dulu. 

5. Hanya mengandalkan hafalan

5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujianpixabay.com/id/users/Alexas_Fotos

Semakin tinggi kemampuan berpikir seseorang memang akan semakin membuat otak terasa lelah, tetapi hal itu bisa bermanfaat untuk jangka panjang di kehidupan lho guys.

Seperti latihan yang bisa diterapkan pada hal-hal lain, misalnya jika kamu hanya belajar kimia dan menghafal struktur karbon, suatu saat kamu akan lupa.

Berbeda jika kamu belajar memahami mengapa nama struktur sebuah unsur kimia bisa seperti itu, apa aturan, dan pola pikir dibaliknya, maka hal itu akan mengubah cara kamu dalam berpikir dan menyelesaikan masalah. 

Nah itulah lima kesalahan dalam belajar. Mulai sekarang cobalah cara belajar yang lebih efektif dan hindari melakukan kesalahan di atas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Akun Selebgram untuk Belajar Bahasa Inggris

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You