Comscore Tracker

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeri

Gak melulu soal jalan-jalan lho

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah sebuah cita-cita yang bagus dan hebat. Bukan bermaksud mengecilkan pendidikan didalam negeri, tentu banyak kekurangan dan kelebihan ketika melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Namun tetap banyak orang yang berbondong-bondong ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Walaupun tidak mudah, hal tersebut tetap menjadi primadona hingga saat ini. Lantas apa saja keuntungannya ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri? Tentu banyak dan jika dijabarkan secara mendalam tentu akan memakan waktu yang cukup lama.

Mulai dari kalangan artis hingga masyarakat biasa telah banyak yang melanjutkan pendidikan mereka ke luar negeri. So, apa saja hal positif yang akan didapat jika melanjutkan pendidikan ke luar negeri? 

1. Kesempatan kerja akan terbuka lebar

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeristartupstockphotos.com

Jika kamu melanjutkan pendidikan ke luar negeri, pengalaman internasional dan pendidikan luar negeri akan sangat bermanfaat bagimu. Dari pengalaman ini peluang kerjamu tidak hanya terbuka di dalam negeri namun juga luar negeri. Dengan pengalaman yang cukup dan tentunya kualitas diri yang baik, tentu peluang kerja kalian akan terbuka lebar.

2. Lebih mengenal dan memperlancar bahasa asing

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeripexels.com

Bahasa asing terutama bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa yang penting untuk berkomunikasi dengan dunia yang luas. Dengan melanjutkan pendidikan ke luar negeri, lingkungan akan membuat kalian lebih memahami bahasa inggris dan sekaligus belajar bahasa lokal di mana kamu menempuh pendidikan.

Bahasa-bahasa yang sebelumnya barangkali kamu tidak tahu, dengan menempuh pendidikan diluar negeri tentu kamu menjadi lebih tahu serta membuka wawasanmu tentang betapa luasnya dunia ini.

3. Membuka pandangan mengenai betapa luasnya dunia ini

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeriinstagram/teukurassya

Saat kalian mulai berinteraksi dengan masyarakat internasional dan semakin intens hal tersebut, maka kalian akan lebih memahami banyak hal. Mulai dari berbagai perspektif, nilai moral, budaya, nilai kehidupan serta teknologi dan politik tentunya akan membuat kalian menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan dewasa.

4. Memperluas lingkaran pertemanan

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeriinstagram/raditya_dika

Dengan kuliah ke luar negeri, tentu saja kamu akan mendapatkan lebih banyak teman sehingga akan memperluas lingkaran pertemananmu. Menjadi seorang pelajar yang menempuh pendidikan di luar negeri akan membuatmu memiliki relasi dengan pelajar dari belahan dunia yang lain serta dari kultur dan budaya yang berbeda.

5. Belajar budaya baru

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeriinstagram/elelrumi

Memang banyak hal yang akan didapat ketika kamu melanjutkan pendidikan ke luar negeri, salah satunya bersentuhan secara langsung dengan budaya di mana kamu melanjutkan pendidikan. Kamu pastinya dapat mengetahui secara mendalam dan mungkin bisa kalian terapkan jika hal tersebut tidak bertentangan dengan budaya yang kalian miliki. 

6. Mendapat ilmu dari para ahlinya

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeriwww.sciencemag.org

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, tentu setiap orang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri mencari yang namanya kualitas. Ketika kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, kamu akan mendapat nilai lebih yaitu lebih mudah menemui para ahli yang notabene banyak berasal dari luar negeri.

Saat kamu ingin mencari kualitas dan ingin lebih mendalami hal yang kalian minati misal saat kamu ingin melanjutkan kuliah, kampus-kampus luar negeri cenderung memiliki kualitas dan keunggulannya masing-masing serta para ahli yang bertebaran di sana.

7. Lebih mandiri dan percaya diri

Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeriinstagram/vidialdiano

Yang terakhir tentu saja kamu akan menjadi seorang yang lebih mandiri. Setelah merantau di negeri yang jauh, mentalmu sudah terlatih untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Berinteraksi dengan orang yang sama sekali belum kamu kenal baik dari wajah, budaya bahkan bahasa sekali pun tentu menjadi nilai lebih pada dirimu yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri untuk menjadi seorang yang percaya diri. Kamu akan survive dan  belajar banyak utuk mengelola biaya hidup ataupun biaya pendidikan kalian dan itulah yang akan menjadi nilai lebih pada diri sendiri.

Jadi, jangan takut jika kamu hendak melanjutkan kuliah ke luar negeri. Lihatlah ke depan, ada banyak hal positif yang siap menyambutmu menjadi pribadi yang lebih baik. Semangat ya!

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You