Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Cepat Mengira kalau Salah Jurusan

Benar salah jurusan atau cuma perasaan?

Kadang ada saja yang menyayangkan bahkan menyesali hanya masuk di jurusannya saat ini karena bukan merupakan jurusan impian, atau kamu sendiri yang merasakannya? Bagi kamu pikir ingin pindah jurusan, ada baiknya kamu simak lima alasan ini agar kamu tak cepat mengira bahwa kamu salah jurusan!

1. Kamu hanya belum nyaman menjalaninya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Cepat Mengira kalau Salah Jurusanilustrasi nyaman menjalani kuliah (unsplash.com/Akson)

Beralih dari masa sekolah ke masa kuliah butuh waktu penyesuaian. Mungkin bagimu beradaptasi itu sangat sulit dijalani. Kalau kamu berencana pindah jurusan hanya karena gak nyaman, lebih baik buang jauh-jauh rencana itu! Terkadang ada saja yang menjadi kendala seperti harus diajar dosen yang galak atau materi perkuliahan yang sulit dipahami. Perlu kamu tahu bahwa hal ini biasa dalam perkuliahan.

Konsultasilah pada kakak tingkatmu di kampus yang sudah merasakan asam garam perkuliahan lebih dulu. Carilah teman satu jurusanmu yang dapat membantumu. Jika sulit memahami materi perkuliahan kadang memang perlu memperdalam lagi di luar kelas, tentukanlah waktu khusus untuk belajar dan temukan metode belajar yang cocok denganmu.

2. Jurusan gak harus selalu sesuai dengan bakat

5 Alasan Kamu Gak Boleh Cepat Mengira kalau Salah Jurusanilustrasi berkuliah (unsplash.com/Matt Ragland)

Merasa ingin berpindah jurusan karena jurusanmu yang sekarang gak sesuai dengan bakatmu? Ada baiknya kamu pertimbangkan lagi. Merasa sulit mengikuti materi kuliah kerena berpikir gak sesuai dengan passion dan bakat. Jika berterusan, hal ini pasti membuatmu malas belajar dan berpikir rasanya jika pindah jurusan akan membuatmu merasa lebih baik.

Perlu digarisbawahi bahwa jurusanmu di perkuliahan gak harus selalu sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Terlalu cepat mengira kamu berbakat di satu bidang juga bisa menjadi sesuatu yang keliru. Bisa jadi kamu justru lebih berbakat di jurusanmu yang sekarang hanya saja kamu belum terlalu mendalaminya. Kamu hanya perlu belajar dan latihan dengan konsisten.

Baca Juga: Gak Melulu Menyusahkan, Ini 5 Keuntungan Jadi Mahasiswa Salah Jurusan

3. Kamu bisa belajar bal baru 

5 Alasan Kamu Gak Boleh Cepat Mengira kalau Salah Jurusanilustrasi belajar hal baru (unsplash.com/Jeswin Thomas)

Jika jurusanmu saat ini belum sesuai dengan minat atau keahlianmu maka hal itu gak sepenuhnya buruk. Masih ada sisi positif yang bisa kamu ambil seperti mendapatkan banyak hal baru yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya.

Walaupun nantinya ada materi-materi kuliah yang terdengar asing di telingamu dan sulit dipahami, namun kamu dapat menganggapnya sebagai tantangan. Pastinya ada keasyikan tersendiri ketika kamu belajar sesuatu yang belum kamu tahu sebelumnya. Kamu pun akan lebih merasa penasaran dan semangat untuk mengikuti perkuliahannya. Kalau terus ditekuni, bukan mustahil hal-hal yang baru itu akan kamu senangi dan kuasai nantinya.

4. Pindah jurusan bisa menunda kelulusanmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Cepat Mengira kalau Salah Jurusanilustrasi kelulusan (unsplash.com/MD Duran)

Kelulusan menjadi hal yang sangat penting untukmu yang sudah berada di fase perkuliahan. Perlu diingat bahwa pindah jurusan itu sama artinya juga menunda kelulusanmu. Kamu perlu menunggu lagi waktu pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di tahun ajar berikutnya dan mendaftar bersama calon-calon mahasiswa yang angkatannya di bawahmu.

Kamu juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya dan belajar lagi agar bisa lulus ketika menghadapi tes masuk perguruan tinggi nantinya. Jika kamu benar pindah jurusan setidaknya kamu tertinggal setahun dibandingkan teman-teman seangkatanmu. Bagi kamu yang ingin cepat lulus, memilih untuk pindah jurusan bisa menjadi hal yang menghambat rencana masa depanmu.

5. Setiap jurusan punya prospek kerja yang baik

5 Alasan Kamu Gak Boleh Cepat Mengira kalau Salah Jurusanilustrasi profesi kerja (unsplash.com/Marvin Meyer)

Sebagian mahasiswa yang ingin berpindah jurusan sering mengira bahwa lulusan dari jurusannya gak memiliki prospek kerja yang baik. Jangan salah, setiap jurusan itu baik dan memiliki prospek kerja yang baik pula sesuai dengan bidangnya masing-masing. Setiap materi perkuliahan yang nantinya dipelajari juga pasti membawa pada manfaat tertentu, sehingga kamu gak boleh memandang sebelah mata jurusanmu saat ini. 

Cobalah cari tahu lebih dalam dan pelajari lagi dengan serius setiap materi di jurusan yang sedang kamu jalani saat ini. Boleh jadi sebenarnya jurusanmu juga gak kalah bagus dengan jurusan lainnya, hanya saja kamu belum benar-benar mengetahui seluk-beluknya.

Jadi, ada banyak alasan agar kamu mempertimbangkan lagi rencanamu untuk pindah jurusan. Cobalah cari sudut pandang baru agar kamu juga merasa tepat dan bangga dengan jurusanmu saat ini. Dengan begitu kamu pun kembali semangat dan optimis menjalani perkuliahan.

Baca Juga: 5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliah

Muhamad Suharjo Photo Writer Muhamad Suharjo

Hallo, selamat datang dan selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya