Comscore Tracker

5 Hal tentang Bahasa Ibu yang Harus Diketahui, Yuk Tambah Wawasanmu!

Siapa yang masih sering ngomong pakai bahasa ibu?

Tahukah kamu bahwa tanggal 21 Februari setiap tahunnya diperingati sebagai hari bahasa ibu internasional? Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bahasa ibu itu? Kamu sudah tahu atau belum, nih?

Yuk, simak dulu penjelasannya berikut ini, biar menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang bahasa ibu di Indonesia.

1. Makna bahasa ibu

5 Hal tentang Bahasa Ibu yang Harus Diketahui, Yuk Tambah Wawasanmu!pixabay.com/5477687

Menurut KBBI, yang dimaksud dengan bahasa ibu adalah bahasa yang dari lahir dituturkan penggunanya dalam lingkungan pergaulan bahasa yang sama dalam kehidupannya. Oleh sebab itu, bahasa ibu disebabkan dari kebiasaan penggunaan bahasa seseorang.

Jadi jika seseorang sejak lahir menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasinya sehari-hari, maka yang termasuk bahasa ibunya adalah bahasa Indonesia. Nah, kalau kamu menggunakan bahasa ibu apa nih?

2. Kategori bahasa ibu di Indonesia

5 Hal tentang Bahasa Ibu yang Harus Diketahui, Yuk Tambah Wawasanmu!Pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro

Bahasa ibu di Indonesia mencakup dua kategori besar yaitu bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Bahasa Indonesia juga tercakup dalam kategori bahasa nasional yang digunakan sebagai bahasa utama bangsa kita.

3. Jumlah bahasa daerah di Indonesia

5 Hal tentang Bahasa Ibu yang Harus Diketahui, Yuk Tambah Wawasanmu!unsplash.com/Paula May

Dikutip dari hasil riset Badan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terdapat sebanyak 718 bahasa daerah Indonesia. Jumlah bahasa ibu dalam kategori bahasa daerah dirincikan sebanyak 11 bahasa daerah telah punah, 4 dalam keadaan kritis dan 16 dalam keadaan rentan. Angka tersebut sewaktu-waktu bisa saja bertambah atau berkurang seiring dengan penelitian yang terus dilakukan pemerintah.

Baca Juga: Hari Bahasa Ibu Internasional, Ini 6 Cara Lestarikan Bahasa Daerah

4. Fungsi bahasa ibu

5 Hal tentang Bahasa Ibu yang Harus Diketahui, Yuk Tambah Wawasanmu!pixabay.com/5477687

Bahasa ibu bukan hanya menjadi alat komunikasi sehari-hari. Implementasi bahasa ibu dalam percakapan dan penuturan sehari-hari juga sebagai langkah melestarikan bahasa itu sendiri.

Bayangkan jika 718 bahasa daerah yang tercatat ada di Indonesia perlahan makin kehilangan penuturnya, maka juga akan membuat bahasa daerah terasa asing di telinga kita.

5. Harapan untuk bahasa daerah di Indonesia

5 Hal tentang Bahasa Ibu yang Harus Diketahui, Yuk Tambah Wawasanmu!pexels.com/@ibadah-mimpi-332272

Pelestarian bahasa daerah bukan hal yang bisa begitu mudah disepelekan. Mengingat, bahasa daerah adalah identitas kita sebagai bangsa "Bhinneka Tunggal Ika", yang kaya akan keberagaman dan warisan budayanya.

Jadi, perlu adanya program pemerintah dan masyarakat untuk lebih giat dalam menggalakkan pelestarian bahasa daerah di bumi pertiwi. Seperti konsep dalam definisinya, seharusnya bahasa daerah mulai diperkenalkan sejak kecil baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan kehidupan bersosial.

Itulah tadi lima hal mengenai penjelasan bahasa ibu di Indonesia. Jadi, sekarang sudah tahu kan seluk-beluk bahasa ibu di negeri kita? Kamu termasuk penutur bahasa daerah bukan? Kalau iya, tulis di kolom komentar ya bahasa apa yang kamu kuasai!

Baca Juga: Diusulkan oleh Bangladesh, 5 Fakta Hari Bahasa Ibu Internasional

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya