Comscore Tracker

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguan

Biar jadi kecanduan belajar, deh!

Salah satu cara untuk mencapai keberhasilan belajar dan bisa menguasai bidang tertentu adalah dengan memiliki kemampuan fokus dan penuh konsentrasi yang disebut deepwork.

Deepwork adalah aktivitas profesional yang dilakukan dalam keadaan penuh konsentrasi dan bebas gangguan. Sehingga kemampuan kognitif yang digunakan bisa di dorong sampai batasnya. Kemampuan ini juga dapat membantu kamu untuk mempelajari materi atau skill baru dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu jadi tidak gampang bosan saat belajar meskipun banyak gangguan di sekitar yang membuat konsentrasi mudah sekali buyar. Nah, supaya kamu bisa belajar dengan penuh konsentrasi dibutuhkan latihan yang tekun dan serius dengan mengikuti tips belajar berikut ini.

1. Buat jadwal untuk belajar

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguanunsplash.com/@esteejanssens

Di awal-awal memang tidak mungkin untuk melakukan deepwork secara terus menerus. Pasti ada saja gangguan dari luar yang membuat deepwork gagal.

Jadi, perlu dibuatkan waktu khusus yang tetap untuk melakukan deepwork, misalnya saat istirahat atau setelah makan siang di sekolah. Kalau deepwork tidak memungkinkan untuk dipraktikkan di sekolah, coba praktikkan di malam hari saat kamu sedang berada di rumah.

2. Tentukan waktu

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguanunsplash.com/@bradneathery

Alokasikan waktu berapa lama kamu ingin melakukan deepwork. Bagi pemula, biasanya deepwork bisa dilakukan selama satu jam. Jadi, selama satu jam kamu akan konsentrasi penuh untuk belajar. Tidak ada gangguan, seperti bermain handphone dan sebagainya untuk bisa fokus selama satu jam.

Setelah itu, baru kamu boleh beristirahat dan melakukan hal-hal yang sebelumnya harus kamu hindari. Berikan waktu istirahat sekitar 15-20 menit, kemudian mulailah untuk belajar kembali.

Baca Juga: 6 Cara Pompa Mood Belajar Anak Supaya Gak Malas, Yuk Dicoba!

3. Tambah waktu

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguanunsplash.com/@loic

Jika sudah terbiasa, baru kamu bisa menambah durasi waktu belajar atau deepwork-mu. Dari yang sebelumnya satu jam menjadi dua jam, begitu seterusnya. Sehingga kamu bisa belajar penuh konsentrasi dalam waktu yang semakin lama.

4. Cari tempat yang nyaman

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguanunsplash.com/@eliottreyna

Cara ini pernah dilakukan J.K Rowling saat menulis buku ke-7 dari series Harry Potter. Karena kondisi rumah yang kurang kondusif dan tidak tenang, akhirnya Rowling menyewa sebuah kamar hotel dan bisa menulis dengan lancar. Tapi, kamu tidak perlu menyewa kamar hotel, cari saja tempat yang nyaman, tidak bising dan cocok untuk dijadikan tempat belajar.

5. Lakukan persiapan

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguanunsplash.com/@louishansel

Kamu boleh membawa minuman dan makanan seperti cemilan ringan ke dalam ruang belajar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau-kalau rasa haus dan lapar menghambat deepwork kamu. Kamu bisa langsung mengatasinya dengan makanan dan minuman yang sudah kamu sediakan tadi. 

6. Jangan lupakan shutdown ritual

6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguanunsplash.com/@all_who_wander

Tidur malam yang cukup dan berkualitas, juga penting kalau kamu ingin mempraktikkan deepwork. Begitu selesai belajar dimalam hari, langsung tutup buku, matikan semua barang elektronik dan segera beristirahat dengan cara tidur. Supaya badan kamu besok jadi segar dan siap untuk melakukan deepwork kembali.

Nah, itulah tips belajar penuh konsentrasi yang bisa kamu coba. Memiliki kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal dalam waktu lama adalah sebuah kemampuan yang berharga dan langka. Semoga kamu bisa menerapkannya, ya!

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Akan Mengubah Cara Belajarmu Menjadi lebih Baik

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya