Comscore Tracker

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!

Pengucapannya sih sama tapi maknanya beda, nih #LokalIDN

Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai keanekaragaman budaya. Mulai dari rumah adat, pakaian daerah, hingga bahasa daerah. Berbagai budaya lokal tersebut mampu menjadi hiasan indah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berbicara mengenai bahasa daerah, terdapat kosakata bahasa Jawa dan bahasa Sunda yang memiliki kesamaan dalam pengucapannya, nih. Akan tetapi pemaknaan dari keduanya jauh berbeda bahkan terkesan aneh, lho. Apa saja sih kosakata tersebut? tanpa berlama-lama lagi yuk deh langsung aja simak penjelasan di bawah, ya!

1. Pada bahasa Jawa 'urang' artinya udang, tapi 'urang' dalam bahasa Sunda untuk menyebut aku (saya). Satunya hewan eh satu lagi panggilan

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!instagram.com/pusatudanghias

2. 'Sangu' bahasa Sunda berarti nasi, bahasa Jawa artinya bekal. Jika disebut 'sangu-sangu' (Jawa-Sunda) apa bisa bermakna bekal nasi?

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!instagram.com/dapurmamamika

3. Bahasa Jawa 'sampean' untuk memanggil kamu. Sangat berbeda dari bahasa Jawa, 'sampean' pada bahasa Sunda artinya kaki, lho!

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!pixabay.com/Greyerbaby

4. Yang satu memuji, satunya kecewa. Yang mana 'kasep' dalam bahasa Sunda artinya ganteng, tapi pada bahasa Jawa artinya udah terlambat

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!instagram.com/citraciki

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Sunda tentang Nama-nama Warna, Hafal? 

5. Pada bahasa Jawa 'angel' artinya susah, namun pada bahasa Sunda 'angel' berarti lama, nih. Wah, sepertinya sama-sama hal yang tak disukai, ya!

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!pixabay.com/RobinHiggins

6. 'Budal' bahasa Jawa artinya pergi, bahasa Sunda mempunyai arti bubar. Jika dalam satu kondisi, yang satu baru berangkat satunya udah selesai

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!pixabay.com/geralt

7. Sama-sama punya pengucapan 'gelis', dalam bahasa Jawa artinya cepat. Sedangkan pada bahasa Sunda (bertuliskan 'geulis') bermakna cantik, lho!

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!instagram.com/jenitajanet

8. Punya makna yang sangat jauh, kata 'getek' pada bahasa Sunda artinya geli, nih. Nah, sedangkan pada bahasa Jawa artinya perahu rakit, lho!

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!instagram.com/snow_hil

9. 'Cokot' bahasa Sunda artinya ambil, pada bahasa Jawa berartikan gigit, lho. Jika kosakata yang ini (Sunda ke Jawa) tertukar makna bisa bahaya, ya!

9 Kosakata Jawa Versus Sunda, Perbedaan Arti dari Keduanya Aneh, Lho!instagram.com/hedi_yunus

Jika pengucapan dari kosakata bahasa Jawa maupun bahasa Sunda di atas pada mirip semua, maka yang bisa membedakan hanya logatnya, nih. Bagaimana tanggapan kalian terkait hal tersebut? Tulis pada kolom komentar, ya!

Baca Juga: Ngoko hingga Krama, Inilah 4 Tingkatan Bahasa dalam Bahasa Jawa

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya