Comscore Tracker

5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimal

Gak perlu belajar terus di rumah

Saat ini sekolah di Indonesia sudah banyak yang menerapkan kurikulum tahun 2013 alias full day school. Tetapi, masih ada siswa-siswi yang diberikan banyak tugas atau pekerjaan rumah, ditambah lagi dengan adanya ulangan sehingga mereka jadi keteteran dan merasa tertekan.

Nah, kalau kamu salah satu dari siswa-siswi tersebut jangan khawatir dulu guys. Berikut ini ada beberapa tips supaya kamu bisa mendapatkan nilai bagus dengan memaksimalkan proses pembelajaran di sekolah. Jadi, saat kamu selesai bersekolah dan pulang ke rumah, kamu masih punya waktu untuk refresh otak kamu dan melakukan hal yang disukai.

1. Coba envision technique

5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimaledutopia.org

Ada dua hal penting yang harus kamu lakukan untuk teknik ini. Pertama, duduk di dekat guru dan perhatian papan tulis. Hal ini akan sangat menguntungkan, karena setiap kali ada teman kamu yang bertanya, kamu bisa fokus untuk mendengarkan. Kamu juga bakal mikir dua kali untuk mengobrol dengan temanmu.

Kedua, kamu bisa mengingat point-pointnya saja setiap kali gurumu menulis catatan di papan tulis. Lakukan seakan-akan kamu mengambil foto untuk disimpan dalam memori otak. Visual memorize ini bisa cukup efektif lho saat kamu sedang mengerjakan ulangan.

2. Manfaatkan jam kosong

5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimalchaucer.sheffield.sch.uk

Kalau prioritasmu pergi ke sekolah untuk mendapatkan ilmu dan nilai yang bagus, tentunya waktu di sekolah sangat disayangkan jika tidak digunakan untuk belajar. Jam-jam kosong atau istirahat justru jadi waktu yang paling efektif dan produktif untuk belajar karena terasa lebih santai.

Hal yang terpenting adalah kamu benar-benar punya niat untuk belajar, karena di kurikulum 2013 siswa-siswilah yang harus proaktif dalam mencari ilmu. Jadi, lebih baik gunakan waktu kosong di sekolah untuk kembali belajar atau mengerjakan PR yang diberikan.

3. Dapatkan the protoge effect

5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimalchilwellschool.co.uk

Maksud dari istilah protoge effect adalah ketika seorang pelajar yang memiliki niat untuk mengajari materi yang dipelajarinya kepada orang lain, maka ia akan cenderung memiliki nilai lebih bagus daripada mereka yang belajar untuk diri sendiri. Karena, dengan belajar untuk mengajar otak akan lebih keras untuk memahami, mengingat dan mengaplikasikan materi secara lebih akurat serta efektif. Jadi, untuk membuat temanmu paham, otomatis kamu harus memahami dulu materinya.

Baca Juga: 5 Cara Belajar yang Tepat Untuk Anak dengan Autisme

4. Basmi rasa kantuk

5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimalmattressadvisor.com

Rasa kantuk memang wajar datang saat kamu sedang belajar, tapi sebaiknya kamu bisa menahan rasa kantukmu saat sedang berada di sekolah. Kalau kamu ngantuk, sebesar apapun usaha kamu untuk fokus menatap papan tulis, informasi yang kamu inginkan tetap tidak bisa kamu serap ke dalam otak. Karena itu, kamu harus bisa menghilangkan rasa kantuk dengan cara apa pun. Misalnya dengan mencuci muka atau minum air mineral.

5. Kenali tipe guru

5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimalunsplash.com/@thutra0803

Setiap guru tentunya memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda.Tidak sedikit yang menjadikan kerapihan, cara penulisan, keaktifan di kelas dan lain sebagainya sebagai tambahan pertimbangan untuk penilaian terhadap siswa.

Maka, lebih baik kamu mengetahui caranya melakukan penilaian untuk memaksimalkan nilai yang kamu dapatkan di setiap pelajarannya. Jadi, kamu bisa melakukan sesuatu yang disukai gurumu untuk menambah nilai kamu di mata mereka.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk memaksimalkan proses belajar kamu di sekolah. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 4 Tips Belajar Seru yang Bikin Otakmu Makin Berkembang

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya