Comscore Tracker

Gak Bikin Bosan, 6 Akun Twitter Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Tahu Sejarah

Kapan lagi bisa belajar sejarah lewat Twitter?

Ketika menjalani instruksi pemerintah yaitu #DiRumahAja, bermain media sosial seperti Twitter adalah salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan. Daripada hanya scroll timeline sambil rebahan dan berkeluh kesah, lebih baik follow 6 akun ini agar kamu bisa menambah ilmu khususnya tentang sejarah! 

1. Suka dengan sejarah politik, sosial, dan ekonomi? akun @mazzini_gsp jawabannya!

Akun yang memiliki 37 ribu followers ini sering membahas tema-tema sejarah politik, sosial, dan ekonomi. Bahkan, thread yang akun ini buat beberapa kali viral dan menjadi trending topic, lho!.

Salah satu thread  yang sempat viral adalah mengenai keuntungan kongsi dagang Belanda, yaitu VOC yang ternyata melebihi total perusahaan-perusahaan besar saat ini, seperti Microsoft dan Amazon. Gimana sudah tertarik untuk follow akun ini?

2. Penasaran sama suasana pada masa lalu? Akun @potret_lawas bisa membuat kamu membayangkan masa lalu, lho!

Penasaran gak sih kalian sama suasana masa lalu? Pengen pergi ke masa lalu naik mesin waktu kayak Doraemon tapi gak bisa? Akun ini jawabannya! Sejak dibuat pada Februari 2017, akun ini sudah memiliki 198 ribu followers. Daya tarik akun ini adalah kerap mengunggah foto-foto lawas dan narasi yang dapat membuat kita membayangkan masa lalu. Tentu saja foto yang diunggah akun ini berasal dari sumber yang valid, ya!

Baca Juga: Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Follow 10 Akun Confession Twitter Ini

3. Tertarik dengan sejarah dunia dan sejarah militer? follow @Soviet_Foxtrot!

Kamu suka sama sejarah militer dan sejarah dunia? Akun ini sering membagikan ilmu mengenai itu, lho!. Thread yang dibagikan akun ini bermacam-macam tidak selalu sejarah, melainkan membahas juga mengenai dunia kereta api. Karena bahasan yang bermacam-macam dan seru, wajar ya kalau akun ini memiliki 12 ribu followers.

4. Ingin tahu sejarah Tionghoa? Akun ini bisa memberi informasi mengenai sejarah Tionghoa, lho!

Gak banyak dari kita yang mengetahui sejarah Tionghoa di Indonesia. Padahal etnis Tionghoa di Indonesia memiliki peran yang besar dalam sejarah, lho. Oleh karena itu, pemilik akun yang sekaligus pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa ini fokus pada pembahasan mengenai sejarah dan kontribusi etnis Tionghoa untuk negeri. 

Wajar saja apabila sejak Agustus 2019, akun ini sudah memiliki 7 ribu followers karena pembahasan yang menarik. Tertarik untuk mengikutinya? 

5. Gimana sih dinamika politik Indonesia pada masa lalu? akun @kamalbukankemal sering membagikan sejarahnya, lho!

Sejak Februari 2012 akun ini sudah memiliki 22 ribu followers. Pembahasan pada akun ini mayoritas mengenai politik. Ditulis dengan bahasa yang mudah, tweet yang akun ini tulis dapat memudahkan pembaca dari generasi muda untuk memahami politik dengan santai. 

6. Pernah kepikiran sejarah dari hal-hal yang ada di sekitarmu? akun @papaoppah sering membahasnya, lho!

Kalian ingin tahu sejarah lalap atau sejarah prasmanan? Atau gimana sih cara orang Belanda berinteraksi dengan pribumi pada masa lalu dalam perbedaan bahasa?

Akun yang memiliki seribu followers ini fokus pada pembahasan mengenai sejarah sosial-budaya di Indonesia. Selain itu, akun ini juga membahas mengenai sejarah pendidikan dan kesehatan di Indonesia. Meskipun masih tergolong baru menulis thread  di Twitter, thread yang ditulis akun ini kerap mendapatkan ribuan likes, lho!

Gimana? tertarik untuk mengikutinya, kan!. Daripada hanya dipakai berkeluh kesah saja, manfaatkan media sosial sebagai penambah ilmu. Siapa tahu setelah perintah #DiRumahAja berakhir, kamu bisa pintar sejarah! Gak perlu mikir dua kali, ayo follow biar makin pintar sejarah!

Baca Juga: Tagar AnakTwitterLama Trending, Netizen Kenang Masa Awal Main Twitter

Ahmad Shidqia Photo Writer Ahmad Shidqia

Penggiat Sejarah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya