Comscore Tracker

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk Dihafal

Memudahkan kalian mendapat jawaban yang tepat 

Dalam sebuah percakapan, tak hanya memunculkan pernyataan tapi juga pertanyaan. Sama halnya di Indonesia, Korea Selatan memiliki kosakata pertanyaan yang umumnya dihafalkan oleh banyak wisatawan sebelum melakukan pelesiran ke sana.

Berikut ini sepuluh kosakata pertanyaan dalam bahasa Korea yang penting banget untuk kamu ketahui sebelum melakukan perjalanan ke Negeri Ginseng.

1. Eonje

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi orang menelpon (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

 언제 (eonje) atau 'kapan', kosakata yang digunakan untuk bertanya mengenai waktu suatu peristiwa atau kejadian. Contoh: 언제 부산에 왔어요? (eonje busane wasseoyo?) yang artinya 'kapan kamu datang ke Busan?'.

Kalian bisa mengatakan  언제 (eonje) saja ketika informan memberi informasi tapi kurang lengkap. Sebagai contoh: A memberi informasi jika BTS akan mengadakan konser di Gocheok Sky Dome tidak disertai kapan waktunya. Kalian bisa mengatakan  언제? (eonje?).

2. Eodi

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi dua wanita melihat smartphone (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

Kata tanya di mana atau dari mana dalam bahasa Korea yakni 어디 (eodi). Kosakata ini untuk mengajukan pertanyaan asal atau letak suatu benda atau tempat. Contoh: 어디에서 왔어요? (eodieseo wasseoyo?), yang artinya adalah 'dari mana kamu berasal?'.

Atau 스타 필드 코엑스가 어디에 있어요? (seuta pildeu ko-egseuga eodie isseoyo?), yang artinya 'di mana lokasi Starfield COEX?'.

3. Nugu

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi perempuan menghadap laptop (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

Mau tanya mengenai identitas seseorang? Kosakata pertanyaan yang bisa kalian gunakan, yaitu 누구 (nugu). Contoh: 이 카페의 소유자는 누구입니까? (i kape-ui soyujaneun nugu-ibnikka?), yang artinya adalah 'siapa pemilik kafe ini?'.

4. Wae

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi dua wanita sedang berbicara (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

Kalian pasti sudah enggak asing lagi dengan kosakata pertanyaan ini, karena sering banget mendengarnya saat menyaksikan drama Korea. 왜 (wae) digunakan untuk menanyakan alasan pada suatu permasalahan. Contoh: 한국어를 왜 배워요? (hangugeoreul wae baewoyo?), yang artinya 'mengapa kamu belajar bahasa Korea?'.

Baca Juga: Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Korea

5. Eoneu

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi wanita memilih sepatu (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

Bila dihadapkan suatu pilihan yang bikin kalian bingung. Pastinya kalian akan minta pendapat kepada orang terdekat atau orang lain untuk mendapatkan keputusan yang tepat. Di Korea Selatan, kosakata pertanyaan yang tepat digunakan untuk menangani kasus tersebut yakni 어느 (eouneu).

어느 (eouneu) juga bisa digunakan sebaliknya seperti menanyakan pilihan orang tersebut. Contoh: 어느 대학교를 다니세요? (eoneu daehakgyoreul daniseyo?), yang artinya adalah 'universitas mana yang kamu tuju?'.

6. Eotteon

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi perempuan mencoba pakaian (Dok.Pribadi Moza Kazumi)

Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam menentukan pilihan, dan tak bisa disamaratakan dengan apa yang kalian sukai. Sebab itu, pasti akan ada pertanyaan 어떤 (eotteon) yang artinya 'apa'.

Sebagai contoh: 어떤 음식을 제일 좋아하세요? (eotteon eumsigeul jeil joahaseyo?), yang artinya adalah 'jenis makanan apa yang kamu sukai?'.

7. Eolmana

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi pedagang dan pembeli (Dok.Pribadi Moza Kazumi)

얼마나 (eolmana) bisa digunakan ketika bertanya berapa lama. Contoh: 집에서 홍대까지 얼마나 걸릴거예요? (jibeseo hongdaekkaji eolmana geollilgeoyeyo?), yang artinya adalah 'berapa lama waktu yang dibutuhkan dari rumahmu ke Hongdae?'.

8. Eolma

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi pedagang ayam (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

얼마나 (eolma) juga digunakan untuk bertanya 'berapa'. Lalu apa bedanya dengan kosakata sebelumnya? Kosakata pertanyaan ini berguna banget saat kalian sedang berbelanja, karena biasanya digunakan untuk menanyakan harga barang atau benda yang dijual.

Contoh: 수박 한 개는 얼마입니까? (subag han gaeneun eolmaibnikka?), artinya adalah 'berapa harga satu semangka ini?'.

9. Myeot

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi jam digital di tangan (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

Masih seputar pertanyaan 'berapa' tapi 몇 (myeot) biasanya digunakan pada saat bertanya mengenai hal yang spesifik. Contoh: 몇 살이에요? (myeot sarieyo?), yang artinya adalah 'berapa usiamu?'. Atau bisa juga 지금 몇 시예요? (jigeum myeot si yeyo?), yang artinya adalah 'jam berapa sekarang?'.

10. Museun

10 Kosakata Pertanyaan dalam Bahasa Korea yang Penting untuk DihafalIlustrasi dua orang di depan toko (Dok.Pribadi/Moza Kazumi)

무슨 (museun) umumnya digunakan untuk menanyakan pertanyaan 'apa', yang jawaban nantinya adalah deskripsi dari objek yang ditanyakan tersebut. Contoh: 이게 무슨 냄새예요? (ige museun naemsaeyeyo?), yang artinya adalah 'bau apa ini?'.

Sebelum mempraktikkan sepuluh kosakata pertanyaan tadi, kalian harus menguasai kosakata bahasa Korea lainnya sehingga memudahkan saat bertanya, dan mendapatkan jawaban sesuai yang dimaksud.

Baca Juga: 6 Aplikasi Baru untuk Belajar Bahasa Korea, Sudah Tahu? 

Moza Kazumi Photo Verified Writer Moza Kazumi

Education & Travel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya